- iklan -

JAKARTA, ITN- Jalan Nordik merupakan satu-satunya olahraga yang bisa dilakukan sambil ngobrol. Kegiatan olahraga lain tidak mungkin dilakukan sambil ngobrol.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Andi Ilham Said pada acara Pelantikan Ketua KJNI Jabodetabekbopunjur Nova Daryanto dan Ketua KJNI Jakarta David Chandrawan, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jaktim, Minggu pagi (5/5/2024).

Jalan Nordik Satu-satunya Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Ngobrol
Pelantikan Ketua KJNI Jabodetabekbopunjur Nova Daryanto dan Ketua KJNI Jakarta David Chandrawan, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jaktim, Minggu pagi (5/5/2024).

Pelantikan dihadiri para Nordicker dari Jakarta dan beberapa kota lainnya.
“Sehat itu hal yang sangat penting. Tapi ada juga orang sehat, tapi tidak bugar,” kata Ketua Umum KJNI itu lagi, seraya menambahkan bahwa bugar itu perlu keserasian, baik dengan lingkungan, teman, budaya, dan masyarakat.

Ditambahkan bahwa Jalan Nordik merupakan satu-satunya olahraga yang bisa dilakukan sambil ngobrol dan bersilaturahmi. “Olahraga naik sepeda tidak bisa dilakukan sambil ngobrol, apalagi olahraga renang,” ujar pria yang akrab dipanggil Pak Ais itu.

Menurut catatan ITN, Jalan Nordik yang diperkenalkan oleh Sumartoyo beberapa tahun lalu di Indonesia merupakan olahraga di Skandinavia dan beberapa negara Eropa. Olahraga jalan yang menggunakan dua tongkat ski itu dari waktu ke waktu terus berkembang dan diminati masyarakat Tanah Air. Di berbagai kota Indonesia semakin banyak orang yang “bermain ski” tanpa es itu. Awalnya banyak masyarakat yang merasa heran dan bertanya-tanya melihat orang berolahraga jalan kaki dengan menggunakan dua tongkat ski itu. Tapi akhirnya banyak yang berminat dan bergabung, agar tubuh sehat dan bugar.

Jalan Nordik Satu-satunya Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Ngobrol
Olahraga Jalan Nordik merupakan satu-satunya olahraga yang bisa dilakukan sambil ngobrol dan bersilaturahmi.

Artomo, aktivis Jalan Nordik yang tinggal di Jakarta Selatan menyatakan keinginannya olahraga Jalan Nordik di Indonesia bisa masuk dalam katagori olahraga prestasi dan diakui oleh KONI. “Dan olahraga Jalan Nordik ini bukan olahraganya para Lansia, tapi ini olahraganya seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Dengan berolahraga Jalan Nordik banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, karena olahraga ini mampu menggerakkan seluruh otot tubuh. Dengan demikian banyak kalori yang terbakar.

Kegiatan pelantikan dua ketua itu dilanjutkan olahraga Jalan Nordik mengelilingi taman rekreasi, dan dilanjutkan dengan ramah tamah, hiburan, serta pemberian door prize.(ori)

- iklan -