JAKARTA, ITN-  Selama ini kebanyakan orang memanfaatkan Povidone – iodine atau yang kita kenal dengan betadine sebagai obat luka untuk mencegah infeksi luka. Namun, tahukah, ternyata ada banyak manfaat lain dari povidone-iodine ini untuk kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari beberapa video life-hack di platform berbagi video, TikTok, berikut lima manfaat dari povidone-iodine / Betadine Antiseptik yang unik dan mungkin belum banyak yang tahu:

  1. Pembasmi Hama Tanaman

Selain menyembuhkan luka pada manusia, obat luka ternyata bisa menyembuhkan luka pada tumbuhan juga loh. Nah, buat yang sedang gemar bercocok tanam di rumah, pasti kesal melihat tanaman layu karena diserang oleh hama. Cobalah memanfaatkan Betadine Antiseptik yang ada di rumah untuk menyembuhkan tanaman tersebut.

Cukup dengan memisahkan bagian tanaman yang sudah membusuk dengan yang masih sehat dan bertunas, oleskan Betadine Antiseptik ke bagian yang sehat tadi, dan tanam kembali. Pemberian Betadine Antiseptik ini dipercaya dapat mengurangi penyebaran jamur dan bakteri ke dalam tanaman.

2. Menghasilkan karya seni

Siapa sangka, ternyata obat luka bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk melukis loh. Salah satu TikTokers Erika Richardo yang juga merupakan pelukis, mencoba membuat lukisan dengan menggunakan Betadine Antiseptik. Betadine Antiseptik memberikan warna yang berbeda jika dicampur air dan digoreskan ke kertas. Berdasarkan video TikTok Erika, Betadine Antiseptik yang dicampur sedikit air akan memberikan warna biru jika diaplikasikan ke kertas putih.

3. Menghilangkan kuman dan jamur pada hewan

Bagi pecinta hewan berbulu seperti anjing dan kucing, pastinya sedih jika anak bulu atau ‘anabul’ terserang kuman dan jamur di kulit mereka. Memandikan anabul dengan larutan Betadine Antiseptik ampuh membuat kuman dan jamur tersebut hilang. Komposisinya masukan sekitar 0.3-0.75 ml atau 6-15 tetes Betadine Antiseptik ke dalam 60 L air. Nah, jika anabul sedang dalam keadaan terluka, berikan sekitar 20 tetes air ke dalam larutan air dan basuh ke bagian yang terluka. Memandikan anabul dengan larutan Betadine Antiseptik, mereka tidak akan bau dan terserang kuman lagi.

Cara ini tentu lebih murah ketimbang Anda harus ke tempat khusus untuk menghilangkan kuman pada hewan peliharaan Anda. Lengkapnya bisa melihat video TikTok dari Ezron Tarigan ini.

4. Mensterilkan Brush Make-up

Agar kulit tidak teriritasi karena penggunaan brush make-up yang tidak bersih, Anda bisa menggunakan Betadine Antiseptik untuk membersihkan serta mensterilkan peralatan make up Anda. Caranya, cukup rendam brush tersebut di air hangat yang sudah diberikan beberapa tetes Betadine Antiseptik, tunggu berapa menit kemudian keringkan dan brush Anda bebas dari kuman-kuman nakal.

Dr. Farhan Zubedi, dokter sekaligus publik figure menjelaskan di video TikToknya, obat luka mengandung povidone iodine yang berfungsi untuk mensterilkan dan mencegah infeksi lanjutan. Cairan ini bersifat bakterisidal atau membunuh bakteri. Larutan povidone iodine dengan air hangat dapat digunakan untuk membersihkan alat make-up, karena sifatnya antiseptik atau mematikan kuman. Sangat penting untuk membersihkan alat make-up dari kuman, supaya tidak menimbulkan jerawat saat menyentuh kulit wajah.

5. Mensterilkan Mainan Anak

Di tengah pandemi ini, kesehatan menjadi hal yang nomor satu, apalagi kesehatan Anak. Kuman dan bakteri sering menempel di manapun, termasuk di mainan anak. Agar mainan tersebut bebas kuman dan aman digunakan Anak, cukup merendam dengan air yang sudah diberikan 5-6 tetes Betadine Antiseptik, selama lima menit, kemudian bilas dan keringkan.

Betadine Antiseptik memiliki kandungan Povidone Iodine yang merupakan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Antiseptik ini bekerja dengan cara merusak sel kuman dan membuat kuman jadi tidak aktif. Makanya tak jarang Betadine Antiseptik digunakan untuk mensterilkan alat-alat medis dan membersihkan luka.

Begitu banyak kegunaan Betadine Antiseptik Antiseptik dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai pembersih luka dan mengobati luka pada manusia, Betadine Antiseptik pun dapat dimanfaatkan untuk tanaman, hewan, alat-alat make-up, mainan anak, serta bisa menjadi barang seni. (*/shi)