JAKARTA, ITN– Menyambut Hari Pahlawan 10 November tahun ini, McDonald’s Indonesia ingin berperan aktif mengajak generasi muda mengenal para Pahlawan secara lebih dekat dengan cara yang menyenangkan.

Mulai 10 November 2021, McDonald’s Indonesia meluncurkan inisiatif berupa seri figure 3D edisi pahlawan #McDMainanBangunBangsa dalam paket Family Weekend yang bertema pahlawan nasional Indonesia.

Selain itu, McDonald’s Indonesia juga memberikan apresiasi kepada para guru, sebagai sosok pahlawan dalam dunia pendidikan dan juga sebagai figur yang dapat memperkenalkan tokoh pahlawan nasional kepada anak-anak dan generasi muda. Apresiasi ini dilakukan McDonald’s dengan mengadakan storytelling workshop dan McClassroom untuk para guru.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang peduli tentang pentingnya sejarah, kami ingin mengambil peran aktif dalam membantu mengenalkan para pahlawan Indonesia yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak yang dapat dilakukan bersama keluarga,” ujar Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, Caroline Kurniadjaja pada acara virtual press conference bertema ‘Rayakan Semangat Hari Pahlawan bersama McDonald’s Indonesia’, Rabu (10/11/21).

Figure 3D

Lebih lanjut Caroline, mengatakan. “Kami meyakini bahwa dengan menghargai jasa para pahlawan, kita akan menjadi bangsa yang besar”.

Di acara virtual ini McDonald’s Indonesia menghadirkan cucu pahlawan Jederal Soedirman, yakni Ganang Priyambodo Soedirman yang menceritakan sikap bijak dan rendah hari kakeknya.

Menurutnya yang paling diingat tentang sang kakek, yakni saat kakeknya Kembali ke Yogyakarta pada 10 Juli 1949, ia disanjung sebagai seorang pahlawan oleh rakyat disana, tetapi beliau sang kakek mengatakan bahwa bukan beliau pahlawannya tetapi seluruh rakyat. Karena rakyatlah yang telah memberikan semangat bagi Jenderal Soedirman dan pasukannya dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Lebih lanjut Ganang mengatakan, “Saya berharap di masa kini, seluruh rakyat termasuk generasi muda terus melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga kedaulatan bangsa dan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang unggul tanpa melupakan sejarah”.

“Jadi menurut beliau, pahlawannya adalah rakyat, kita semua yang kemudian meneruskan perjuangan beliau untuk kedepannya, itu yang selalu saya ingat,” tutup Ganang.

Pada kesempatan tersebut McDonald’s Indonesia meluncurkan paket Family Weekend edisi Pahlawan #McDMainanBangunBangsa berupa figur 3D kertas berbentuk 6 pahlawan nasional, yaitu, Bung Tomo, Jenderal Soedirman, Frans Kaisiepo, HR Rasuna Said, Dewi Sartika dan HOS Tjokroaminoto. Selain figure 3D kertas tokoh pahlawan, terdapat juga kartu pengenalan tokoh pahlawan yang dilengkapi dengan QR code untuk mendapatkan akses mendengarkan kisah kepahlawanan masing-masing tokoh pahlawan nasional.

Paket Family Weekend edisi Pahlawan ini akan hadir dalam beberapa seri dan tahap. Seri 1 mulai 10 November 2021 akan memunculkan Dewi Sartika dan Jenderal Soedirman. Selanjutnya, seri 2, mulai 24 November 2021 adalah Frans Kaisiepo dan HOS Tjokroaminoto. Terakhir, seri 3 mulai 8 Desember 2021 adalah Bung Tomo dan HR Rasuna Said.

Selain itu, terdapat pula digital activity berupa kompetisi bercerita tokoh pahlawan nasional yang menjadi inspirasi melalui hashtag #PahlawankuInspirasiku, informasi lebih lengkap dapat dilihat di media sosial McDonald’s Indonesia.

Masih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Nasional, McDonald’s memberikan dukungan pada acara peringatan Hari Pahlawan yang diadakan oleh pemerintah. Dukungan tersebut diberikan pada acara Kerja Bakti Membersihkan Taman Makam Pahlawan Kalibata pada tanggal 31 Oktober 2021 dengan menyediakan 350 paket makanan untuk para peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Di samping itu, McDonald’s juga memberikan dukungan pada acara Penguatan Nilai Kepahlawanan yang akan dihadiri oleh perwakilan siswa SMP dan SMA dari 34 provinsi dan beberapa perwakilan keluarga pahlawan nasional.

Pada acara ini McDonald’s menyediakan paket makanan dan kantong Family Weekend edisi Pahlawan serta satu set komplit edisi khusus Pahlawan Nasional Indonesia yang terdiri dari enam tokoh Pahlawan Nasional.

Selain itu, dalam rangka Hari Guru Nasional 25 November 2021, McDonald’s Indonesia juga akan mengadakan serangkaian kegiatan bagi para guru Indonesia yang merupakan salah satu garda pertama dalam pengenalan pahlawan kepada anak-anak.

Melanjutkan kesuksesan di tahun sebelumnya, McDonald’s Indonesia akan menghadirkan kembali inisiatif McClassroom, yakni sebuah fasilitas pengajaran yang dipersembahkan khusus untuk para guru di Indonesia dengan memanfaatkan 150 Party Room restoran McDonald’s menjadi ruang kelas pada 22-23 November 2021.

Sebanyak 300 guru yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengajar secara daring di ruang privat yang nyaman dan kondusif selama 3 jam, akses free Wi-Fi, produk McDonald’s, souvenir menarik dan juga e-certificate dari McDonald’s Indonesia.

“Sebagai restoran keluarga yang memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan anak-anak Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih atas jasa para guru dalam mendidik dan membangun generasi penerus,” ujar Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia.

Mengingat peran penting para guru dalam mengajarkan kisah para pahlawan kepada generasi muda, dalam inisiatif McClassroom kali ini, 300 guru terpilih juga akan mendapat kesempatan untuk mengikuti virtual workshop yang akan dibawakan oleh ahli penutur cerita Paman Gery yang akan mengajarkan cara bercerita tentang kepahlawanan melalui metode penuturan cerita (story telling).

Selain itu, para guru yang terpilih juga berkesempatan mengikuti kompetisi video pembelajaran berhadiah puluhan juta rupiah. Pendaftaran untuk mengikuti McClassroom dilakukan pada 10-13 November 2020 dengan memenuhi persyaratan di antaranya terdaftar sebagai guru di sekolah tingkat TK, SD/Sederajat, atau SMA/Sederajat. Para guru juga diminta menulis motivasi mereka mengikuti program McClassroom.

“Kami tentunya berharap, melalui kegiatan ini kami dapat memberikan kontribusi dalam mengenalkan pahlawan nasional Indonesia kepada generasi muda dan memberi penghargaan kepada para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa,” tutup Sutji.