- iklan -

JAKARTA, ITN-  SUDAH mencoba Lempah Kuning?. Lempah Kuning merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan. Belum lama ini Indonesiatripnews.com mencoba Lempah Kuning di Resto Seafood Mr Adox, Pangkalpinang dan Lesehan Green, Bangka Selatan. Rasanya sangat segar, dan dominan pedas asam.

Lempah Kuning, Kemplang, dan Bong Li Piang Kuliner Khas Bangka Selatan
Lempah Kuning Kepala Kakap. Foto. evi

Lempah Kuning menjadi kuliner Bangka Selatan pertama yang wajib dicicipi. Lempah Kuning merupakan olahan ikan yang dimasak kuah kuning dengan beragam bumbu rempah dan memiliki cita rasa asam pedas, tentunya warna kuning tersebut berasal dari rempah kunyit. Walaupun memakai olahan seafood tetapi aroma kuahnya tidak berbau amis.

Olahan Lempah Kuning memakai ikan tenggiri, ikan pari, ikan, ikan bulet, ikan sembilang, ikan baung, ikan kakap, dan ikan Kepuyu.  Namun tak hanya ikan, olahan Lempah Kuning, ada juga yang berbahan  lokan, ayam, cumi, udang, burung dara, atau burung punai (musiman).

Lempah Kuning, Kemplang, dan Bong Li Piang Kuliner Khas Bangka Selatan
Bong Li Piang (Pia Nanas). Foto. evi

Meski sebenarnya Lempah Kuning bisa ditemukan hampir di seluruh Bangka dan sekitarnya, tetapi ada sedikit perbedaan Lempah Kuning yang ada di Bangka Selatan. Di Bangka Selatan sendiri Lempah Kuning dikenal lebih pedas jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Sebagai oleh-oleh Bangka Selatan, dua tempat oleh-oleh menjadi pilihan yang sempat dikunjungi, yakni  Bong Li Piang atau Pia Nanas di Jalan Jendral Sudirman No 374, Toboali, Bangka Selatan dan Juli Snack yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No 126, Toboali, Bangka Selatan.

Lempah Kuning, Kemplang, dan Bong Li Piang Kuliner Khas Bangka Selatan
Pemilik toko kue Bong Li Piang, Linda di rumah produksinya. Foto. evi

Pia Nanas dengan nama Mama Pia milik Linda ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bangka, termasuk juga di Bangka Selatan. Pia Nanas yang di produksi sendiri (industri rumah tangga)  sejak dua atahun oleh Linda ini memiliki cita rasa yang masih cukup terjaga hingga kini.

Kue ini hampir mirip dengan kue nastar, namun berukuran lebih besar. Bahannya pun hampir serupa; terigu, gula, telor, soda kue, dan minyak nabati. Harga satu plastik Pia Nastar yang berisi 10 butir ini Rp20.000. “Sehari kami memproduksi 100 butir kue pia. Paling banyak pesanan pada saat bulan Juni dan akhir tahun kira-kira 180 kantong (ribuan butir pia),” ujar Linda.

Lempah Kuning, Kemplang, dan Bong Li Piang Kuliner Khas Bangka Selatan
Aneka Kemplang di Toko Juli Snack. Foto. evi

Selain cocok dinikmati sebagai teman ngopi di pagi atau sore hari Bong Li Piang juga sangat cocok dinikmati untuk teman ngeteh.

Sementara di toko oleh-oleh “Juli Snack”, pilihan sebagai oleh-oleh terdiri dari kerupuk Kemplang; Kemplang Panggang Ikan, Kemplang Panggang Udang, Kemplang Goreng Ikan, dan Kemplang Goreng Udang. Ada juga Getas (keretek). Makanan Getas ini terbuat dari ikan tenggiri atau cumi, dan harga getas sedikit lebih mahal dari kerupuk Kemplang.

Selain kerupuk di toko milik Juli ini juga menjual sirup Jeruk Kunci, terasi Toboali, Kericu Keju, dan lada. (evi)

- iklan -