JAKARTA, ITN– PEMERINTAH Aceh telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut perhelatan Sail Sabang, baik membenahi berbagai tujuan wisatawan serta mempromosikan Sail Sabang 2017 ke berbagai media.

Fun Run 5K “Road to Sabang Sail 2017” yang dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pada Minggu pagi  (19/11/17) di Fx Sudirman dan area Car Free Day Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan promosi Sabang Sail 2017.

Sandiaga Uno ikut berlari pada kegaitan Fun Run 5K “Road to Sabang Sail 2017”. Foto evi

Tepat pukul 06.30 WIB Sandiaga Uno melepaskan balon yang menandakan dimulainya acara disertai dengan pengibasan bendera start hitam putih untuk memulai lari 5K. Tak hanya membuka acara, Sandiaga pun ikut berlari bersama para peserta dari start fX Lifestyle Sudirman menuju Jalan Sabang, Jakarta Pusat dan kembali lagi fisnih ke fX Lifestyle Sudirman.

Selesai berlari dan mencapai garis finish peserta lari tak ingin melepaskan moment lari begitu saja, ajang swafoto pun berlangsung bersama Sandiaga Uno yang masih berkeringat.

Sandiaga Uno meluangkan waktu bersama peserta lari untuk swafoto. Foto. evi

Disela-sela swafoto kepada media Sandiaga mengatakan, “Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempersilakan pemerintah daerah lain yang ingin melakukan promosi wisata saat Car Free Day, meski dilaksanakan di Jakarta tempat ini milik bersama”.

Car Free Day menurutnya bisa mengombinasikan gaya hidup sehat dengan peningkatan sektor pariwisata Nusantara serta penciptaan lapangan kerja baru yang berkualitas. “Jika diperlukan Pemprov DKI akan memperluas lagi untuk menampung seluruh kegiatan dari Nusantara di DKI. Ini yang harus kita lakukan untuk mendorong pariwisata di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Jakarta,” ungkapnya

pers conf bersama Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah di sela acara Fun Run 5K “Road to Sabang Sail 2017” di Mal fX Lifestyle, Jakarta, Minggu (19/11/17). Foto. evi

“Tujuan dari diselenggarakannya acara ini untuk mempromosikan acara Sail Sabang kepada masyarakat ibukota agar turut hadir dalam rangkaian acara Sabang Sail  2017,” ujar Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada jumpa pers disela acara Fun Run 5K “Road to Sabang Sail 2017 yang digelar di mal fX Lifestyle pada kesempatan yang sama.

Nova mengatakan, “Melalui acara ini kami ingin mengajak masyarakat Jakarta untuk berpartisipasi dan turut aktif untuk meramaikan acara Sabang Sail yang diadakan di suraganya Indonesia yang terletak paling barat dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Menurutunya Sail Sabang juga dapat menghilangkan stigma masyarakat luar baik domestik maupun internasional bahwa Aceh itu tidak aman.

“Dengan adanya event-event besar di Aceh, masyarakat luar akan datang dan melihat sendiri bahwa sekarang Aceh sangat aman dan damai,” ungkapnya.

Pada acara tersebut hadir Komunitas Jakarta Berlari dan artis Ibukota yang berdarah Aceh meramaikan Fun Run “ Road to Sabang Sail 2017”.

Sail Sabang 2017

Sail Sabang merupakan rangkaian dari Sail Indonesia yang ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken, Manado (2009), Kegiatan yang akan berlangsung pada 28 November -5 Desember 2017 ini akan berlangsung di Teluk Sabang dan Gapang Resort dengan tema “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahar Dunia”.

Sejumlah artis ibukota berdarah Aceh ikut meramaikan panggung hiburan di acara Fun Run 5K “Road to Sabang Sail 2017”. Foto evi

Puncak dari Sabang Sail 2017 yang mendapatkan dukungan dari empat kementerian, yakni Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumhaan Rakyat dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman ini akan berlangsung pada 2 Desember di Sabang Fair, Kota Sabang, Aceh dengan menampilkan atraksi seperti flying pass dan kompetisi deed dive di kedalaman lebih dari 50 meter. (evi)