- iklan -

JAKARTA, ITN – The Ascott Limited – Indonesia, unit perusahaan hospitality internasional terkemuka dari The CapitaLand Investment, melakukan konservasi ekosistem hutan mengrove dengan melakukan penanaman 1000 bibit bakau (Rhizophora mucronata) serta rangkaian aktivitas preservasi lingkungan lainnya yang dilaksanakan di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara pada 27 Juli 2024. Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Kegiatan konservasi hutan mangrove ini menandai tahun kedua penanaman bibit mangrove yang sebelumnya telah dilakukan di Ekowisata Mangrove PIK. Tahun ini, The Ascott Limited – Indonesia, bersama dengan Somerset dan POP! Indonesia kembali berkolaborasi dengan komunitas Mangrove Jakarta.

Hari Mangrove Seduania: The Ascott – Indonesia Laksanakan Penanaman 1000 Bibit Bakau di Pulau Tidung

Mangrove Jakarta adalah sebuah komunitas berbasis di Jakarta yang berfokus pada advokasi pentingnya menerapkan kegiatan keberlanjutan dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan melalui penanaman bakau. Kegiatan konservasi ini juga sangat selaras dengan konsep ramah lingkungan dari brand Somerset dan POP! Hotels, yang mencerminkan komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Inisiatif preservasi hutan mangrove ini merupakan bentuk komitmen The Ascott – Limited Indonesia untuk mendukung keberlanjutan serta perwujudan pilar Environment dari program keberlanjutan The Ascott Limited, “Ascott CARES”. Program keberlanjutan Ascott CARES berjalan dengan berlandas pada lima pilar, yakni Community, Alliance, Respect, Environment dan Supply Chain. Melalui kolaborasi ini, The Ascott Limited – Indonesia berkontribusi secara proaktif terhadap kelestarian lingkungan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar area konservasi dengan penanaman lebih dari 1000 bibit bakau.

Philip Barnes, Country General Manager, The Ascott Limited – Indonesia mengatakan “ Nilai-nilai keberlanjutan telah menjadi bagian integral dari DNA The Ascott Limited – Indonesia. Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bagian dari dedikasi kami dalam pemulihan dan perlindungan hutan mangrove yang berkontribusi besar dalam mereduksi emisi karbon. Tujuan reduksi emisi karbon selaras dengan pilar Environment program keberlanjutan kami Ascott CARES. Dengan melaksanakan inisiatif ini, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk menerapkan praktik ramah lingkungan secara menyeluruh. Kami akan terus berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip berkelanjutan ke dalam setiap aspek operasional di seluruh properti kami dan kami berharap inisiatif ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.”

Penanaman bibit bakau di pesisir Pulau Tidung Kecil melibatkan beberapa partisipan dari The Ascott Limited – Indonesia, Somerset, dan POP! Hotels Indonesia. Rangkaian acara dimulai dengan sesi sosialisasi terkait tanaman bakau dan peran signifikan dari hutan mangrove, diikuti dengan proses klimatisasi yakni pelepasan benih ikan ke perairan, kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon bakau yang telah disediakan ke lokasi penanaman. Kegiatan di akhiri dengan pembersihan sampah di area pesisir pantai.

Irene Janti, Country Director of Marketing & Branding, The Ascott Limited – Indonesia mengatakan, “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan penanaman bibit bakau dan konservasi mangrove di pulau tidung ini, apresiasi juga kami berikan kepada Mangrove Jakarta karena sudah memberikan edukasi terkait hutan mangrove dari mulai pembibitan hingga penanaman. Kami menyadari pentingnya pelestarian ekosistem mangrove, kami percaya bahwa dengan pelaksanaan kegiatan ini, kita dapat menciptakan perubahan besar untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan”

- iklan -