JAKARTA, ITN- PERDAGANGAN antara Indonesia dan Korea Selatan  terus meningkat dari tahun ke tahun hal itu terlihat dari banyaknya segala produk dari Korea Selatan mulai dari produk makanan, kecantikan, hingga entertainment yang masuk ke pasar Indonesia.

Tak hanya itu, KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) membuka acara Korea Brand & Entertainment Expo (KBEE) yang digelar selama dua hari, Senin-Selasa (4-5/9/17) di Sheraton Hotel, Gandaria City Hall, Jakarta Selatan.

Acara tahunan yang diselenggarakan KOTRA ini merupakan kali pertama di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama investasi dan perdagangan antara Korea Selatan bersama Indonesia.

Anggota Super Junior Eun Hyuk dan Dong Hae, serta aktris cantik Song Ji Hyo yang tak kalah tenar melalui program Running Man dihadirkan untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Direktur Jenderal KOTRA, Kim Byung Sam, mengatakan “Korea Brand & Entertainment Expo termasuk dalam satu rangkaian agenda Korea-Indonesia Business Summit yang diadakan pada 14 Maret 2017 lalu di Hotel Sangrilla, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo dan para pengusaha tersebut juga diramaikan oleh kedatangan anggota Super Junior, Lee Teuk. Tujuan dari pertemuan bisnis tersebut adalah untuk memperluas hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan di segala bidang seperti ekonomi, perdagangan, investasi, sosial, dan budaya”.

Dilihat dari angka statisik, performa pertumbuhan hubungan dagang dan investasi antara Indonesia-Korea Selatan terlihat di semester pertama tahun ini. Pada periode Januari hingga Juni 2017, nilai impor produk Korea di pasar Indonesia tercatat US$ 3,9 miliar atau tumbuh 18,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan nilai ekspor Indonesia ke pasar Korea Selatan melompat 20,7% menjadi US$ 4,8 miliar di paruh pertama tahun ini.

Di sektor investasi, nilai modal yang ditanamkan oleh pengusaha Korea di Indonesia cukup tinggi. Tercatat, total investasi Korea Selatan pada semester pertama tahun ini sebesar US$ 901 juta atau melesat hingga 91,1% dari periode yang sama tahun 2016. Jika dibandingkan dengan paruh pertama 2015, angka pertumbuhan investasi tahun ini sebesar 14,4%. Artinya, nilai investasi Korea Selatan di Indonesia tertinggi pada tahun 2017 sepanjang tiga tahun terakhir.

Melalui beragam acara dan konsultasi bisnis skala besar yang menghubungkan Hallyu dan e-Commerce melalui produk konsumsi, jasa konten serta drama Korea, foto bintang / artis, hiburan dan lainnya mampu berdampak positif bagi hubungan kedua negara di segala lini budaya dan ekonomi. Song Ji Hyo dan Super Junior Eun Hyuk serta Dong Hae akan menyapa penggemar di KBEE Jakarta 2017.

“Kami berharap dengan terselenggaranya acara ini akan memperoleh banyak partisipasi dan dukungan dari masyarakat Indonesia. KBEE Jakarta siap menjadi jendela kerjasama ekonomi melalui pertukaran budaya antara Indonesia dan Korea Selatan” tutup Mr. Kim Byung Sam.

Ia menambahkan, “Acara ini adalah kali pertama KBEE diadakan di negara Asia Tenggara dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Selama ini, perhelatan KBEE terfokus kepada negara-negara berbahasa Mandarin. Misalnya pada tahun 2015, KBEE dilaksanakan di Shanghai. Pada tahun berikutnya, KBEE diselenggarakan di Shenyang dan Chongqing, Tiongkok. Mendahului Jakarta, KBEE 2017 telah digelar sebelumnya di Hong Kong dan Taiwan. Melihat animo masyarakat Korea Selatan tentang Indonesia, KBEE siap hadir di Jakarta”.

Hari ini, Selasa (5/9/17) KBEE meresmikan Korea-ASEAN FTA Center. Selain itu, KBEE juga menampilkan demo produk Korea dari home shopping Indonesia, demo produk Hallyu, fan sign meeting dengan Song Ji Hyo, acara CSR, Indonesia MCN power blogger marketing, dan lainnya.

Tak hanya konsultasi bisnis, pameran KBEE juga berperan sebagai ajang promosi dan pemasaran yang menawarkan produk-produk di sektor konten, pendidikan, kesehatan dan konsumsi dari Korea. Sebanyak 100 perusahaan franchise dari Korea Selatan dan 500 buyer dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia) dan Asia Barat terlibat dalam pameran KBEE ini.

Bertepatan dengan peringatan 10 tahun Korea-ASEAN FTA, KBEE Jakarta 2017 menjadi tonggak sejarah berdirinya Korea-ASEAN FTA Center, serta dibukanya online dan offline pop-up store dengan melibatkan perusahaan yang menghidupkan pasar distribusi dan home shopping seperti Lazada, Elevenia, dan Lotte Mart. Lalu, Lejel Home shopping dan SBS Indonesia siap mendukung KBEE melalui media commerce. (sishi)