- iklan -

JAKARTA, ITN- Siapa sangka jika usaha yang dimulai dengan gerobak fried chicken di tahun 2002, kini telah berkembang pesat menjadi jaringan franchise restoran keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia.

Hari ini, kami bisa dengan bangga menyebutnya “Amazy Family Resto”. Untuk sampai di titik ini, banyak jatuh bangun yang telah dilalui. Tahun 2002, Amazy memulai dengan gerobak fried chicken yang diberi merek MagFood Red Crispy. Karena kekhasan ayam goreng crispy yang disukai konsumen, akhirnya grobak fried chicken MagFood Red Crispy terus menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dengan konsep franchise.

Merek Amazy Family Resto mulai digunakan di tahun 2007 untuk meningkatkan postioning dan segmen pasar yang dilanjutkan dengan pembentukan PT. MagFood Amazy Internasional  sebagai perusahaan franchisor.

Baca: https://magfood-amazy.com/kisah-inspiratif-siti-hajar-sukses-buka-franchise-resto-indonesia-di-malaysia/

Amazy Family Resto dikembangkan dengan skema  bisnis waralaba (franchise) dengan tujuan memberi kesempatan bagi para pengusaha tidak hanya di sekitar Ibukota, tapi di berbagai daerah Indonesia untuk membuka gerai fastfood dengan konsep family resto.

Saat ini, mitra Amazy yang sukses dengan bisnis franchise resto terdiri dari beragam profesi seperti pengusaha gadget, expor rotan, toko bangunan, kontraktor, pengusaha sembako dan supermarket, hingga pengusaha percetakan. Kesuksesan Amazy sangat erat dengan kegigihan para mitra yang tersebar di Indonesia dan Malaysia, salah satunya Siti Hajar yang berasal dari Melaka, Malaysia.

Mengenal Franchise Amazy dari Sang Kakak

Gerai Amazy Family Resto banyak yang dikelola langsung oleh para perempuan tangguh seperti Siti Hajar. Owner Amazy Melaka ini awalnya mengenal franchise Amazy Family Resto dari sang Kakak, yakni Azman Abidin yang sudah membuka Amazy Family Resto di Kuala Lumpur.

Siti Hajar Sukses Buka Franchise Resto Indonesia di Malaysia dari Gerobak Fried Chicken hingga Jaringan Franchise Resto
Founder dan CEO PT Magfood Inovasi Pangan, Yanty Melianty Isa (kiri) bersama owner Amazy Kuala Sungai, Melaka, Siti Sarah (kanan).

Berbekal referensi dan dukungan dari sang Kakak, Siti mantap untuk membuka outlet Amazy Family Resto di kota Melaka, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kuala Lumpur. Gerai Amazy milik Siti dibuka pada tahun 2019 dengan nama Amazy Kuala Sungai, Melaka. Butuh keberanian dan pertimbangan yang matang sebelum membuka Amazy Family Resto, dan Siti Hajar memilikinya sehingga Amazy Kuala Sungai terus berkembang dan menyediakan lapangan pekerjaan sampai hari ini.

Tidak Menyerah Menghadapi Tantangan di Tiga Tahun Pertama

Tiga tahun pertama menjadi fase yang sangat menantang untuk setiap pebisnis. Siti Hajar memulai bisnis dengan kondisi merek Amazy belum begitu dikenal di Melaka pada saat itu. Kondisi jadi semakin berat ketika pandemi Covid-19 melanda sehingga outlet Amazy Kuala Sungai harus tutup total mengikuti peraturan pembatasan dari pemerintah. Belum lagi banyaknya kompetitor yang menyebabkan persaingan bisnis kuliner sangat sengit.

Tantangan lainnya adalah biaya pengadaan bahan langsung dari Indonesia yang saat itu masih cukup tinggi karena Siti Hajar hanya ingin menggunakan bahan-bahan yang bisa menghasilkan produk sesuai standar Amazy.

