JAKARTA, ITN- RABU (4/4/18) Dream Cruises menempatkan Genting Dream bersandar untuk pertama kalinya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal pesiar terbesar dan termewah di Asia yang membawa sekitar 4.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari 11 negara sebelumnya berangkat dari Singapura pada 1 April 2018 menuju Bali Utara- Surabaya.

Menikmati menu dessert di salah satu restoran Dream Cruises.

Para wisman yang turun hanya beberapa jam saja di Jakarta tersebut ingin melakukan aktivitas wisata belanja dan kuliner. Malamnya kapal pesiar ini kembali ke Singapura, yang dikemas dalam paket lima malam pelayaran.

IndonesiaTripNews.com bersama 19 media lainnya mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat kapal yang memulai pelayarannya pada November 2016. Bersama beberapa tamu undangan lainnya perjalanan dimulai dengan masuk ke sebuah restoran yang terbesar di kapal tersebut.

Fruit Tartlets dengan wadah cantik di salah satu restoran kapal pesiar Dream Cruises.

Segelas minuman welcome drink yang ditawarkan petugas restoran membuat rasanya tak sabar untuk segera menikmati setiap menu makanan yang tersedia mulai dari Crispy Fish Skin with Mango Soya Dressing, Spicy Chicken Boxing, Prawn with Salted Egg, Chicken Satay, Beef Saikoru Skewer, Fruit Salad dan beberapa menu dessert seperti Assorted Macroons, Marble Cheese Brownies, Green Tea Brulee, California Roll,  Emmenthal Cheese Skewer and Basil Pesto, Egg Custard Mousse Tart, Fruit Tartlets dan Mini ice cream-Oreo Chocholate. Semua menu dessert tampak menggugah selera karena ditempatkan disebuah wadah cantik.

Setelah menikmati hidangan, ruangan Teater Zodiac yang memiliki kapasitas 999 penonton menjadi tempat untuk merayakan kedatangan perdana Genting Dream di Jakarta. Beberapa pertunjukan tarian disuguhkan dalam acara tersebut.

Michael Goh (kanan) dan Indroyono Soesilo pada acara Celebrate the Arrival of Genting Dream di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Kami sangat antusias untuk memperluas persinggahan di Indonesia dan menampilkan Genting Dream di Jakarta, selain di Surabaya dan Bali Utara,” ujar Senior Vice President-International Sales, Genting Cruise Lines, Michael Goh.

Menurutnya selain membawa 4.000 wisman, Genting Dream juga membawa 2.000 kru kapal. Perusahaan kapal pesiar Dream Cruises yang bermarkas di Hong Kong mengoperasikan dua kapal pesiar terbesar di Asia Pasifik, yakni Genting Dream dan World Dream. World Dream melayani Naha-Miyakojima (Jepang), dan Da Nang (Vietnam) dalam paket lima malam pelayaran.

Pertunjukan hiburan di Teater Zodiac Dream Cruises.

Sementara pada kesempatan yang sama Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata, Indroyono Soesilo menjelaskan, “Wisman kapal pesiar yang turun hanya beberapa jam saja di  Jakarta ini membawa dampak ekonomi langsung terhadap masyarakat yang disinggahi”.

Potensi pengunjung atau wisatawan dari kapal pesiar itu menurutnya ada sekitar 3 juta penumpang yang bepergian di region dan kepulauan Indonesia, namun baru ada sekitar 10% yang mengunjungi Indonesia.

Asharly Yang menjelaskan fasilitas Dream Cruises.

Data Kemenpar dari laporan kunjungan kapal pesiar pada 2017 tercatat sebanyak 200.000 wisman kapal pesiar, dan tahun 2018 diperkirakan ada 320.000 wisman, sedangkan target hingga akhir 2019 sebanyak 500.000 wisman kapal pesiar.

“Dengan mulai dioperasikan pelabuhan kapal pesiar Benoa Bali pada September 2018 mendatang, target 500 ribu wisman cruises akan terlampaui,” ungkap Indroyono.

Selesai acara di Zodiac Teater, perjalanan dilanjutkan dengan melakukan visit ke beberapa fasilitas yang ada di dalam kapal pesiar tersebut dengan ditemani tour guide bernama Asharly Yang.

Fasilitas kolam renang Dream Cruises.

Asharly menceritakan kapal sepanjang 335 meter ini menawarkan private balcony dengan pemandangan lautan lepas. Di Dream Palace disediakan butler service standar Eropa dan special guest privilage.

Menurutnya kapal dengan 35 restoran dan bar ini menawarkan hidangan Asia dan internasional. Untuk penumpang anak-anak ada beberapa klub dan waterslide park.

Crystal Life Fitness Dream Cruises.

Menjadi resor mewah terapung, Genting Dream Cruise menurut Asharly memiliki sekitar 1.600 kamar dengan 70% kamar memiliki balkon pribadi dan lebih dari 100 kamar yang terhubung untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau kelompok besar. Sementara kamar suite mewah di The Palace dilengkapi dengan pelayanan dari pelayan bergaya Eropa dan akses untuk ke semua fasilitas yang disediakan di atas kapal.

Fasilitas kamar Dream Cruises

“Selain pusat perbelanjaan seluas 1.100 m2, kapal dengan 18 dek ini juga memiliki fasilitas kesehatan dan kebugaran, yaitu Crystal Life Spa yang menampilkan spa refleksologi Asia terbesar di atas laut,” ujar Asharly.

Fasilitas kamar Dream Cruises lainnya.

Sambil mengatakan, Let’s gofasterfaster Asharly mengatakan, “Ini tempat rekreasi dan hiburan, ada enam seluncuran air, panjat tebing, dan zip line sepanjang 35 meter yang berayun di atas laut terbuka”.

Kapal ini juga menyediakan lapangan golf mini, arena bowlingglow in the dark’, ada juga fasilitas karaoke canggih, klub malam Zouk, Zouk Beach Club, atau Zouk Out At Sea, dan kembang api di atas laut serta pertunjukan laser.

Lalu, berapa harga yang dipatok? Untuk menikmati layanan Genting, tiket dibanderol sekitar Rp5juta per orang untuk paket 3 hari 2 malam dan Rp11 juta untuk paket 6 hari 5 malam.

Tim media foto bersama Asharly Yang selesai visit Dream Cruises.

Dengan pelabuhan asal Genting Dream yang berlokasi di Singapura, Dream Cruises menawarkan berbagai rencana perjalanan dengan destinasi yang menarik untuk paket pelayaran 6 hari 5malam, yaitu paket pelayaran ke Pulau Redang-Ko Samui-Bangkok, paket pelayaran di Pulau Redang-Sihaoukville-Bangkok, paket pelayaran ke Surabaya-Bali Utara, dan juga paket pelayaran 4 hari 3 malam ke Phuket dan 3 hari 2 malam ke Kuala Lumpur.

Genting Dream juga masih terus menawarkan paket pelayaran 3 hari 2 malam di akhir pekan sepanjang tahun dari Singapura. Untuk informasi lebih lanjut Dream Cruises dapat mengunjungi dreamcruiseline.com, Facebook, Weibo atau Weixin. (Yeffi Rahmawati)