JAKARTA, ITN-  Pemerintah telah menetapkan tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional. Sebagai negara maritim tentu saja Indonesia memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Tidak heran banyak bermunculan restoran yang menyajikan hidangan laut yang tersebar di penjuru Nusantara.

Namun terkadang ada sebagian orang kadangkala tidak cocok makan ikan laut, karena alergi, dan lain sebagainya sehingga lebih memilih ikan air tawar.

Area round table dan playground.

Salah satu resto yang menawarkan sensasi segar ikan air tawar, yaitu Resto D GOOD FISH yang baru buka di masa awal pandemi Covid-19 dan berlokasi di Jalan H Ipin No 15 A Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

“D GOOD FISH, restoran ikan air tawar dimana kita itu awalnya berdiri di tahun pandemi Covid-19 awal 2019. Konsepnya itu sebenarnya ikan frozen jadi frozen air tawar, ikan gurame, ikan mas, ikan nila, dan ikan lele. Tapi karena banyak yang meminta dari masyarakat setempat untuk buka restoran jadi kita buka dengan konsep saung dan lesehan,” ujar owner Resto D GOOD FISH, Nelvi.

Area budidaya ternak ikan air tawar di D Good Fish.

Setiap harinya, resto yang mulai buka pukul 09.00 – 22.00 WIB ini selalu ramai didatangi pengunjung. Aroma wangi ikan yang sedang dimasak dari dapur resto yang terbuka membuat tak sabar untuk menyantapnya.

Saat memasuki resto, Nelvi menjelaskan kepada indonesiatripnews.com, “Disini adalah konsep round table, dilengkapi dengan playground untuk anak-anak, serta ada karaoke”. Tidak jauh dari area tersebut terdapat Coffee Resto.

Suasana open kitchen Resto D Good Fish yang menyajikan ikan air tawar yang fresh.

Selain menyediakan ikan air tawar resto D GOOD FISH juga membudidayakan ikan lohan “Biasanya ikan ini dibeli untuk kontes. Ini adalah kolam-kolam ikan air tawar kami, disini ikan-ikannya siap di konsumsi,” ungkap Nelvi saat memasuki area budibaya ikan air tawar.

Nelvi juga memperlihatkan produk frozennya. “Produk utama kita sebenarnya frozen, di tahun 2019 aku jualnya frozen. Ikan frozen ini semuanya bisa di goreng atau di bakar. Kami juga menerima pengunjung yang ingin menjadi reseller, tidak ada batas minimalnya beli satu pun bisa jadi reseller,” jelas Nelvi.

Menu utama, Ikan Gurame Pecak.

Dari kolam terpal yang berisi ikan gurame, nila, dan mujaer, ikan-ikan yang sudah siap konsumsi dipindahkan ke kolam depan yang letaknya tidak jauh dari dapur D GOOD FISH.

Dengan menu utama ikan air tawar, ikan-ikan ini dapat diolah bakar, goreng, pecak, asam manis, fillet chrispy, dan penyet dengan sambal ulek goreng, sambal kecap serta lalapan. Jenis ikan yang ditawarkan mulai dari gurame, nila, mujair, bawal, lele, ikan mas, dan patin.

Sebagai menu pelengkap menemani ikan, resto yang membuka harga menu ikan mulai dari Rp20.000 – Rp180.000 ini  menawarkan sayur asem, cah kangkung, karedok, toge kacang panjang, serta camilan tahu goreng isi sayuran yang crunchy, pisang bakar, singkong goreng, dan masih banyak lainnya.

Menu Sate Ikan Patin yang digemari, terutama untuk anak-anak.

“Selain Gurame Bakar yang paling diminati, menu Sate Ikan Patin juga menjadi pilihan pengunjung. Sate Ikan Patin saya hadirkan disini, karena sekaligus untuk mengedukasi agar anak-anak gemar makan ikan, tidak harus melulu makan Sate Ayam atau Sate Daging, tapi Sate Ikan Patin juga sama lezatnya, dan Alhamdulillah menjadi menu pilihan yang paling disukai pengunjung,” ujarnya.

D GOOD FISH juga menawarkan menu nasi box Rp35.000 per pax dengan pilihan ikan nila, bawal, mujaer, dan mas di bakar atau goreng. Untuk paket nasi box pilihan ikan bisa diganti dengan ayam.

Lebih lanjut wanita asal Sumatera Barat ini  mengatakan, “Kami memiliki empat area makan yang dapat menampung hingga 200 orang, Selain area Round Table, ada Saung Romantic yang merupakan saung pertama kami di tahun 2019 serta Saung Betawi, Saung Teras, dan Saung Garden yang bisa menampung 10 hingga 20 orang”.

Menurutnya D’Good Fish yang memiliki konsep open kitchen ini juga pernah menjadi tempat untuk resepsi pernikahan dengan kapasitas 1.000 orang (per sesi), selain tentunya untuk acara keluarga, kumpul komunitas, gathering, ulang tahun, dan sebagainya.

Suami istri owner D Good Fish, Nelvi dan Jai yang menawarkan kesegaran ikan air tawar. (foto. evi)

Memasuki tahun 2022, Nelvi berharap D GOOD FISH menjadi tempat favorit masyarakat khususnya yang tinggal di Jakarta Selatan untuk mengadakan acara keluarga, arisan, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu Nelvi berharap ke depannya bisa menjadikan tempat ini sebagai sarana edukasi dengan menjadikan lahan kosong yang berada di dekat resto. “Sarana edukasi seperti memberi makan kelinci, ada domba kecil, dan kegiatan memancing untuk keluarga,” ungkapnya.

“Saya juga berharap D GOOD FISH juga dapat membuka cabang di seluruh Jakarta agar warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh makan ikan air tawar di Kota Bogor atau di Puncak Bogor,” tutup Nelvi.

Buat yang belum cobain, yuk merapat ke D GOOD FISH, makan ikan air tawar di saung yang nyaman suasananya, ataupun take away, pesan antar, via GoFood dan GrabFood dengan harga terjangkau. (evi)