- iklan -

JAKARTA ITN- INDONESIA yang kaya dengan budaya dan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan akan wellness (spa). Perkembangan wisata spa di dunia pun mengalami tren cemerlang, selain menjadi gaya hidup, juga perawatan kecantikan sangat dibutuhkan wanita bahkan pria agar penampilan tampak lebih bagus.

Selain itu, industri kecantikan Indonesia telah memasuki ranah health tourism ataupun estetic tourism, dan etno wellness sangat mungkin menjadi kunci Indonesia untuk menjadi pusat health tourism dunia.

Melihat hal itu, Gaya Spa Wellnees milik Lourda Hutagalung, pakar dan pengembang spa belum lama ini mengangkat unsur budaya Indonesia ke dalam rangkaian beauty treatment tradisionalnya dengan meluncurkan treatment etno spa terbarunya, yaitu spa tradisional Banjar dengan nama “Batimung”.

Batimung, Perawatan Kecantikan dari Kalimantan Selatan
Dr Tinuk Sitti Nursetiawati, Msi saat menjelaskan spa Batimung di Gaya Spa Wellness, Jakarta Selatan.

Peluncuran treatment Batimung, etno spa dari Kalimantan Selatan ini merupakan bagian dari komitmen Gaya Spa Wellness untuk mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan yang hampir punah, khususnya dari sisi kecantikan dan perawatan tubuh dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

“Kami saling bahu-membahu untuk menjadikan spa sebagai profesi yang diakui secara nyata dan tidak keluar dari jalur kesehatan. Spa bukan hanya milik Jawa dan Bali, namun seluruh daerah di Indonesia memiliki ragam spa masing-masing,” ,” ujar Ketua Umum Spa, Dr Tinuk Sitti Nursetiawati, Msi.

Batimung, Perawatan Kecantikan dari Kalimantan Selatan
Proses penguapan pada spa Batimung

Selain spa Banjar (Batimung), selama ini Gaya Spa Wellness telah mengangkat konsep etno spa dari Betawi, Jawa, Bali, Madura, Batak, Minang, Bugis, dan Minahasa.

“Batimung juga dilakukan oleh sepasang calon pengantin, wanita dewasa, dan remaja putri dengan tujuan memelihara kesehatan dan menghilangkan bau keringat, serta bisa membuat rias wajah lebih tahan lama,” ungkap Tinuk lebih lanjut.

Ia mengatakan, “Batimung juga biasa digunakan sebagai pengobatan, dapat membantu bagi orang yang tidak mampu berolahraga karena kecacatan anggota gerak dan bagi pasien pengidap sakit karena gaya hidup moderen”.

Dalam perawatannya, spa Batimung akan mengalirkan uap panas ke tubuh yang bermanfaat membantu pasien menuju kesembuhan, kerana dengan uap tersebut dapat mengeluarkan keringat dan toksin dalam tubuh, serta melancarkan peredaran darah sehingga membuat tidur bisa menjadi lebih nyenyak.

Rangkaian perawatan spa Batimung yang sudah berstandar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ini terdiri dari bahan-bahan alami dari kekayaan alam Indonesia, seperti akar wangi, temulawak, pucuk ganti, ginseng, mesoyi, jeruk purut, buah adas, temugiring, biji klabet, cengkih, kayu manis, bunga sisir, kapulaga jawa,  dan laos. (evi)

- iklan -