Kesulitan dan kegagalan adalah anak tangga yang harus dilewati satu per satu oleh setiap pebisnis untuk mencapai kesuksesan. Di tiga tahun pertama, Siti Hajar dan timnya terus berjuang untuk mengembangkan Amazy Kuala Sungai dengan mengembangkan sistem yang efektif dan efisien sesuai arahan pusat, menjaga kualitas bahan dan produk, melakukan promosi yang tepat sasaran, dan tak lelah memperkenalkan Amazy di Kota Melaka.

Kunci Sukses Bertahan ala Owner Amazy Kuala Sungai, Melaka

  1. Taat SOP dan Komunikasi yang Baik dengan Pusat (Franchisor)

Ibu Siti Hajar menjalin komunikasi yang baik dengan Amazy pusat sehingga bisa mengikuti semua SOP termasuk dalam pengadaan menu baru yang lebih inovatif dan memenuhi permintaan pasar.

Siti Hajar Sukses Buka Franchise Resto Indonesia di Malaysia dari Gerobak Fried Chicken hingga Jaringan Franchise RestoSalah satu keuntungan memilih bisnis franchise adalah manajemen bisnis yang sudah terbentuk dengan sistem yang teruji dari pusat dan sudah siap diterapkan di gerai yang baru. Mitra franchise Amazy akan didampingi dalam penyusunanan “Business Plan” di awal usaha, penyusunan rencana kerja, serta berbagai pelatihan sebelum pembukaan dan selama gerai beropreasi yang mencakup berbagai aspek manajemen seperti pelatihan memasak, manajemen SDM, manajemen keuangan, program promosi, pelayanan, operasional, dan lain sebagainya.

Salah satu sistem yang dikembangkan di Amazy Family Resto adalah CHSEyaitu  Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

  1. Menjaga Kualitas Bahan dan Produk

Produk yang berkualitas berasal dari bahan yang berkualitas. Karena itu, Amazy Kuala Sungai selalu menjaga ketersediaan bahan berkualitas untuk kepuasan pelanggan. Ibu Siti Hajar tidak mau mengambil risiko dengan menurunkan kualitas bahan. Untuk menjaga biaya produksi, outlet harus menjaga sistem yang ringkas dan efisien sehingga tidak mengorbankan kepuasan pelanggan.

  1. Jeli Memanfaatkan Event untuk Memperkenalkan Amazy

Untuk membuat Amazy Kuala Sungai semakin dikenal, Ibu Siti Hajar harus aktif mengikuti banyak event yang melibatkan banyak orang. Tak hanya event khusus seperti bazaar, acara pesta dengan kerabat juga bisa jadi kesempatan memperkenalkan Amazy. Pujian yang datang dari mulut ke mulut akhirnya membuat Amazy Kuala Sungai semakin dikenal.

  1. Melek Teknologi dan Media Sosial

Media sosial sangat berperan penting dalam membangun sebuah bisnis saat ini. Media sosial tak lagi sekadar platform komunikasi biasa, tapi telah dimanfaatkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhan seperti mencari produk atau jasa.

Alamat Amazy Kuala Sungai, Amazy Family Resto Kuala Sungai, Melaka. Medaniaga Kuala Sungai Baru, No. Permis K2, No. Lot 17 & PT133. Mukim Pekan Kuala Sungai Baru. 78200 Alor Gajah, Melaka, Malaysia Tlp. +60 12-237 9460

Siti Hajar Sukses Buka Franchise Resto Indonesia di Malaysia dari Gerobak Fried Chicken hingga Jaringan Franchise Resto

Untuk menjadi franchise,  Anda bisa menghubungi customer service Amazy atau www.magfood-amazy.com. Anda bisa mendapatkan proposal dan brosur. PT Magfood Amazy Internasional. Jalan Duren Tiga Raya No. 46 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia 12760.Phone: +6221 7919 3162 / 79195134 Fax: +6221 7919 5364 Hotline: +62816866251 / +628111347161 Email: magfood@cbn.net.id  www.magfood-amazy.com

- iklan -