- iklan -

JAKARTA, ITN-  BULAN Ramadhan kerap disebut sebagai momen pembersihan diri – baik secara rohani, maupun jasmani. Bagaimana tidak, selain untuk ibadah, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan karena dapat membantu metabolisme dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Namun untuk meraih manfaat kesehatan selama berpuasa, penerapan pola makan yang sehat dan sesuai kebutuhan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Sayangnya masyarakat kerap abai, dan cenderung kurang memperhatikan asupan ketika berpuasa.

Sebanyak 89% masyarakat Indonesia, bahkan baru merencanakan menu berbuka puasa pada hari itu juga. Memahami kondisi ini, Beko, Europe’s number 1 freestanding home appliances brand,  menghadirkan solusi rumah tangga praktis melalui produk lemari es andalannya, yang bukan hanya mampu menjaga kesegaran bahan makanan lebih lama, tapi juga fleksibilitas lebih dalam penyimpanan.

“Menjaga kondisi kesehatan selama Ramadan menjadi faktor kunci, agar berbagai aktivitas dan ibadah selama bulan suci tetap dapat berjalan lancar dan beriringan. Berbicara tentang kesehatan, pemilihan asupan dan menjaga kualitas bahan makanan menjadi sebuah keharusan. Country General Manager Beko Indonesia, Ali Cagri Gonculer belum lama ini dalam siaran pers yang diterima Indonesiatripnews.com.

Memantapkan posisinya sebagai healthy living starter, Beko menghadirkan rangkaian produk rumah tangga yang mengedepankan efisiensi dan teknologi terbaik bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui rangkaian produk lemari es andalannya.

Bukan hanya mutakhir, teknologi yang dihadirkan pada lemari es Beko juga hemat energi dan ramah lingkungan, berkat sistem pendingin ProSmart™ Inventer Compressor yang juga berkerja senyap. Untuk melindungi kandungan vitamin dalam buah dan sayuran dapat tetap terjaga, Beko mengadaptasi kemampuan tumbuhan dalam menghasilkan makanan sendiri, dengan menghadirkan teknologi ActiveFresh BlueLight™ yang membantu menciptakan proses layaknya fotosintesis di dalam lemari es.

Sedangkan teknologi Everfresh+ yang ditempatkan pada kompartmen dengan ventilasi khusus, menurutnya mampu mengurangi kondensasi dan menjaga suhu agar tetap stabil, sehingga buah dan sayuran dapat terjaga kesegarannya lebih lama – bahkan hingga 30 hari bergantung pada jenisnya.

Sementara Certified Cullinary Nutrition Expert, Mia Maria menyampaikan pentingnya mengonsumsi variasi makanan segar dan bergizi pada saat sahur dan berbuka puasa. “

Menurutnya untuk mendukung aktivitas selama berpuasa, tubuh membutuhkan asupan yang seimbang, dengan memadukan protein, lemak baik, serat, dan karbohidrat. Perlu diperhatikan, konsumsi makanan saat sahur dan berbuka memiliki fungsi masing-masing.

“Makan saat sahur akan berpengaruh pada pasokan energi dalam tubuh untuk aktivitas pagi hingga sore hari. Sedangkan saat berbuka, tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi untuk disimpan hingga malam hari yang durasinya lebih singkat dibandingkan siang hari,” ungkap Mia lebih lanjut.

Mempersiapkan bahan makanan untuk menu yang seimbang, bergizi, dan variatif, tentu bukan tanpa hambatan. Proses belanja bahan makanan dan cara penyimpanan menjadi tantangan tersendiri, khususnya di bulan Ramadan. Agar dapat menjalani ibadah dengan nyaman, tenang, dan tetap sehat, berikut tiga tips persiapan pengelolaan makanan selama Ramadan:

  1. Manfaatkan momen akhir pekan untuk berbelanja bahan makanan segar, dan persiapkan rancangan menu untuk sahur dan berbuka selama sebulan ke depan. Selain lebih menghemat waktu, aktivitas ini juga dapat menghemat biaya perjalanan berbelanja – yang sebelumnya dilakukan beberapa hari sekali. Anda juga tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ruang penyimpanan. Kabinet MultiZone™ pada lemari es Beko menghadirkan fleksibilitas, dengan kemampuan beralih fungsi, dari area pembeku, menjadi area pendingin, dengan suhu yang dapat disesuaikan. Sehingga Anda memiliki ruang yang cukup untuk aneka bahan makanan.
  2. Cuci sayur dan buah, potong-potong daging dan ayam, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup untuk disimpan ke dalam lemari es. Pastikan kesegaran tetap terjaga, karena akan berpengaruh pada cita rasa dan kandungan vitamin dari bahan makanan tersebut. Teknologi ActiveFresh BlueLight™ mampu menjaga kesegaran dan kandungan vitamin dalam buah dan sayur dapat tetap terjaga dengan baik berkat proses fotosintesis dalam lemari es. Bahkan, kompartemen dengan teknologi Everfresh+ mampu menjaga kelembapan dan suhu tetap stabil, sehingga kesegaran sayur dan buah dapat bertahan hingga 30 hari
  3. Pastikan Anda menyimpan makanan sesuai jenisnya, agar bau tidak mudah tercampur. Misal, tempatkan ayam dan daging di area pembeku, sedangkan sayur dan buah di area pendingin. Teknologi NeoFrost™ merupakan sistem pendingin ganda pada lemari es Beko, yang bertugas menjaga kesegaran lebih lama dan menghindari bau tercampur antara ruang pendingin dan pembeku. Kebersihan area penyimpanan makanan juga penting diperhatikan. Fitur Ionguard® dapat membantu membunuh kuman dan bakteri kecil yang tidak terlihat agar lemari es tetap bersih dan higienis.

Memberikan kenyamanan lebih, Beko juga menawarkan garansi terpanjang di Indonesia yaitu tiga tahun jaminan garansi servis dan suku cadang serta 12 tahun untuk ProSmart™ Inventer Compressor dan juga ProSmart™ Compressor. “Dengan menghadirkan teknologi dan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, Beko berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat Indonesia memenuhi aspirasinya, untuk menjalani hidup yang lebih nyaman dan lebih sehat, khususnya di bulan Ramadhan,” tutup Ali.

Tentang Beko

Beko adalah merek peralatan rumah tangga internasional di bawah naungan Arçelik dan merupakan mitra utama global tim sepak bola FC Barcelona. Beko menawarkan rangkaian produk peralatan rumah tangga seperti major appliances (seperti mesin cuci, pengering pakaian, lemari es, kompor tanam dsb), pendingin ruangan dan small appliances (seperti blender, espresso machine, mixer, microwave, dsb). Beko merupakan merek peralatan rumah tangga freestanding terdepan di Eropa di sektor white goods dan telah berkembang dengan pesat di pasar Eropa selama 2000-2018. Beko telah hadir di lebih dari 145 negara di seluruh dunia dan kini telah hadir di Indonesia. (*/evi)

- iklan -