JAKARTA, Indonesitripnews.com: CARA konvensional mencari pekerjaan lewat iklan lowongan kerja di media cetak seperti koran, tabloid, majalah, dan lain sebagainya sudah lama ditinggalkan. Kini, pencari lowongan kerja pun cenderung mencari informasi lowongan pekerjaan secara online lewat media internet. Selain lebih praktis juga lebih efisien dan cepat.

Sayangnya, tidak semua portal online lowongan kerja menyediakan informasi yang lengkap dan gratis. Dengan kehadiran portal KapanKerja.com para pencari kerja dapat dengan mudah mencari informasi pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

“Kapankerja.com membantu para pelamar pekerjaan untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja sesuai yang mereka inginkan. Kami menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dengan beragam jenis usaha yang ada diseluruh provinsi dan kota di Indonesia,” ujar CEO KapanKerja.com, William Salim di Jakarta, Selasa (16/2/16)

kapankerja2Menurutnya cangkupannya sangat luas, bukan hanya tertuju pada perusahaan besar, skala Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) pun tetap boleh.

“Visi besar kami, yakni membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Indonesia dan mengembangkan UMKM di Indonesia. KapanKerja.com dibangun berdasarkan keprihatinan atas kurangnya wadah bagi pengusaha UMKM maupun korporasi besar untuk mencari sumber daya manusia yang tepat,” ungkapnya.

William mengatakan, “Tidak jarang kita dengar fenomena seperti ‘cari karyawan sekarang susah ya’, namun di lain sisi kita juga mendengar ‘cari kerja sekarang susah ya’. Fenomena ini menjadi asal muasal KapanKerja.com lahir untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan bekerja dan membantu UMKM menerima talenta yang tepat”.

Pria lulusan Macquarie University Sydney ini berharap ke depannya ada dukungan dari pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menjadi mitra agar bisa menjalin kerjasama melahirkan SDM yang berkompeten karena Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) harus dihadapi dengan keahlian yang matang.

“Kami juga mengharapkan dukungan pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja dan ini bagian dari mengembangkan ekonomi kreatif yang dicanangkan Presiden Jokowi. Platform ini lahir untuk memantapkan Indonesia menghadapi persaingan MEA, jangan sampai tenaga kerja lokal tidak ada wadah untuk mencari lowongan pekerjaan karena bersaing dengan tenaga kerja asing yang jelas lebih melek teknologi,” jelasnya lebih lanjut.

Selain itu menurutnya perusahaan lokal pun mendapatkan kesempatan untuk mencari karyawan dengan skala yang lebih luas karena kita tidak kenakan biaya sama sekali.

Ia mengatakan, “Startup dan UMKM di Indonesia bisa bersaing di market global syaratnya hanya satu, diisi oleh SDM yang berkualitas dan berkompeten, itu kuncinya! Dengan lahirnya KapanKerja.com ini ‘memaksa’ setiap pribadi kita bisa menghadapi kompetisi dan membekali diri dengan bekal yang cukup, baik hardskill, maupun softskill”.

“Semoga dengan platform ini, Indonesia bisa terus melahirkan SDM yang handal ke depannya,” tutup William yang juga Ketua Bidang Inkubator Asosiasi Pengusaha Digital Indonesia (APDI).