JAKARTA, ITN– Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 “Kenali Rasanya Indonesia” bulan Oktober lalu, Bango ingin terus melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara di tengah keluarga Indonesia.

Untuk itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung agar dapat dengan mudah diolah dan disajikan para ibu di rumah.

Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, “Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005″.

“Di FJB 2022, kami mengangat tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita,” ujar Adisty.

Setelah dua tahun terakhir diadakan secara online, menurutnya kehadiran FJB 2022 memang terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Selama tiga hari, FJB 2022 telah dipadati oleh 97.000 masyarakat untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia.

Bango Ajak Keluarga Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah
Chef Ragil Imam Wibowo (kiri) bersama Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk dengan menu hidangan kuliner legendari Iga Bakar ala Jangkung dan Sate Rembiga ala ibu Sinnaseh.

“Tentunya semangat pengenalan terhadap kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini saja, tetapi harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia. Untuk itu, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, kami ingin menginspirasi para ibu agar mereka terdorong mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah,” lanjut Adisty.

Sementara Chef Ragil Imam Wibowo mengungkapkan, “Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah”.

“Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah,” ujarnya.

Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya.

Di FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya.

Selanjutnya Iga Sapi Bakar, hidangan andalan penjaja kuliner legendaris Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat yang juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022. Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan.

“Dengan kedua resep yang dibagikan Bango, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Bandung untuk menikmati dua hidangan ini, karena bisa diolah sendiri di rumah,” tambah Adisty.

Selain itu, dua hidangan ini juga secara spesifik dipilih untuk menyambut momen tahun baru. Umumnya, keseruan pergantian tahun sangat identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging, sehingga kedua hidangan bakaran yang legendaris ini bisa menjadi alternatif menarik untuk menghangatkan momen kebersamaan di penghujung tahun, sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan otentik ke seluruh anggota keluarga ataupun kerabat.

“Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya bersama untuk melestarikan kuliner nusantara dari generasi ke generasi,” tutup Adisty.

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung (Total waktu pembuatan: 30 menit | Tingkat kesulitan: Sedang)

Bahan-bahan: 300 gram  Iga sapi

Bumbu halus untuk merebus iga: 50 gram Bawang merah, 50 gram Bawang putih, 50 gram Sereh, 10 gram Laos, 10 gram Kunyit, 5 butir Cengkeh, 1 butir Pala, 1 liter Air, 3 gram Garam.

Bumbu Tumis
100 ml Kecap manis Bango, 80 gram Bawang merah iris kasar, 10 gram Cabe rawit dimemarkan, 50 gram Cabe merah iris tipis, 50 gram Cabe hijau iris tipis, 2   lembar Daun salam, 30 ml Air asam Jawa, 30 gram Minyak samin/margarine, dan 100 gram Tomat merah potong kasar.

Cara Memasak: Potong-potong iga menjadi beberapa ruas. Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering. Haluskan bumbu untuk merebus. Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang. Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh. Rebus hingga iga empuk. Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya. Tiriskan iga lalu bakar di atas bara. Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera. Panaskan pan dengan minyak samin. Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam. Tumis hingga harum. Masukkan daging iga yang sudah dipotong. Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa. Aduk hingga merata. Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar, dan sajikan dengan nasi putih, dan potongan tomat kasar.

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh (Total waktu pembuatan: 45 menit | Tingkat kesulitan: Sedang)

Bahan-bahan: 

Saus Rembiga: 120 gram bawang putih cincang, 50 gram Kecap manis Bango, 10 gram terasi Lombok, 100 gram cabe merah besar, 50 gram cabe keriting, 50 gram minyak goreng, dan 100 gram air, 250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate 100 gram saus Rembiga, 2gram Garam, dan 5 pcs tusuk sate

Cara Memasak:

Saus Rembiga: Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan, aduk merata dan panaskan hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit. Matikan api, saus siap digunakan. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate

Sate Rembiga: Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata. Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar. Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang). Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah.