JAKARTA, ITN-  TIDAK mudah menjadi anggota legislative, karena untuk bisa duduk di kursi dewan perwakilan rakyat (DPR) seseorang harus melalui banyak tahap yakni terlebih dahulu harus menjadi anggota partai politik. Setelah memenuhi syarat administrasi barulah diusung partai politik tersebut untuk menjadi calon anggota dewan.

Tidak hanya sampai disitu, calon legislatif harus melewati puncak pesta demokrasi yakni Pemilihan Umum (Pemilu). Nah disinilah menjadi penentu apakah calon tersebut terpilih atau tidak. Karena kesuksesan meraih kursi tergantung perolehan suara.

Seperti anggota legislatif sungguhan, proses pemilihan anggota Kidzania Congrezz juga melalui proses yang panjang. Kidzania Congrezz Kids adalah sebuah program pendidikan kepemimpinan persembahan Kidzania Jakarta.

Sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi terhadap kematangan generasi penerus bangsa, edutainment theme park Kidzania Jakarta kembali menyelenggarakan Kidzania Congrezz Kids 2019-2021.

Tahun ini merupakan periode ke-enam sejak pertama kali diadakan pada tahun 2009. Setelah melalui proses pemilihan yang sangat selektif, telah terpilih 14 anggota Congrezz Kids 2019-2021 berusia antara 8 – 14 tahun dengan talenta dan pengetahuan yang beragam.

Masa tugas 14 anggota tersebut akan dimulai sejak dilantik pada Sabtu (6/7/19) di Metropolitan Theatre Kidzania Jakarta.

Kidzania Congrezz Kids 2019-2021 diikuti oleh hampir 1.000 kandidat dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Jabodetabek. Pelantikan 14 anggota dilakukan Iayaknya prosesi pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat di suatu negara.

Chief Operation Officer Kidzania Jakarta, Lindung Artha Marhendra melantik dan meresmikan pembukaan kegiatan Kidzania Congrezz 2019 – 2021. Prosesi kenegaraan dimulai dengan pembacaan sumpah Congrezz Kids, dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan perjanjian.

Kidzania Congrezz merupakan salah satu event terbesar dwitahunan Kidzania Jakarta untuk mencari 14 anak-anak berprestasi yang akan bermain peran menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kidzania dalam lembaga yang disebut Kidzania Congrezz.

Anggota Kidzania Congrezz yang disebut Congrezz Kids ini bertugas selayaknya anggota Dewan Perwakilan Rakyat di suatu negara, seperti: membentuk undang-undang, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang; menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, termasuk memberikan masukan, membantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota Kidzania.

Setiap anggota Kidzania Congrezz ini mempunyai hak untuk bermain dan menikmati fasilitas permainan di Kidzania Jakarta secara gratis selama dua tahun bersama dua orang pendamping.

“Tema Children’s Perspective on World Problems yang diangkat tahun ini karena kami ingin menggali pendapat darl perspektif anak-anak sendirl, sehingga mereka dapat mengungkapkan pendapatnya dan memberikan solusi bagi setiap kondisi yang teu’adi di dunia khususnya lingkungan sekitar,” jelas Lindung di sela-sela pelantikan 14 Anggota Kidzania Congrezz Kids 2019 – 2021 di Jakarta, Sabtu (6/7/19).

Dengan menjadi anggota Kidzania Congrezz, diharapkan anak-anak Indonesia dapat mencapai impiannya dan mempunyai masa depan yang cerah. Hal ini sering terlihat di sekitar kita di mana anak -anak sangat bersemangat belajar dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

“Maka dari itu kami merasa terpanggil untuk berkontribusi mematangkan generasi penerus bangsa lewat Kidzania Congrezz ini,” ungkap Lindung.

Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, para Congrezz Kids perlu memahami cara kerja pemerintah serta mengetahui kualifikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin.

Setelah dilantik sebagai anggota Kidzania Congrezz periode 2019 – 2021, para Congrezz Kids dibagi menjadi tiga komisi yakni Komisi Kesejahteraan, Pendidikan, Teknologi dan Lingkungan, serta Komisi Khusus Komunikasi.

“Olehnya itu para Congrezz Kids akan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian/Instansi Pemerintah dan juga partner industri Kidzania Jakarta,” ujarnya. (*)