JAKARTA, ITN- Masa pandemi saat ini membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.

Meski di rumah saja, semua orang  juga berisiko mengalami terjadinya kecelakaan atau cedera saat beraktivitas di rumah yang tidak diinginkan.

Memiliki kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) yang memadai di rumah dan dilengkapi dengan peralatan perawatan luka yang tepat sangat penting terutama di masa pandemi saat ini.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memahami pentingnya memberikan pertolongan pertama untu menangani luka secara mandiri.

Padahal, membantu seorang korban dengan mempraktikkan pertolongan pertama itu wajib dimiliki keluarga, terutama di masa pandemi ini.

“Pertolongan pertama dan perawatan yang tepat dapat mencegah resiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka,” ujar  Certified Wound Specialist Physician, dr Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS pada acara virtual press confence Hansaplast First Aid Conference 2021, Sabtu (11/9/2021).

Kotak P3k menurut dr Adi disimpan di tempat yang aman yang mudah dijangkau orang dewasa, jangan tempatkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak.

Isi kotak P3K dengan barang-barang seperti, cairan antiseptic, kasa steril, plester dengan berbagai jenis ukuran, kasa gulung, salep luka, gunting steril, dan beberapa sarung tangan. “Bisa juga ditaruh item lain, yakni thermometer digilat,” ungkap dr Adisaputra.

Ia menyarankan sebaiknya memeriksa kondisi masing-masing obat dan alat secara berkala, jika ada obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuan dan diganti dengan yang baru.

“Kejadian yang paling sering terjadi, yaitu jatuh, ada luka lecet, luka sayat, dan semua itu bisa diobati dengan rangkaian first aid kit,” tambahnya.

Sebagai brand yang telah mendampingi keluarga Indonesia dalam merawat luka selama hampir dari 100 tahun, seluruh rangkaian plester Hansaplast kini dilengkapi dengan Bacteria Shield.

“Bacterial Shield telah teruji dapat menghalang kotoran dan bakteri untuk mendapatkan perlindungan optimum dan kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan tanpa resiko komplikasi,” ujar  Brand Manager Hansaplast Alanna Alia Hannantyas pada kesempatan yang sama.

Dalam rangka memperkuat komitmennya pada perlindungan keluarga Indonesia, Hansaplast sebagai salah satu merek pertolongan pertama terkemuka produksi Beiersdorf, mempersembahkan Hansaplast First Aid Conference 2021 sebagai wadah untuk mengedukasi keluarga serta para tenaga kesehatan di Indonesia akan pentingnya mempersiapkan Kotak Pertolongan Pertama kapanpun dan di manapun.

Alanna menambahkan, “Dimulai sejak tahun 2016, Hansaplast First Aid Day kini telah memasuki tahun keenam penyelenggaraan”.

Hansaplast First Aid Day kali ini menurutnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana dengan adanya pandemi yang telah terjadi selama setahun lebih ini membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah, membuat kami berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama untuk menangani luka akibat kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari serta edukasi bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenis nya saat terjadi situasi darurat di rumah.

Pada kesempatan ini, Hansaplast juga memberikan 500 Kotak Perlengkapan Pertama kepada 500 sekolah di Indonesia.  (evi)