SUMENEP, ITN– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baprekraf) menjalin kerja sama dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura dalam upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul, berkualitas, dan berdaya saing, sehingga bukan hanya menjadi SDM yang siap terjun ke dunia kerja, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja selus-luasnya.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat, dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Kemenparekraf-UNIBA Madura Kerja Sama Cetak SDM Parekraf Unggul dan Berdaya Saing“Hari ini kita menandatangani MoU antara UNIBA Madura dengan Kemenparekraf, dalam rangka pengembangan SDM pariwisata. Seperti kita ketahui Sumenep dan Kepulauan Madura memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu persiapkan SDM-nya,” kata Menparekraf, di UNIBA Madura, Sumenep, Selasa (24/5/2022).

 

Ruang lingkup kerja sama Kemenparekraf dan UNIBA Madura mencakup pertukaran data atau informasi; pembinaan, konsultasi dalam pelaksanaan penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif; peningkatan kapasitas SDM; koordinasi dalam penyusunan kebijakan teknis di bidang parekraf; dan kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing-masing pihak.

Menparekraf berharap langkah baik ini akan menjadi awal kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Sumenep dan juga Pulau Madura secara keseluruhan.

Terpilihnya UNIBA Madura sebagai mitra strategis Kemenparekraf dalam pengembangan SDM parekraf, lantaran memiliki etos kerja yang serupa dengan Kemenparekraf.

Pertama ‘gercep’ gerak cepat, dikatakan Menparekraf pihak UNIBA Madura yang lebih dahulu mengajukan penawaran kerja sama.

Kedua, ‘geber’ gerak bersama dalam mengembangkan potensi wisata bahari, wisata kebugaran, dan wisata budaya yang ada di Madura.

Ketiga ‘gaspol’ garap semua potensi, termasuk potensi untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

“Ini yang menjadikan UNIBA Madura terpilih untuk menggalangkan kerja sama. Mudah-mudahan Sumenep akan menjadi tujuan wisata unggulan,” ujarnya.

Tips Menparekraf Jadi Pengusaha Sukses.

Setelah menyaksikan penandatanganan MoU, Menparekraf Sandiaga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNIBA Madura. Menparekraf menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki niat yang kuat untuk menjadi enterpreneur atau pengusaha. “Karena jika tidak memiliki niat yang kuat maka mustahil usaha dapat berjalan secara optimal dan sesuai rencana, hari ini kita berniat bahwa ingin menjadi orang sukses,” kata Menparekraf.

Kedua proactive, terus bergerak, tidak tinggal diam, tidak malas gerak, dan selalu berani mengambil langkah walaupun terjatuh berkali-kali. “Selanjutnya, perkuat silaturahmi, karena dengan ini kita bisa belajar dari kesuksesan orang lain, ambil yang baiknya,” kata Menparekraf.

Kemenparekraf-UNIBA Madura Kerja Sama Cetak SDM Parekraf Unggul dan Berdaya SaingTerakhir take a risk atau berani mengambil risiko. Karena kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan. “Jangan kita bimbang, jangan kita ragu, ambil risiko, karena mau sukses harus merasakan kegagalan,” ujar Menparekraf.

Menparekraf juga berpesan jangan takut untuk menjadi pengusaha, kalau kita menerapkan kerja 4AS yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas. “Karena saya beranggapan bahwa kerja itu adalah ibadah. Jadi jika ingin sukses harus siap menghadapi kegagalan,” katanya.

Turut hadir Wakil Ketua Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary, Indra Hernandi; Sekretaris Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary, Agus Suryawan; Bendahara Yayasan Kudsiyah Bahaudin Mudhary, As’adi Khas; Wakil Rektor UNIBA Madura, Budyi Suswanto; Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNIBA Madura, Sabarudin Akhmad; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIBA Madura, Raden Khaeru Ahmadi; beserta seluruh dosen dan mahasiswa/i UNIBA Madura.