- iklan -

BANDUNG, ITN- PUNCAK penutupan perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-72, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan diselenggarakan di Bandung, Sabtu (26/8/17). Sejumlah jumpa pers digelar di untuk memberitahukan sejauh mana persiapan karnaval, salah satunya persiapan kostum peserta karnaval dan kostum presiden Jokowi beserta ibu Negara, Iriana Jokowi.

Beberapa komunitas yang sudah tersohor membuat festival internasional akan berbagung di karnaval ini, seperti Solo Batik Carnival, Tomohon International Flower, dan Jember Fashion Carnaval (JFC).

Jember Fashion Carnaval sebagai Icon Carnaval Indonesia sudah sudah tidak asing lagi di kancah Internasional. Bahkan pada 2016, JFC berada di peringkat ketiga dunia penyelenggaraan karnaval terbaik dan terunik.

JFC Akan Ramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Penggagas Jember Fashion Carnaval Dinand Fariz, memberikan penjelasan pada jumpa pers persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, di Besti Western Premier La Grande Hotel, Bandung, Jumat (25/8)/17.

“JFC dirintis oleh pertemuan keluarga kami saat lebaran. Saat itu kami merasa, pertemuan tersebut hanya silahturahmi biasa, sehingga kami ingin memberikan sesuatu yang unik dan berkesan, Mulailah, setiap lebaran kami melakukan karnaval keluarga dari gang ke gang. Sampai ada yang mengejek ‘keluarga gila’. Namun sekarang telah mendunia,” ujar Penggagas Jember Fashion Carnaval Dinand Fariz,  saat ditemui IndonesiaTripNews.com pada jumpa pers persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, di Besti Western Premier La Grande Hotel, Bandung, Jumat (25/8)/17.

Menurutnya, JFC terinspirasi dari kota-kota karnaval di dunia seperti Rio di Jainero, Pasadena, dan Nothing Hills. “JFC huruf J-nya tidak bisa digantikan dengan kota lain seperti Jogja atau Jakarta. JFC kekuatannya luar biasa meski Jember bukan kota fashion.” ujarnya.

Bedanya JFC dengan karnaval lain adalah karnaval tersebut disiapkan dengan presentasi yang didalamnya ada konsep. Selain itu juga melibatkan para pelajar, anak-anak putus sekolah, kaum muda di Jember yang dilatih secara otodidak untuk berparade.

Dari yang awalnya karnaval melintasi gang ke gang, kini jalan raya sepanjang 3,6 Km disulap menjadi catwalk JFC. Ratusan busana yang ditampilkan berbeda satu dengan yang lain karena dirancang dari masing-masing desainer.

Beberapa busana yang tampil di JFC berhasil meraih The Best Fashion di dunia termasuk salah satunya di ajang pemilihan Miss Universe 2014. “Selama 19 tahun Indonesia ikut ajang Miss Universe, baru pertama kali Indonesia meraih best fashion di Miss Universe 2014 dengan menyisihkan 88 negara,” kata Dinand.

JFC Akan Ramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Borneo, salah satu fashion dari Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berhasil meraih Best National Costume di Polandia pada 2014 akan meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Sabtu (26/8/17).

JFC juga akan tampil di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Sabtu (26/8). Dalam karnaval tersebut, Dinand dan timnya akan menampilkan busana-busana nasional yang pernah juara di tingkat internasional seperti Mistical Toraja yang pernah menang di Korea dan Borneo yang menang di Polandia pada 2014.

JFC bakal digelar kembali pada 7-13 Agustus 2018. “Target kami, JFC harus memimpin karnaval dunia,” ungkapnya.

Berikut sembilan kostum dari JFC yang akan ditampilkan pada gelaran Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 :

  1. Bali, Best National Costume Mister International 2010 di Indonesia
  2. Toraja Karembau, Best National Costume Man Hunt International 2011 di South Korea
  3. Papua, Best National Costume Mister Universe Model di Dominican.
  4. Borneo, Best Naional Costume Miss Supranatural 2014 di Polandia.
  5. Lampung, Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang dan Best Nastional Costume Miss Grans International 2016 di Las Vegas –USA.
  6. Toraja Tongkonan, Best National Costume Miss Supranatural 2015 di Polandia
  7. Borobudur, Best National Costume Miss Universe 2015 di Florida- USA.
  8. Betawi, Besti National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia
  9. Garuda, Top 5 National Costume Miss Universe 2016 di Philipina. (evi)

 

- iklan -