JAKARTA, ITN- INGIN melihat indahnya panorama pegunungn di salah satu obyek wisata Magelang? Cobalah ke Ketep Pass.  Obyek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau mata, tepatnya di area Bukit Sawangan dengan ketinggian 1.200 Mdpl. Wisata Ketep Pass ini juga berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sehingga menjadi spot yang pas untuk melihat kedua gunung tersebut.

Karena Ketep pass ini berada di ketinggian maka pemandangan alam sangat indah, kabut pagi pun juga ikut menghiasi. Selain pemandangan alam dari atas wisatawan juga dapat melihat pedesaan dan pegunungan. Ketep Pass diresmikan pada 17 Oktober 2002 oleh Presiden Ibu Megawati Sokearnoputri, sebagai jalur Solo – Selo – Borobudur.

Lokasi wisata Ketep pass yang berada di Jalan Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah ini bisa ditempuh melalui berberapa daerah antara  lain, yakni dari Kecamatan Mungkid, Magelang, Desa Blabak- Magelang, Kecamatan Pakis- Magelang, Kota Boyolali, Kota Salatiga, Kota Jogja, dan Kecamatan Getasan- Semarang.

Selain sebagai wisata alam, Ketep pass yang buka hari setiap hari  pukul 06.00-17.00 WIB ini juga menyajikan wisata edukasi tentang Gunung Merapi. Wisatawan dapat menambah wawasan dan informasi tentang gunung api. Banyak spot foto yang bisa pengunjung dapatkan di wisata Ketep Pass ini. Sangat cocok bagi traveler yang ingin berburu foto seperti foto gaya Folk, Selfie Photo, Panorma Photo, dsb.

Tak hanya spot foto, di Ketep Pass, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lainnya, seperti:

Museum Vulkanologi Ketep Pass Magelang

Museum Volcano Ketep Pass Magelang ini memiliki luas 550 meter persegi, di dalam Museum Vulkanologi berdiri miniatur Gunung Merapi, dokumen tentang kegunungapian dan contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun. Ada juga beberapa foto atau poster yang menggambarkan kisah aktivitas Gunung Merapi.

Teropong

Teropong Ketep Pass Magelang ini berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang berfungsi untuk melihat panorama keindahan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan dengan lebih jelas.

Bioskop Ketep Pass/Ketep Volcano Theatre

Bioskop Ketep Pass atau disebut juga dengan Ketep Volcano Theatre ini menyajikan film sejarah Gunung Merapi dan beberapa peristiwa penting tentang aktivitas Gunung Merapi dari masa ke masa. Bioskop ini termasuk Bioskop Mini karena hanya dapat menampung maksimal 78 penonton.

Pelataran Panca Arga

Obyek Wisata Tepas Magelang/Ketep Pass Magelang ini memiliki banyak fasilitas pendukung untuk memanjakan wisatawan yang datang berkunjung, diantaranya Pelataran Panca Arga merupakan puncak tertinggi di Ketep Pass. Di tempat ini  wisatawan dapat melihat keindahan gunung sekaligus, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Slamet. Waktu yang tepat untuk melihat lima gunung tersebut adalah ketika cuaca cerah.

Selain itu pengung juga bisa melihat bukit-bukit dan gunung-gunung yang sangat indah, antara lain Gunung Tidar, Gunung Pring, Gunung Andong, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo dan yang paling populer yaitu menikmati Sunrise diantara kedua Gunung Merapi dan Merbabu.

Gardu Pandang Ketep Pass Magelang

Tempat ini mempunyai dua buah gazebo yang besar. Dari Gardu Pandang Ketep Pass Magelang ini tampak terlihat keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu beseta hamparan bukit-bukit kecil dan lahan pertanian diantara kedua kaki gunung tersebut.

Restoran Ketep Pass

Pengunjung tak perlu khawatir jika merasakan perut lapar setelah menikmati pemandangan, karena di Ketep Pass terdapat Restoran Ketep Pass yang siap mengganjal perut dengan hidangan mengugah selera. Restoran yang berada diatas Ketep Volcano Theatre ini mempunyai dinding kaca yang membuat pengunjung dapat menyantap hidangan dengan menikmati pemandangan.

Selain menjadi obyek wisata, Ketep Pass Magelang juga terkenal akan pengrajin bambu yang terbuat dari bambu wulung dan bambu hitam. Pada tanggal 20-22 Oktober 2018 di Tepas Magelang ini mengadakan Festival Bamboo Lightning bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata Ketep Pass. (evi)