JAKARTA,  ITN- KULIT remaja umumnya memiliki kondisi collagen atau dermis yang lebih baik dari orang dewasa sehingga, elastisitas kulitnya masih terjaga. Di samping itu, perputaran kulit (skin turnover) remaja lebih cenderung normal dibandingkan kulit dewasa, hanya saja mudah terganggu oleh berbagai faktor.

Remaja memiliki level hormon androgen lebih tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya kulit berminyak, pori-pori membesar, gampang muncul komedo dan jerawat. Ketika gangguan ini muncul, maka kulit akan terlihat kotor, kucel dan tidak berseri.

Cara Benar Mengatasi Masalah Kulit Remaja
Brand Manager Clean & Clear, Rian Surachman dan Country Leader of Communication Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia, Devy Yheanne bersama peserta dancer.

Minyak (sebum) pada kulit remaja berbeda dari minyak biasa, hal ini karena kulit remaja memiliki struktur minyak lebih keras, (like animal fat instead of normal fat). Saat minyak terjebak di bawah lapisan kulit kemudian menyumbat pori-pori, sehingga menimbulkan komedo, beruntusan dan jerawat. Sedangkan, natural pH Balance kulit  wajah remaja di level 5.

Brand Manager Clean & Clear®, Rian Surachman menjelaskan, kondisi minyak membandel ini terjadi pada remaja dengan rentang usia 12 tahun sampai 18 tahun dan berakhir di umur 25. Sedangkan masalah kulit disebabkan oleh tiga faktor, yaitu pertama, stress yang diakibatkan oleh banyak masalah dan target tidur kurang (tidur malam di bawah 6 jam), penyebab masalah kulit kedua adalah pengaruh hormon.

“Perubahan hormon ini terjadi di masa pubertas dan menstruasi,” kata Rian dalam event “Konser 8 Jam #SiapTerus bareng Clean & Clear®” di RPTRA Kalijodoh, Jakarta, Minggu (08/10/17).

Sedangkan penyebab ketiga, lanjut Rian adanya faktor ekternal. “Faktor eksternal ini diakibatkan dari penggunaan makeup, terpapar polusi, dan udara lembab,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa hormon androgen mempunyai kontribusi besar timbulnya permasalah kulit remaja ini. Membuat kelenjar minyak membesar dan meningkatkan produksi minyak (sebum), di samping itu hormon androgen membuat Hyper-Keratinization (pengelupasan sel- sel kulit mati), sel-sel kulit mati diperparah oleh minyak di kulit sehingga membuat pori-pori tersumbat.

Terakumulasinya minyak wajah, kotoran dan sel kulit mati menyebabkan timbulnya jerawat. Sebagai solusi dari permasalahan ini, Clean & Clear® brand dari Johnson & Johnson menghadirkan Foaming Facial Wash.

“Adapun manfaat dari pembersih wajah ini adalalah dengan busa lembutnya membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Mengandung bahan aktif anti-bacterial yang dapat mencegah jerawat,” jelas Rian lagi.

Dengan formula bebas minyak (Oil-Free), Clean & Clear® Foaming Facial Wash membantu mengontrol minyak di wajah hingga 8 jam. Formula terbaik yang ada dalam produk skincare ini saat diaplikasikan, maka akan membuat kulit lebih bersih, halus dan lembut.

Karena sasarannya adalah usia remaja, sehingga harga yang ditawarkan dapat dijangkau karena harganya terbilang murah, ukuran 50 ml Rp12.200, sedangkan kemasan 100ml seharga Rp19.100. “Tak perlu khawatir saat menggunakan produk ini, karena bisa digunakan bagi remaja dengan tipe kulit normal hingga berminyak dari usia 12 tahun sampai 18 tahun atau baru pertama kali menggunakan facial wash,” ungkapnya.

Selain facial wash, brand ini punya Oil Control Film. Produk ini berfungsi menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kilap pada wajah seketika, tanpa merusak make up. Sehingga, menjadikan kulit bersih dari minyak tanpa kesan mengkilap kapan saja & dimana saja.

Cara Benar Mengatasi Masalah Kulit RemajaCukup buka kemasan, keluarkan satu helai kertas lalu di tamp di area wajah yang berminyak. Dengan begitu, kita tak perlu khawatir minyak terakumulasi dengan kotoran kemudian menyumbat pori-pori. Satu pack Oil Control Film terdiri dari 60 sheet, seharga Rp25.500. Produk satu ini ditujukan bagi wajah berminyak dengan range usia 15 tahun sampai 25 tahun.

Satu lagi produk yang tak kalah bagus yaitu Clean & Clear Oil Control Film Pink. Produk ini berfungsi yang tidak jauh berbeda dengan Oil Control Film yaitu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kilap pada wajah seketika, tanpa merusak make up.

Kulit bersih dari minyak tanpa kesan mengkilap kapan saja dan dimana saja, dengan wangi Pink Grape Fruit yang segar. Dalam satu pack terdapat 50 sheet seharga Rp 25.500. Ini juga cocok bagi remaja usia 15 tahun sampai 25 tahun dengan kulit berminyak. (adm)