- iklan -

JAKARTA, ITN- Gelaran Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 resmi dibuka Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Wastra Nusantara menjadi highlight utama gelaran mode yang mengangkat tema “Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle” yang berlangsung pada 25-29 Oktober 2023 di JCC, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Perry Warjiyo mengatakan, Modest Fashion Indonesia punya potensi besar untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

Ia meyakini modest fashion Indonesia sebagai rujukan dunia dalam beberapa tahun kedepan. Hal ini berdasarkan kualitas para desainer dan UMKM modest fashion sudah sangat mumpuni.

“IN2MF adalah acara modest fashion yang terbesar dan terbaik. Di sini diperlihatkan bagaimana kualitas para desainer dalam membuat karya fashion, sudah level dunia,” ujarnya.

Ia mengatakan, “IN2MF 2023 melibatkan 176 desainer dan terdapat 18 slot fashion show. Dengan begitu banyak show, diharapkan masyarakat semakin sadar kalau wastra Nusantara bisa diolah menjadi pakaian jenis apa pun”.

“Wastra Nusantara menjadi ‘highlight material’ di IN2MF tahun ini. Jadi, di setiap slot fashion show, akan dihadirkan berbagai macam wastra Nusantara mulai dari batik, tenun, hingga songket,” tuturnya.

IN2MF 2023 Resmi Dibuka, Libatkan 176 Desainer dan 18 Slot Fashion ShowSebelumnya, National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma menyampaikan pesan bahwa modest fashion Indonesia harus mampu mengembangkan wastra Nusantara. Sebab, modest dan wastra adalah dua kekuatan yang dimiliki Indonesia. Jika keduanya diperkuat, maka bukan angan-angan jika Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia.

“Dengan dua kekuatan yang dimiliki Indonesia itu, modest fashion kita akan sangat bisa diterima di pasar Internasional, terlebih jika diolah dengan baik,” ungkap Ali Charisma.

IN2MF 2023 diharapkan bisa melahirkan desainer yang dapat membawa modest fashion Indonesia ke level dunia, terutama lewat pengolahan wastra Nusantara.

Usai resmi dibuka, ditammpilkan berbagai koleksi hasil kolaborasi antara beberapa kantor cabang Bank Indonesia di sejumlah daerah dengan beberapa desainer modest fesyen ternama. Koleksi yang ditampilkan merupakan perpaduan modest fesyen moderen dengan wastra berbagai daerah di Indonesia.

Di parade fashion opening ceremony, hadir sejumlah koleksi dari desainer Rifdatul Khoiro, Luvnic by Luffi, Kasuari Batik, Haluan Bali, Puta Dino Kayangan, Dewi Sambi by Uthie Mintiarto, Riki Damanik, Ozzy Batik, dan Hilman Samudera. Setelah parade fashion opening ceremony selesai, Salma Salsabil tampil sebagai bintang tamu.

Hadir menghibur tamu undangan di acara pembukaan IN2MF, penyanyi muda bertalenta jebolan Indonesian Idol yang mengenakan full pattern dress dengan aksen ruffle dibagian bawah membawakan tiga lagu, yakni  ‘Just The Way You Are’, ‘Menghargai Kata Rindu’, dan ‘Rungkad’. Tamu undangan terbawa suasana dan ikut nyanyi bersama bahkan joget di lagu ‘Rungkad’. (evi)

- iklan -