JAKARTA, ITN–Hari Raya Imlek adalah libur panjang pertama di Indonesia tahun 2023 yang sangat dinantikan seluruh masyarakat dan juga wisatawan.

Data Agoda mengungkapkan bahwa Jepang merupakan destinasi yang paling banyak dicari wisatawan di seluruh Asia saat menyambut Tahun Baru Imlek.

Berdasarkan data pencarian platform perjalanan digital global tersebut, Jepang secara keseluruhan menjadi tujuan yang paling banyak dicari, diikuti Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Tahun ini, data Agoda juga menunjukkan bahwa banyak wisatawan memilih untuk mengunjungi negara-negara tetangga atau negara terdekat untuk perayaan tersebut.

Pengecualian terbesar untuk tren ini terjadi pada wisatawan China dan Jepang yang justru mencari matahari di musim dingin (winter sun), menjadikan Thailand sebagai tujuan nomor satu bagi negara-negara ini. Sementara wisatawan Thailand malah memilih Jepang yang beriklim lebih dingin.

“Senang menyaksikan kembalinya kepercayaan untuk melakukan perjalanan internasional terutama di pasar yang baru dibuka seperti Jepang, Korea, dan Taiwan. Kami memperkirakan akan ada lonjakan perjalanan dari China (mainland China), serta Thailand, Makau, Taiwan, Hong Kong, dan Jepang yang kembali berada di wish lists untuk Tahun Baru Imlek ini. Namun, mungkin terlalu cepat jika mengharapkan kondisinya untuk kembali persis seperti dulu, mengingat adanya masalah kapasitas dan harga penerbangan,” ujar Omri Morgenshtern, Chief Executive Officer, Agoda dalam keterangan tertulisanya, Kamis (19/1/2023).

Data pencarian Agoda juga mengungkapkan pilihan teratas dalam tiga pasar paling populer berdasarkan volume, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand.

Kota-kota kosmopolitan adalah daya tarik utama di Jepang, dengan Tokyo, Osaka, dan Fukuoka menjadi tiga tujuan yang paling banyak dicari.

Sedangkan data pencarian Agoda menunjukkan Kuala Lumpur di posisi teratas untuk destinasi Malaysia, diikuti Malaka dan Penang yang masing-masing menduduki posisi kedua dan ketiga.

Kota-kota tersebut mencerminkan warisan budaya yang menarik dan suasana kota yang ramai. Untuk Thailand, Bangkok menempati posisi pertama, diikuti kota pesta pesisir Pattaya dan Chiang Mai yang kaya akan budaya.