JAKARTA, ITN- ADA yang berbeda di MCDonald’s Sarinah Thamrin pada Senin (4/9/17) dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional. Hadirnya Angga dan Indah Maliq D’Essentials begitu mewarnai suasana.

Maliq D’Essentials membuat serta menyanyikan lima buah lagu yang diinspirasi dari kisah lima pemenang kontes “Cerita 25 tahun Momen Kebersamaan” yang diadakan sejak tahun lalu dalam rangka memeriahkan ulang tahun McDonald’s ke-25.

Kompetisi ini mengajak konsumen untuk menceritakan momen yang paling berkesan bersama McDonald’s.  Dari 1.000 konsumen yang berbagi cerita terpilih 25 konsumen. Dari 25 terpilih lima yang diundang ke Jakarta untuk mendapatkan hadiah trophy, album kompilasi lagu dari cerita pemenang, dan voucher McDonald’s.

“Lima lagu ini saya buat dalam waktu dua minggu, sebagai lagu pertama saya nyanyikan lagu dari cerita Eunike Leonita pemenang pertama dari Surabaya yang berjudul Bagaimana Kutahu,” ujar Angga Maliq D’ Essentials membuka acara dengan lagu pertamanya di acara per conference Hari Pelanggan Nasional di McDonald’s Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (4/9/17).

Eunika mengatakan, “Cerita 25 tahun Momen Kebersamaan ini mengisahkan ketika saya dekat dengan seorang kakak kelas saya, dan punya tempat nongkrong di McDonald’s. Di tempat ini kami mengerjakan tugas kuliah bersama, bercanda, bahkan curhat”.

“Ternyata kakak kelas saya suka tapi saya sudah punya pacar, meski sekarang akhirnya saya sudah putus. Sekarang saya jadi sering jalan lagi sama dia, namanya Will. Saya anggap dia, Koko,” ungkapnya yang tidak menyangka bisa mendapatkan hadiah dibuatkan lagu dan video klip bersama Maliq D’essentials.

Lanjut dengan lagu kedua, Angga dan Indah menyanyikan lagu dari cerita pemenang kedua, Ahmad Zein (Surabaya) yang diberi judul “Selalu Bersama”. Lagu ini menceritakan ketika Ahmad pertama kali datang ke Jakarta (25 tahun yang lalu) dan diajak orangtuanya makan di McDonald’s Sarinah. Ia memilih paket Happy Meal dengan sebuah hadiah, dan hadiah mainan tersebut masih disimpannya.

“Dulu ketika saya ke McDonald’s saat itu masih ada bangku dengan patung McDonald’s yang sedang duduk di depan pintu, tapi sekarang sudah tidak ada,” ungkap Ahmad sambil mengeluarkan mainan yang masih disimpannya sejak dulu dari saku bajunya.

Lagu ketiga yang dinyanyikan Angga dan Indah, yakni “Berteduh” yang diambil dari cerita Rahma Hayati (Bandung), pemenang keempat. Lagu ini menceritakan ketika Hayati pertama kali melamar pekerjaan di Jakarta, yang gedungnya bersebrangan dengan McDonald’s Sarinah, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Ketika di Jakarta, ia merasakan panasnya matahari serta suasana hati yang panas menunggu jam untuk interview. Sambil menunggu, ia masuk ke McDonald’s Sarinah sambil merasakan udara dingin. “Kalau di dalam masuk ke McDonald’s bau ayam dan adem, tapi diluar panas dan bau knalpot,” ungkapnya.

Setelah berfikir, menurutnya Hayati lebih memilih kerja di Bandung, karena rupanya kerja di gedung-gedung tinggi di Jakarta gak seperti yang ia bayangkan. “Kantor saya melamar kerja kecil walau gedungnya tinggi, lebih baik saya kerja di Bandung,” ujarnya.

“Di Tempat Biasa”, judul lagu ini menjadi lagu keempat yang dinyanyikan Angga dan Indah. Diambil dari cerita pemenang kedua asal Bogor, Angga Rizky Fajar.

“Saya dulu tinggal di Bogor dan kuliah di Jakarta, naik kereta api. Dari stasiun Kereta Api Cikini pertama kali yang saya jumpai, yakni McDonald’s Cikini dan menjadi tempat tongkrongan, nonton bola bareng, hingga menjadi tempat ketemuan dengan pacar, karena jarak yang jauh jumpa di McDonald’s Cikini,” kata Angga.

