JAKARTA, ITN- Pandemi Covid-19 membuat segalanya menjadi berubah, jika sebelumnya gelaran acara conference dilakukan secara langsung, kini harus digelar secara tidak biasa. Untuk pertama kalinya Amazy hari ini Sabtu pagi (20/2/21) menggelar acara Virtual Conference 2021 dengan diikuti 60 peserta mitra usaha Amazy, yakni supervisor, kru, agen, dan reseller dari seluruh Indonesia dan Malaysia.

Acara di mulai dengan pemutaran video mengenai PT Magfood Amazy Internasional oleh Founder dan CEO PT MagFood Amazy, Yanty Melianty Isa.

“Kita harus bersyukur bahwa makanan adalah salah satu yang masih bisa berjalan di era pandemi ini. Ini adalah sebuah masa periode yang memang tidak mudah malah bisa dibilang sulit, tetapi  kita harus terus berusaha, semangat karena segala rezeki dan hasil Allah yang menentukan. Tugas kita adalah terus memutar roda ekonomi ini tetap berjalan agar semua orang bisa bekerja,” ujarnya dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Tanggungjawab menurutnya menjadi lebih besar sebagai pemilik usaha tetapi insya Allah akan menjadi amalan  yang dilipat gandakan.

Sementara dalam sambutannya melalui video secara terpisah, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, Nita Yudi, MBA menyampaikan, pandemi Covid-19 banyak berdampak kepada para UMKM termasuk para franchise Amazy karena dengan adanya penutupan sekolah-sekolah dimana sekolah merupakan target daripada Amazy, juga kampus, pusat wisata, dan pusat perbelanjaan yang harus ditutup karena untuk menghindari risiko daripada Covid-19 dan PSBB.

Founder dan CEO PT MagFood Amazy, Yanty Melianty Isa.

“Sebagai pengusaha kita tidak boleh pesimis tetapi harus terus optimis dan bagaimana caranya, tentu kita harus memiliki strategi yang jitu dalam menghadapi Covid-19 ini. Merubah paradigma yang salah satunya yaitu kita harus beradaptasi, harus go digital dengan go online sampai nanti go global dan harus berkolaborasi satu sama lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nita mengatakan, “Amazy pusat telah menyiapkan berbagai materi, supporting, modul training, kerja nyata serentak secara nasional baik juga yang ada di Malaysia kompak menggunakan media sosial. Kalau kompak menggunakan medsos bersama-sama semua akan terupload dalam medsos ini, dan saya yakin Amazy bisa bangkit lagi dan baik di masa pandemi dan di era new normal”.

“Dibawah kepemimpinan Yanty Melianty Isa melalui Amazy Virtual Conference bertema ‘Strategi Bisnis Amazy Serta Peningkatan Produktivitas di Era New Normal’ dan dengan adanya pertemuan dengan business owner dari Franchise Amazy ini akan membuka diri dan memberikan ide-ide yang terbaik untuk kebangkitan Amazy, salam sehat bangkit Amazy dan untuk Indonesia maju serta Malaysia juga maju, Amazy harus maju, harus maju!,” tutup Nita Yudi.

Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, Nita Yudi, MBA

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab peserta conference, diantaranya pertanyaan dari Ety yang bertanya mengenai bagaimana cara marketing yang bagus di era pandemi karena daya beli masyarakat berkurang ditambah lagi banyaknya persaingan dan juga dekatnya frozen market di lokasi tempat tinggalnya, mengingat masyarakat sering membanding-bandingkan harga dan tidak memperhatikan kualitas.

Kemudian pertanyaan dari Dedi pemilik outlet Amazy Resto di Bima, NTB yang bertanya strategi apa yang harus dilakukan untuk menambah omset kita di outlet karena kita hanya bisa menjalankan jualan kita di outlet tidak bisa di luar outlet, sementara bahan baku yang semakin hari juga pada naik dan banyaknya saingan baru yang terus bermunculan di era pandemi ini. Dan masih banyak lainnya pertanyaan yang diajukan.

Selain tanya jawab, yang mendapat penjelasan dari Yanty Melianty Isa tentang strategi bisnis Amazy di era new normal, juga membahas tentang strategi operasional oleh Noverina. Dilanjutkan Nina yang membahas tentang program dan promo Amazy selama setahun ini serta bagaimana memanfaatkan pentingnya penggunaan media sosial (marketing digital).

Pada kesempatan tersebut, dijelaskan bahwa Amazy menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE,  yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) bagi para pelaku pariwisata.

Diakhir acara selain berbagi door prize, Amazy juga menampilkan kisah motivasi dari peserta yang sukses menjalankan bisnis Amazy, serta memberikan Amazy Awards 2021 katagori franchise kepada Afdal- Amazy Bangko (Jambi) yang telah bergabung sejak 2009, Sri Yenti- Amazy Sumber Cirebon yang bergabung sejak 2011, dan Yuke Santoso- Amazy Ciledug Cirebon yang telah bergabung sejak 2013.

Lifetime Achievement  diberikan kepada Ednawan Prihana-Amazy Karawaci Tangerang yang telah bergabung sejak 2004 yang juga aktif sebagai reseller.

Sebagai penghargaan terakhir diberikan kepada Lia Firdausy- agen frozen food Amazy Jakarta Selatan yang bergabung pada 2020. (evi)