JAKARTA, ITN – Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).

Selama pandemi, jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) meningkat menjadi 6,2 persen atau menjadi 10,8 juta orang di Indonesia. Diperkirakan, jumlah penderita DM akan terus bertambah menjadi 16,7 juta orang pada tahun 2045.
Yang memprihatinkan, ketidakpahaman masyarakat dalam mengontrol dan mengendalikan DM yang dideritanya, membawa mereka kepada keluhan lain. Keluhan tersembunyi inilah yang menjadi bom waktu dan suatu saat akan meledak menjadi berbagai penyakit seperti gagal ginjal, glaucoma, dan gangguan jantung.

Bagaimana seharusnya mengontrol dan berdamai dengan DM?. Tim Asah Kebaikan kali ini menggelar talkshow daring Seri Diabetes Melitus selama empat minggu ke depan. Pada talkshow akan bahas tuntas, sejak mengenali penyakit ini, perawatan dan pengobatan, pola makan dan jenis olahraga yang cocok, serta mitos dan fakta seputar DM.

Pada seri pertama, Sabtu (12 Juni 2021 pukul 14.00-15.30 WIB) Asah Kebaikan akan membahas tema “Apakah Cek Gula Darah Saja Cukup? bersama nara sumber APT Julian Afferino, MS dengan host Tresnawati.

Peserta zoom tidak dikenakan biaya dan dapat mendaftar melalui https://bit.ly/3uSAeQR dan link zoom akan dikirimkan melalui email bagi calon peserta yang sudah mendaftar. Yuk, buruan daftar!

Kegiatan ini didukung oleh Nina Nugroho serta berandasehat.com, indonesiatripnews.com, getpost.id, gohappylive.com, dan hidupgaya.co sebagai media partner.

Tentang Asah Kebaikan
Asah Kebaikan merupakan sekumpulan dari tujuh perempuan jurnalis lifestyle yang bergabung dalam instagram @asahkebaikan dengan tujuan ingin melakukan hal yang positif dan gerakan sosial yang bermanfaat bagi orang banyak. (*/sha)