JAKARTA, ITN – LIBURAN hari raya Lebaran atau Idul Fitri 1437 Hijriah yang waktunya bersamaan dengan musim liburan sekolah pada Juni-Juli 2016 menjadi momentum yang dapat dimanfaatkan bersama keluarga.

Kementerian Pariwisata pun mengajak masyarakat untuk liburan sambil pulang kampung nanti agar lebih berkualitas, yakni dengan membuat panduan paket “Pesona Lebaran 2016” untuk kota-kota di Jawa dan di luar Jawa-Bali.

Menpar Arief Yahya
Menpar Arief Yahya (Foto. evi)

“Lebaran itu bertahun-tahun ada terus, hanya saja kita tidak pernah mengemasnya dengan baik, dan itu sayang banget,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam sambutannya pada acara Dialog dan Silaturahmi Menteri Pariwisata dengan Forwarpar di Hotel Novotel, Jakarta Pusat, Senin (27/6/16).

Menurutnya masyarakat ketika berlibur ke destinasi dapat memanfaatkan secara maksimal dengan mengunjungi destinasi unggulan, seperti obyek sejarah, budaya, taman hiburan, maupun kuliner yang ada di daerah tersebut.

Kementerian Pariwisata memiliki 21 destinasi untuk Pesona Lebaran 2016, yakni Aceh, Banten, Bintan, Cipanas, Cirebon, Geopark Ciletuh, Jakarta, Jatim, Jepara, Yogya, Kudus, Labuan Bajo, Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor dan Pekalongan. Tiap destinasi punya hampir 10 objek wisata yang asyik untuk didatangi.

“Kalau kita mengunjungi suatu daerah, sebaiknya satu hingga 10 titik sebagai Pesona Lebaran 2016 ini jangan sampai dilewatkan, sebagi contoh kalau Lebaran di Aceh ada 10 top destinasi yang wajib dikunjungi,” ungkapnya lebih lanjut.

10 destinasi di Aceh tersebut, menurut Arief Yahya, seperti Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Museum Tsunami Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo, dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara. Tak ketinggalan, kuliner dan event di tiap daerah.

“Kita sudah koordinasi dengan daerah, sudah kirim surat dan koordinasi setiap hari. Semua Kadispar ada di bawah saya langsung,” tegas Arief yang mengaku sudah menjalin kerjasama dengan tiap Pemda demi berlangsungnya Pesona Lebaran 2016.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya foto bersama pada acara Dialog dan Silaturahmi Menteri Pariwisata dengan Forwarpar di Hotel Novotel, Jakarta Pusat, Senin (27/6/16).
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya foto bersama pada acara Dialog dan Silaturahmi Menteri Pariwisata dengan Forwarpar di Hotel Novotel, Jakarta Pusat, Senin (27/6/16).

Arief mengatakan, “Lebaran ini adalah momentum orang-orang untuk berlibur. Kita pakai media sosial untuk mengenalkannya”. Kita punya situs petakita.com dan gomudik yang berisikan destinasi wisata. Kita juga mempromosikan destinasi-destinasi di tiap daerah,” terang Arief.

Pada momen Pesona Lebaran 2016 ini, Kementerian Pariwisata menargetkan angka pergerakan wisatawan di dalam negeri sebanyak 30 juta. “Angka 20 juta wisatawan saat bulan puasa turun 50%, namun pada hari Lebaran dengan memanfaatkan momentum Pesona Lebaran 2016 ini bisa mencapai 30 juta,” ungkapnya.

“Angka tersebut akan tercapai, sebab sudah menjadi tradisi di Indonesia, orang-orang akan mudik ke kampung halaman dan sekalian traveling. Angka 30 juta itu akan menutup pergerakan wisatawan dalam negeri yang menurun di bulan puasa,” ujarnya. (evi)