- iklan -

JAKARTA, ITN- SEBANYAK 500 oyek wisata yang diikuti lebih dari 70 peserta yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten dari seluruh Indonesia, biro perjalanan, hotel, resort, taman wisata, serta industri penunjang pariwisata meramaikan pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2018.

Banyak Obyek Wisata Menarik di Pameran GWBN
Direktur PT Wahyu Promo Citra, Syukur Sakka dalam sambutannya pada pembukaan pameran GWBN 2018.

GWBN merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang menampilkan obyek wisata daerah seperti nature, culture dan wisata buatan sebagaimana yang telah menjadi program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam menarik kunjungan wisatawan.

Pameran yang dibuka dan digelar PT Wahyu Promo Citra  pada Jumat (10/5/18) dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2018 ini berlangsung di Hall B, Jakarta Convention Center.

“Saya memberikan apresiasi pada penyelenggaraan GWBN yang telah memasuki tahun ke-16. Pameran ini dapat  mempertemukan kepala dinas pariwisata pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten dari seluruh Indonesia dan pelaku bisnis pariwisata,” ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asdep Pemasaran I Regional II Sumarni ketika membuka pameran GWBN 2018 di di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jumat siang (11/5).

Banyak Obyek Wisata Menarik di Pameran GWBN
Asdep Pemasaran I Regional II Kemenpar, Sumarni membuka GWBN 2018.

Sumarni menjelaskan, pemerintah tahun ini menargetkan 17  juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air. Untuk mendukung target tersebut Kemenpar telah menetapkan tiga strategi yakni; Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dengan program hot deals, Calender of Even (CoE) Wonderful Indonesia, dan digital destination.

“GWBN dimulai tahun 2003 dan dalam perjalanannya hingga kini mengalami pasang-surut. GWBN 2018 diselenggarakan atas dukungan Kemenpar dengan tujuan untuk mensukseskan target 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus,” tambah Direktur PT Wahyu Promo Citra, Syukur Sakka.

Banyak Obyek Wisata Menarik di Pameran GWBN
Kepala Bagian Biro Hukum Komunikasi Publik Kemenpar, Khadijah diapit Sitong dan Sinok Tegal saat berkunjung ke stan Tegal. (foto. evi)

Penyelenggaraan GWBN 2018 dimeriahkan dengan pameran 50 foto sebagai pemenang satu, dua, dan tiga serta nominasi dalam ajang lomba fotografi Kemilau Indonesia Photo Contest yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pariwisata.

Dari pantauan Indonesiatripnews.com para pelaku pariwisata tampak terlihat menawarkan paket liburan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti pada stan Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Kabupaten Pekalongan menawarkan sejumlah event pariwisata diantaranya pada Juli 2018 Festival Rogojembangan, Pekan Raya Kajen di alun-alun Kajen (Agustus 2018), Petung International Trail Run 2018, dsb.

Lanjut pada stan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tegal yang menawarkan sejumlah wisata kuliner dan kalender event Kota Tegal, diantaranya Perayaan Pek Cun bertempat di Pantai Alam Indah Kota Tegal (18 Juni 2018), Sinok Sitong (Agustus 2018), dan Ruwatan Pantai Alam Indah Kota Tegal (September 2018).

“Ruwatan Pantai Alam Indah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh warga sekitar pantai sebagai ungkapan rasa syukuran, dan juga untuk tolak bala agar pengunjung pantai aman sentosa,” ujar Sinok (putri) Tegal.

Tak hanya itu Tegal juga menawarkan potensi desa wisatanya yang eksotik, yakni Dukuh Kajongan Muarareja yang terletak di wilayah Kecamatan Tegal Barat. Desan ini terdapat Pantai Muarareja, Wisata Tambak, Wisata Hutang Mangrove, dan hasil olahan ikan.

Di stan ini tampak terlihat guci (teko) cantik khas Tegal sebagai wadah untuk minum teh. Indonesiatripnews.com bersama Kepala Bagian Biro Hukum Komunikasi Publik Kemenpar, Khadijah yang saat itu berkunjung ke stan tersebut mendapatkan beberapa makanan khas Kota Tegal serta Teh Poci khas Tegal yang segar dan wangi.

Banyak Obyek Wisata Menarik di Pameran GWBN
Pengunjung pamerang GWBN 2018 mendapat suguhan teh Poci asli khas Kota Tegal. (foto evi)

“Main-main ke Tegal, banyak kulineran yang enak. Ada Sate Kambing, Sauto Tauco, Nasi Lengko, dan tentunya Tahu Aci. Tahu Aci terbuat dari tahu kuning yang berbentuk persegi empat yang kemudian dibelah dua secara melintang. Masing-masing tahunya diberi adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci,” ujar Sitong (putra) Tegal menambahkan.

Selain Pekalongan dan Tegal masih banyak stan lainnya yang menawarkan petensi wisata daerah di seluruh Indonesia yang indah, seperti Banyumas (Jawa Tengah) yang menawarkan wisata Kebun Raya Baturraden, Pangkalpinang, Sulawesi Tengah dengan Togean Islandnya, Yogyakarta dengan wisata Sleman, dan masih banyak lainnya.

Buat yang bersiap-siap mencari liburan Lebaran atau liburan sekolah pameran ini dapat menjadi pilihan. (evi)

- iklan -