- iklan -

SINGAPURA,  ITN- MERACIK koktail membutuhkan keahlian khusus. Apalagi untuk bisa menjuarai event penting semacam National Cocktail Competition 2019. Seperti yang dialami dua mahasiswi Pariwisata dan Perhotelan di Management Development Institute of Singapore (MDIS) ini.

Mereka adalah Fannie Foo dan Lim Yuwan yang mampu meraih prestasi menduduki peringkat pertama dan kedua dalam National Cocktail Competition 2019  di Singapura (Untuk Kategori Mahasiswa).

Pada pengalaman pertama bertanding di tingkat nasional, Fannie dan Yuwan membuat para juri terkesan melalui keahlian pertunjukan mereka dan mendapat nilai tinggi terkait rasa dan penyajian mocktail mereka yang terinspirasi dari Singapura.
“Minuman saya, Bicentennial Breeze, dibuat dengan dua pertimbangan dalam benak saya, yakni minuman ini harus terasa unik serta menggunakan bahan-bahan yang tersedia secara umum dan menjadi ramuan yang sesuai untuk segala acara di Singapura sepanjang tahun,” ujar Fannie.
Butuh Keahlian dan “Inspirasi”, Dua Mahasiswi MDIS Juara National Cocktail Competition 2019  di Singapura
Fannie berhasil meraih juara pertama dengan racikan koktailnya“ Bicentennial-Breeze”.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Saya juga membuat konsep penyajiannya berdasarkan apa arti Singapura bagi saya – pulau hijau cerah yang dipenuhi saat-saat bahagia”.

Sementara bagi Yuwan, konsep ‘harmoni’ menjadi kunci untuk ramuannya, yaitu SG200. “Singapura sejauh ini telah berhasil mencapai keharmonisan meskipun masyarakatnya memiliki budaya yang sangat beragam. Saya ingin minuman saya menyampaikan perpaduan yang harmonis dengan menggunakan campuran jus buah dan bahan-bahan lainnya. Setelah melalui beberapa uji rasa, saya akhirnya menemukan lima rasa yang saling melengkapi satu sama lain”.
Kemenangan di kompetisi ini meningkatkan kepercayaan diri untuk memajukan minat kedua pemenang yang saat ini mengambil Diploma dalam Manajemen Pariwisata, Perhotelan dan Manajemen Acara, terkait pencampuran koktail.
Terinspirasi untuk menjadi bartender terkemuka dalam waktu dekat, Fannie berharap dapat meningkatkan standar terkait campuran kreatif serta memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan – dua hal yang ia anggap sebagai tantangan paling menyenangkan dari profesi ini.

Kepala School for MDIS School of Tourism and Hospitality Isaac Joshua menjelaskan, “Ini adalah pertama kalinya mahasiswa MDIS Pariwisata dan Perhotelan berpartisipasi dalam National Cocktail Competition dan kami benar-benar terdorong dengan melihat motivasi mereka dalam mempersiapkannya”.

“Meskipun secara tradisional bukan karir pilihan, masadepan bartending di Singapura sangat menyenangkan. Kemenangan terbesar bagi mahasiswa kami bukan hanya tentang mendapatkan penghargaan, tetapi mendapatkan pengalaman yang tak ternilai untuk memahami profesionalisme yang masuk ke dalam keahlian,” ungkapnya.

Dua mocktail yang menjadi pemenang penghargaan dalam perayaan Singapore tersebut akan diluncurkan sebagai bagian dari menu minuman di kafe mahasiswa, Brew and Bites, pada Hari Nasional. (sishi)

- iklan -