BANGKA, ITN-  Bangka memiliki kuliner khas yang menarik dan menggoda, belum lama ini Indonesiatripnews.com berkesempatan mengunjungi Pulau Bangka dan mencicipi beberapa menu kuliner yang direkomendasikan Chef Mellianty  dari Novilla Boutique Resort, tempat Indonesiatripnews.com bermalam.

Setiap kuliner yang disajikan chef yang biasa disapa Chef Melli ini mempunyai cita rasa sendiri, bahkan ada rasa “nagih” ketika habis mencoba salah satu kuliner yang disajikan di Han’s Restaurant, Novilla Boutique Resort, Sungailiat milik MasterChef Indonesia Season 2, Desi Trisnawati ini.

Mie Koba

Menu pertama yang menjadi pilihan Indonesiatripnews.com, yakni Mie Koba. Mie Koba merupakan salah satu makanan khas Bangka. Mie ini disajikan dengan kuah kaldu, ada harum kuah kaldu ikan yang segar. Tepat di atas mie terdapat beberapa potong daun seledri dan bawang goreng. Orang Bangka biasanya menyantap Mie Koba ini dengan perasan jeruk kunci. https://indonesiatripnews.com/perjalanan-wisata/kuliner-bangka-mulai-dari-tung-tau-mie-koba-dan-otak-otak-ase/

Di bagian bawah Mie Koba terdapat tauge, yang membuat tekstur garing saat menyantap mie. Berbeda dengan Mie Bangka pada umumnya, Mie Koba ini punya tekstur yang lebih halus. Kuah mie yang dibuat dari daging ikan tenggiri juga tidak encer melainkan cukup kental, sehingga rasa gurih dari kaldu ikan begitu terasa. Mie Koba sejatinya khas dari Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Lakso

Masih dalam bentuk Mie, Lakso menjadi pilihan makanan yang menyegarkan. Awal mengira makanan ini Kue Putu Mayang (makanan khas Betawi) yang disajikan dengan campuran santan kelapa serta gula jawa cair, namun Lakso yang terbuat dari tepung beras dan sagu ini dihidangkan dengan kuah santan dari campuran daging ikan tenggiri yang direbus dan dihaluskan. Sebagai pelengkap bisa ditambah sambal terasi dan taburan bawang goreng.

“Kuah santan Lakso terdiri dari bumbu yang dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan kemiri. Lalu diberi serai, garam dan gula pasir,” ujar Chef Melli.

Pantiaw

Hampir mirip dengan Lakso, Pantiaw juga menjadi pilihan makanan khas Bangka yang menyegarkan. Pantiaw adalah sejenis Kwetiaw ala Bangka Belitung. Mie gepeng ini terbuat dari tepung beras dan sagu, tapi ada juga yang terbuat dari tepung gandum. Tekstur dan rasa Pantiaw ini hampir sama dengan Kwetiaw hanya sedikit lebih lembut. Namun yang membedakannya adalah cara penyajiannya, dimana Pantiaw selalu menggunakan ikan sebagai topping-nya dan dimakan dengan kuah ikan, sementara Kwetiaw bisa menggunakan daging ayam atau seafood.

Pantiaw yang disajikan Han’s Restaurant tidak hanya diberi toping daging ikan, tapi juga diberi toping touge dan daun bawang sledri, serta perasan jeruk kunci.

Empek-empek rebus

Menu terakhir yang dicoba Indonesiatripnews.com, yakni Empek-empek, belum ke Bangka rasanya kalau tak makan empek-empek. Namun empek-empek rebus  yang terbuat dari sagu dan campuran ikan tenggiri yang disajikan Chef Melli ini rasanya benar-benar segar dan bikin “nagih”.

Empek-empek rebus ini disajikan dengan kuah bersantan, dan diberi taburan daun bawang serta perasan jeruk kunci. (evi)