JAKARTA, ITN- Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) akan menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di 388 mal seluruh Indonesia.

Acara ini akan diadakan secara serempak di seluruh pusat  perbelanjaan  di Indonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 selama periode 11-21 Agustus. Kota Surakarta kali ini dipilih sebagai lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 yang berada di Solo Paragon Lifesyle Mall dan akan dibuka oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Pada waktu bersamaan, pembukaan juga akan diadakan secara live di beberapa kota lainnya. Mulai dari DKI Jakarta di Kota Kasablanka Mall yang rencananya akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPD APPBI DKI Ellen Hidayat.

Selanjutnya, Banten di AEON BSD oleh Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dan Ketua DPD APPBI Banten Alexander Bambang. DI Yogyakarta berlokasi di Ambarrukmo Plaza akan dibuka oleh Bupati Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo dan Ketua DPD APPBI Yogyakarta Surya Ananta. Surabaya di Pakuwon Mall dibuka oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua DPD APPBI Surabaya Sutandi Purnomosidi. Lalu, Palembang di Palembang Square oleh Wali kota Palembang Harnojoyo dan Ketua DPD APPBI Sumatera Selatan Co.Ing.

Indonesia Shopping Festival merupakan inovasi terbaru APPBI, melanjutkan program Great Sale yang sebelumnya sudah sering diadakan sebelum pandemi Covid-19 melanda. Indonesia Shopping Festival juga bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya di bidang ritel.

Kondisi yang mulai membaik dan mulai meningkatnya antusias masyarakat untuk berbelanja, menjadi latar belakang diadakannya acara ini. “Rata-rata nasional transaksi di pusat belanja saat normal Rp150 miliar per bulan. Anggota APPBI sendiri sekitar 400 sehingga total pendapatan sekitar Rp60 triliun pada saat normal,” ujar Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja pada jumpa pers Indonesia Shopping Festival 2022 di Jakarta, Rabu (3/8/22).

Sambut HUT RI, APPBI Gelar Indonesia Shopping Festival 2022
Kiri ke kanan, General Manager Metrox Group Johan Sebastian, Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Widjaja, Ketua Tim Direktorat Bina Usaha Perdagangan Widiantoro PW, dan Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat memberikan keterangan saat jumpa pers Indonesia Shopping Festival 2022 di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

“Kondisi saat ini [2022] rata-rata nasional baru mencapai 70 persen, berarti rata-rata satu bulan transaksi Rp42 triliun seluruh Indonesia. Kami targetkan di ISF ini bisa ada tambahan transaksi naik kurang lebih Rp50 triliun dari seluruh pusat belanja di Indonesia,” ujar Alphonzus.

Kementerian Perdagangan Indonesia turut mendukung acara yang akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga 77 persen, sesuai dengan usia Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Tim pada Direktorat Bina Usaha Perdagangan, Widiantoro, berharap momen ini bisa membantu pelaku usaha ritel guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Ini momen bagi kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional,” ujar Widiantoro.

Lebih lanjut, Alphonzus mengatakan, “Selain berbagai promo yang diberikan, akan hadir pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, dan juga dimeriahkan dengan pertunjukkan kesenian daerah dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja”.

Selama ISF ini menurutnya, pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi ketika masuk mal.

Sementara pada kesempatan yang sama Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, “Wilayah Jakarta salah satu wilayah yang paling terpukul pandemi dibandingkan wilayah daerah lainnya. Selama pandemi okupansi mal di Jakarta turun 10-15 persen”.

“Saya berharap, gelaran ISF ini bisa menjadi penyumbang dalam perbaikan industri pusat belanja di Jakarta. Saya menyambut baik adanya ISF ini, sebab saat ini sangat dibutuhkan bagaimana kita harus menunjukkan kepada masyarakat agar ada keberanian masuk ke pusat belanja. Acara ini sangat tepat adanya dan masyarakat juga bisa mendapatkan harga yang miring karena ada diskon,” ungkap Ellen.

Menurut Ellen, ia pun telah meminta ke para anggota APPBI di Jakarta untuk mengadakan bazar-bazar UMKM dalam gelaran tersebut dan berbagai kegiatan-kegiatan bernuansa kemerdekaan.

“Nanti mal di Jakarta yang jadi anggota APPBI mengadakan bazar UMKM, ada lomba juga seperti makan kerupuk, lalu ada Jakpreneur goes to mal, lomba marching band. Ada lagu perjuangan untuk mengingatkan masyarakat akan pahlawan-pahlawan dulu. Akan ada banyak paduan suara, lomba menggambar dan mewarnai, dan mal bernuansa kemerdekaan, serta fesyen show,” tutup Ellen. (evi)