JAKARTA, ITN– MENGEMBANGKAN kreativitas anak berguna untuk mengembangkan kecerdasan dan kemampuannya mengekspresikan diri. Melihat itu Indoworld, penyelenggara dibawah naungan Surya Group akan menyelenggarakan ajang kompetisi Indonesia Sports Art Culture and Culinary (ISACC) Festival 2019.

ISACC yang akan digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Sumantri Brodjonegoro, JL HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada tanggal 8-10 Februari 2019 ini merupakan event untuk menciptakan persatuan dalam ragam acara dimana ada kegiatan berupa kompetisi olahraga, seni, budaya, dan kuliner.

“Event positif ini diharapkan dapat membina dan melatih generasi muda untuk dapat terus berprestasi pada bidangnya serta dapat menciptakan masyarakat yang kreatif (positif),” ujar Ketua Umum ISACC, Jane Suryatin Effendi pada jumpa pers ISACC di Go Work, Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/2/19).

Selain itu menurutnya juga mengenalkan dan mempetahankan seni juga budaya Nusantara kepada generasi muda agar terus melestarikan budaya bangsa.

Ketua Umum ISACC, Jane Suryatin Effendi saat menjelaskan kegiatan ISACC pada jumpa pers ISACC di Go Work, Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/2/19).

“Indoworld artinya Indonesia mendunia, oleh karena itu Indonesia harus kita banggakan. Kegiatan ini juga bermaksud untuk lebih menciptakan rasa Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Jane lebih lanjut.

Menurutnya event  ini juga bisa disebut sebagai pembekalan terhadap generasi muda dalam memahami akan nilai-nilai budaya tanah air. Kesadaran akan nilai-nilai luhur tanah air inilah yang kelak akan membawa anak-anak muda mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Jane mengatakan, “Kesehatan adalah faktor utama dari semua kesuksesan yang ada. Olahragawan yang berprestasi, pelaku budaya yang hebat, dan bahkan makanan-makanan tradisional yang mendunia diawali dari kesehatan. Tanpa unsur kesehatan di dalamnya, tidak akan terwujud semua pencapaian itu”.

Sementara pada kesempatan yang sama sebelum jumpa pers, Ketua Umum Komnas Anak, Aris Merdeka Sirait mengatakan, “Kami mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari memutus mata rantai kejahatan-kejahatan pada anak lewat kegiatan-kegiatan yang sifatnya memberi akses seluas-luasnya kepada anak-anak untuk berolahraga, mencintai budaya, dan kuliner”.

Menurutnya di dalam olahraga itu menunjukkan bagaimana anak-anak juga sebagai solusi dalam pendekatan sport.

Ketua Umum Komnas Anak, Aries Merdeka Sirait foto bersama panitia pendukug acara.

Pada event tersebut, selain menghadirkan acara talkshow, juga akan dimeriahkan dengan berbagai kompetisi, seperti Mini Soccer untuk U11, yang merupakan ajang yang menyasar untuk pencarian bakat anak-anak yang memiliki passion di bidang sepekbola.

Lalu ada Body Contest dengan berbagai kategori, Modelling Competition dengan membawa nuansa Nusantara, Rekor menggambar dengan 500 anak menggunakan berbagai media, dan Launching Komnas TV anak.

Dalam menggambar anak-anak nantinya akan diberi kebebasan dalam memilih media yang mereka suka, dengan pilihan media yang disediakan antara lain capryl, nampan, laying-layang, paying, dan kaos. Dan terakhir pada kegiatan ISACC 2019 akan diluncurkan Komnas TV Anak. (evi)_