Ia menambahkan, “Sekarang McDonald’snya sudah tidak ada di Cikini, adanya di Jalan Raden Saleh”.

Sebagai lagu terakhir yang dinyanyikan Angga dan Indah Maliq D’Essentials, yakni “Momen Bersama Ayah” dari pemenang ketiga, yakni cerita dari Andreas (Jakarta).

Andreas mengatakan, “Saat itu pada tahun 1989 saya bilang ke ayah saya kalau ada es cream yang terkenal, lalu ayah mengantarkan saya ke McDonald’s Arion Mall, tapi ayah tidak mau masuk hanya memberikan uang recehan kepada saya, dengan maksud agar saya belajar berani beli sendiri es tersebut”.

“Saya hanya mengatakan kepada petugas kasir, bu cukup enggak beli es cream dua, uangnya segini. Ternyata cukup, dan saya pun menikmati es cream tersebut bersama ayah,” ujar Andreas yang mendapatkan sebuah es cream cone dari MC, Pipin.

Tak hanya lima lagu dari pemenang tersebut, Angga dan Indah Maliq D’Essential juga menyanyikan lagu hitsnya yang membuat seluruh tamu undangan dan pengunjung ikut bernyanyi, diantaranya lagu “Setapak Sriwedari”, “Dia”, “Terdiam” dan “Pilihanku”.

Kepada Indonesiatripnews.com, Angga Maliq D’Essentials mengatakan, “Dari lima pemenang yang saya buatkan lagunya, yang judulnya Momen Bersama Ayah paling saya suka, karena ini membuat saya menangis, mengingat saya juga seorang ayah”.

“Membuat lima lagu ini harus bisa ngebland dengan perasaan, tingkat kesulitannya hanya waktu yang sedikit mengingat jadwal saya yang ketat. Namun ini seru, saya membuat lagu yang ide ceritanhya dari orang lain, seperti mulai dari awal,” ungkapnya.

Menurutnya, tawaran untuk membuatkan lima lagu dari McDonald’s ini merupakan pengalaman pertama dari brand besar selama 15 tahun berkarir. “Lima lagu ini dapat kalian nikmati melalui aplikasi streaming online serta di beberapa stasiun radio,” tutupnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Director of Marketing, Communication, & CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono, menjelaskan, “McDonald’s bukan sekedar restoran, banyak bukti orang yang datang ke McDonald’s sudah menjadi bagian pelanggan Indonesia, dan tagline I’m loving it menjadi diingat sepanjang masa”.

“Melalui momen Hari Pelanggan Nasional ini kami ingin mengapresiasi serta berterima kasih secara khusus kepada seluruh konsumen setia McDonald’s Indonesia dengan memberikan promo Lucky Dip yang berlangsung mulai pukul 12.00 WIB waktu setempat hingga hadiah habis di semua restoran kami di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Konsumen yang berhak mendapatkan lucky dip adalah 200 konsumen pertama yang telah membeli Paket Hemat/PaNas Spesial atau PaNas 2 (Tidak Berlaku untuk PaNas 1). Setiap satu kali transaksi (tidak berlaku kelipatan), konsumen mendapat kesempatan untuk mengambil 1 undian yang berisi berbagai hadiah menarik seperti bantal,  Big Mac, PaNas 1, Apple Pie, Iced Coffee dan Ice Cream Cone. Penukaran hadiah dapat dilakukan di hari yang sama hingga 6 September 2017.

“Berbagai penghargaan telah diterima McDonald’s Indonesia, diantaranya; TOP brand (2012-2017), Superbrand (2015 dan 2017), WOW Brand (2014, 2015, 2017), Service Quality (2015 dan 2016), Customer Satisfaction (2014), Indonesia Brand Campaign (2017) dan Indonesia Netizen Brand Choice (2017),” ujar Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka menambahkan.

Perempuan yang biasa disapa Echy ini mengatakan, “Penghargaan tersebut tidak akan dapat diraih oleh McDonald’s Indonesia tanpa adanya dukungan serta kesetiaan dari para konsumen Indonesia”.

“Berbagai penghargaan yang kami peroleh melalui survey yang diadakan oleh berbagai lembaga bergengsi ini menjadi bukti bahwa McDonald’s merupakan brand yang dicintai oleh konsumen di Indonesia. Rasa cinta konsumen ini pula yang menjadi salah satu faktor yang membuat McDonald’s Indonesia berkembang seperti sekarang,” ungkapnya. (sasha/evi)