- iklan -

JAKARTA, ITN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (18/3/2024), menjelaskan bahwa memasuki pekan kedua Ramadan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman.

Potensi pergerakan wisatawan nusantara saat mudik Lebaran berjumlah 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Maka mempertimbangkan potensi tersebut, Menparekraf Sandiaga segera mengeluarkan surat edaran berisi imbauan persiapan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan.

“Kemenparekraf akan mengeluarkan surat imbauan menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 kepada seluruh Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi Daya Tarik Wisata (DTW) agar dapat memberikan pelayanan yang prima,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf pun mendukung dan mempersiapkan sejumlah event pariwisata saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024, di antaranya update e-catalogue mudik/jelajah masjid; Ramadan Night Run pada 16 dan 23 Maret 2024 di Jakarta; Ramadan Jazz Festival pada 29-30 Maret 2024 di Jakarta; Indonesia Fashion Week pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta.

Ada juga Mudik Bareng Ms Glow pada 6 April 2024 di Jakarta; Bakdan Neng Solo pada 12-13 April 2024; Batam Wonderfoot dan Art Ramadan pada 9-30 Maret 2024 di Batam; dan Aceh Ramadan Festival pada 28-1 April 2024.

“Dan hari ini saya baru saja kembali dari event Festival Arakan Sahur di Jambi,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf, jajaran pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

- iklan -