- iklan -

JAKARTA, ITN- Sebagai garda  terdepan penanggulangan Covid 19, para dokter dan tim medis sangat rentan tertular. Apalagi bila tidak dibekali dengan  Alat pelindung  Diri (APD)  yang memadai. Risiko penyebaran virus dan tingkat kontaminasi yang tinggi membuat  APD hanya digunakan sekali pakai saja. Seiring bertambahnya pasien Covid 19 di Indonesia, kebutuhan APD juga semakin bertambah. Hal inilah yamg menjadi perhatian berbagai elmen masyarakat untuk turut membantu pengadaan APD.

AyoBergerak.id sebuah gerakan sosial yang diinisiasi  relawan dari berbagai latar belakang profesi, keahlian, dan usaha berhasil menghimpun donasi senilai Rp857 juta yang berasal dari 2.865 donatur, per 14 April 2020. Itu artinya, hanya dalam kurun waktu dua pekan, sejak AyoBergerak.id diluncurkan pada 30 Maret 2020 lalu, 75% dari target donasi Rp1 miliar sudah berhasil dihimpun. Bahkan, sampai saat ini, sejumlah perusahaan sudah memiliki komitmen untuk berdonasi, antara lain SOHO Global Health  melalui Imboost Rp150 juta, Alumni P&G Rp75 juta,  dan Forwat (Gerena) Rp50 juta. Dengan demikian, total donasi yang sudah tembus Rp1 miliar.

Ketua AyoBergerak.id Caesar Rohedi dalam keterangan tertulisnya kepada indonesiatripnews.com di Jakarta, Kamis (16/4/2020) mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membeli  APD bagi tim medis yang menangani Covid-19. “Kondisi para dokter dan tim medis lainnya sangat rentan tertular Covid-19 yang mematikan, terutama tanpa bekal training dan tanpa dilindungi APD yang memadai. Sejumlah dokter pun meninggal akibat virus mematikan ini. Oleh karena itu, AyoBergerak.id hadir sebagai gerakan sosial kemanusiaan untuk memerangi Covid-19, antara lain dengan melindungi para petugas medis, yang selama ini menjadi garda terdepan,” katanya.

Setelah Donasi APD 1M, Gerakan Digital AyoBergerak.id Siap untuk Galang Dana 5M Tahap DuaDari nilai donasi  yang terkumpul tadi, menurut Caesar,  Rp586 juta sudah disalurkan ke 450 rumah sakit (RS) dan puskesmas di Indonesia. Donasi diberikan dalam bentuk bantuan APD ke RS atau puskesmas di wilayah DKI Jakarta (67), Jawa (245), Sumatra (69), Sulawesi (17), Kalimantan (14), Nusa Tenggara (17), Papua (2), dan Kepulauan Riau (6). Rumah sakit yang telah menerima bantuan dari AyoBergerak.id antara lain  RSUD Pasar Minggu,  RSUD Cempaka Putih, RSUD dr. Ben Mboi, RSUP dr Sardjito, RSI Jemur Sari – Surabaya, Puskesmas Setu 1 – Bekasi, Puskesmas Gempol – Cirebon,  dan sebagainya.

Caesar mengungpkan, ada tiga fokus utama yang diusung AyoBergerak.id yang membedakan dibanding organisasi sosial lainnya. Pertama, mendata langsung kebutuhan APD Rumah sakit dan Puskesmas seluruh Indonesia, dengan  cara membangun tim data dan verifikasi yang terdiri dari team dokter  dan tim IT.  Kedua, menggerakkan pengumpulan dana dan donasi dari masyarakat, antara lain dengan aksi cepat mengumpulkan dana dari pribadi-pribadi dan relawan-relawan digital. Ketiga, melakukan sourcing, purchasing, dan distribusi APD ke berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas yang sudah terdaftar.

“Rencananya, kami akan menggalang dana yang jauh lebih besar lagi dalam menanggulangi Covid-19.  Hal ini dikarenakan permintaan donasi  APD yang masuk ke data base AyoBergerak.id dari 1.300 Faskes (RS, Puskesmas) di 33 provinsi sangat besar, yakni sekitar Rp5 miliar, terutama dalam bentuk  masker bedah, masker N-95, dan baju APD,” ujarnya.

Sementara Marketing dan Humas AyoBergerak.id, Sylvia A Rizal  menyampaikan, “Ayobergerak.id adalah platform Gerakan Sosial Digital yang akan terus berkelanjutan sesuai dengan isu sosial yang perlu kami bantu dengan sistem monitoring terbuka dan real time, sebagai bentuk tanggungjawab kami”.

“Pada saat ini, sampai dengan beberapa bulan ke depan, kami masih perlu fokus dalam penyiapan APD bagi para medis.  Gerakan sosial AyoBergerak.id akan melakukan berbagai aktivitas agar lebih dikenal, lebih dipercaya, dan lebih dibantu  oleh berbagai organisasi komunitas, perusahaan, serta masyarakat.” ujar Sylvia yang juga menjadi VP Marketing HC Soho ini.

Setelah Donasi APD 1M, Gerakan Digital AyoBergerak.id Siap untuk Galang Dana 5M Tahap DuaPada gerakan  Sosial AyoBergerak id, sejumlah selebritis yang juga influencer turut terlibat menjadi relawan digital. Antara lain, Baim Wong, Titi Kamal, pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Dalam akun Instagram @raffinagita1717, Raffi dan Nagita mengucapkan terima kasih kepada para petugas medis sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap #StayAtHome. Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut bergabung menjadi relawan AyoBergerak.id.

Beberapa  perusahaan atau komunitas juga telah mendukung donasi CSR  Covid-19 melalui  AyoBergerak.id.   Di antaranya, IMBOOST (Soho Global Health),  Alumni P&G Indonesia, Forwat (Forum Wartawan Teknologi) yang berpartner dengan Free Fire dan CoDM,  Alfamart, dan lainnya.

Pengiriman donasi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Antara lain, Transfer  melalui Rekening BCA 464 635 0000 atas nama  Juara Insani Yayasan atau Bayar donasi melalui kasir Alfamart di outlet-outlet seluruh Indonesia (mulai tanggal 20 April).

- iklan -