JAKARTA, ITN- PT Mars Symbioscience Indonesia lewat salah satu brand-nya, Dove Chocolate, meluncurkan “Kasih Sayang, Kasih Dove”, sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk lebih terbiasa mengekspresikan kasih sayang, bukan hanya ke pasangan, tetapi juga ke orang tua, kakak atau adik dan sahabat.

Ekspresi kasih sayang memberikan manfaat dalam mempererat hubungan emosional dengan orang-orang sekitar.

Berdasarkan teori “Hierarchy of Needs” dari Abraham Maslow, pelopor Psikologi Humanistik, bahwa seseorang yang hidupnya dipenuhi kasih sayang memiliki kehidupan lebih positif, lebih berbahagia, percaya diri dan lebih nyaman.

“Kasih sayang itu sangat luas maknanya. Kita bisa memberikan kasih sayang ke semua orang, terutama ke orang-orang terdekat kita. Mereka selalu memberikan kasih sayangnya dengan berbagai cara,” ujar Country Marketing Manager Mars Chocolate Indonesia, Gemita Pasaribu pada acara peluncuran kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove di Jakarta, Kamis (12/1/17).

Gemita Pasaribu saat memberikan penjelasan pada peluncuran kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove di Jakarta, Kamis (12/1/17).
Gemita Pasaribu saat memberikan penjelasan pada peluncuran kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove di Jakarta, Kamis (12/1/17).

Namun menurutnya seseorang seringkali lupa untuk mengapresiasinya, bahkan untuk sekadar mengucapkan terima kasih. “Melalui kampanye ‘Kasih Sayang, Kasih Dove’ yang diluncurkan menjelang hari Kasih Sayang, kami ingin menyampaikan bahwa mengekspresikan kasih sayang ke orang tua, kakak atau adik dan sahabat sama pentingnya dengan megekspresikan kasih sayang ke pasangan, karena akan memberikan aura positif untuk sekeliling kita,” ungkap peremmpuan yang lebih akrab dipanggi Mita ini.

Mita mengatakan, “Selain lewat ucapan, kasih sayang juga terasa istimewa jika diekspresikan dengan cara lain, seperti pemberian hadiah. Bersama kampanye ini, Dove Chocolate juga meluncurkan kemasan produk khusus, yaitu kemasan kaleng berbentuk lambang hati (heart tin) yang dapat menjadi pilihan hadiah istimewa untuk orang terkasih sebagai bentuk ekspresi kasih sayang”.

Sementara pada kesempatan yang sama, Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo Mpsi, mengatakan, “Ungkapan kasih sayang ibarat cokelat. Sel-sel otak menerima rangsangan terhadap ungkapan kasih sayang sama seperti saat kita menikmati cokelat. Keduanya memunculkan hormon endorfin yang memberikan rasa senang dan nyaman”.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Ungkapan kasih sayang sebaiknya diberikan kepada banyak orang, tidak terbatas pada pasangan. Prinsipnya, sebarkan pengalaman positif dari ungkapan kasih sayang ke orang-orang terkasih Anda, karena akan berdampak pada kesejahteraan psikologis kita”.

Selebriti Jessica Mila yang hadir pada kesempatan tersebut menceritakan bahwa dia bersyukur dikelilingi oleh orang-orang yang penuh kasih sayang. “Kebaikan, kepedulian, perhatian, dan dukungan dari mereka membuat saya selalu termotivasi untuk melakukan yang terbaik”.

“Saya pun selalu ingin berusaha membalas kasih sayang yang mereka berikan. Saya biasa memeluk, meluangkan waktu untuk mereka, mengucapkan kata-kata yang positif, dan memberikan sesuatu yang mereka senangi. Salah satu cara saya dalam mengekspresikan kasih sayang adalah melalui media sosial, supaya followers saya juga melakukan hal yang sama,” ungkap Jessica Mila penggemar dark chocolate.

Untuk semakin memperkuat pesan kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove,  Dove Chocolate mengadakan kegiatan digital 3 Days Challenge di akun instagram @dovechocolateid. Masyarakat diajak untuk mengekspresikan kasih sayangnya ke orang tua, saudara dan sahabat selama tiga hari berturut-turut yang akan memperebutkan hadiah menarik dari Dove Chocolate.

Kiri ke kanan, Bona Sardo, Gemita Pasaribu, dan Jessica Mila pada peluncuran kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove. Foto. Itn.com
Kiri ke kanan, Bona Sardo, Gemita Pasaribu, dan Jessica Mila pada peluncuran kampanye Kasih Sayang, Kasih Dove. Foto. Itn.com

“Kami ingin masyarakat semakin merasakan betapa menyenangkannya mengekspresikan kasih sayang, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Semakin banyak orang mau mengekspresikan kasih sayangnya, semakin banyak pula orang bahagia karena merasa hidupnya dikelilingi orang-orang yang penuh kasih sayang,” tutup Gemita.

Tentang Dove® Chocolate

Dove® Chocolate memberikan kenikmatan rasa yang istimewa, dengan paduan rasa cokelat dan susu yang creamy selembut Silk, membuatnya meleleh sempurna di mulut.

Tiap produk Dove® Chocolate dibuat hanya dari biji kakao pilihan, yang kualitas dan rasanya diuji oleh para ahli di Mars. Karena Dove® memperhatikan secara detail seluruh proses pembuatan produk cokelatnya, Anda akan selalu merasakan rasa cokelat yang nikmat dan melekat. Mars amat peduli dan terus mempertahankan standar kualitas tertinggi mulai dari pemrosesan biji kakao sampai menjadi produk, sehingga menghasilkan kenikmatan khas selembut silk Dove® Chocolate.

Dove Chocolate yang didistribusikan oleh PT Mars Symbioscience Indonesia terdiri dari dua varian, yaitu Dove Milk Chocolate dan Dove Dark Chocolate. Dove Milk Chocolate hadir dalam kemasan 14g, 43g, 80g; kemasan pouch yakni 140g; dan kemasan kaleng berbentuk hati yaitu 84g dan 140g. Dove Dark Chocolate hadir dalam kemasan 43g dan 80g. Dove Chocolate tersedia di seluruh supermarket dan minimarket di seluruh Indonesia.

Tentang PT Mars Symbioscience Indonesia

Kehadiran Mars di Indonesia meliputi segmen-segmen bisnis Petcare dan Royal Canin, Chocolate serta Wrigley. PT Mars Symbioscience Indonesia, sebagai salah satu anak perusahaan Mars, Inc. memulai kegiatan bisnisnya di Indonesia pada 1996 dengan mendirikan fasilitas pemrosesan dan penggilingan biji kakao di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pabrik bertaraf internasional, yang saat ini mempekerjakan kurang lebih 350 karyawan, merupakan pabrik pemrosesan kakao pertama di Sulawesi. Pabrik ini memproses 17.000 ton kakao menjadi lemak kakao, bubuk kakao dan pasta kakao tiap tahun.

PT Mars Symbisocience Indonesia juga merupakan importir dan distributor produk-produk dalam segmen-segmen bisnis Petcare dan Chocolate. Beberapa merek ternama di bawah naungan PT Mars Symbioscience Indonesia antara lain Snickers®, M&M’s® dan Dove® dalam segmen Chocolate; serta Pedigree® dan Whiskas® dalam segmen Petcare. (evi)