JAKARTA, ITN– Musik merupakan hal yang sudah menjadi bagian dari hidup manusia sebagai hiburan di setiap saat, terutama di saat pandemi seperti ini, yang membuat gerak gerik setiap orang terbatas dan harus berdiam diri di rumah demi keselamatan bersama.

Musik menjadi salah satu hiburan yang bisa membuat tenang, senang, dan semangat kembali. Tak heran jika banyak konten musik yang terus bermunculan di media sosial dan semakin banyak content creator musik yang sangat kreatif dan menghasilkan karya.

Orang berlomba-lomba untuk menunjukkan bakat bermusik mulai dari bernyanyi hingga memainkan alat musik di media sosial. Dengan media sosial seperti platform video pendek terkemuka asal Singapura, Likee, banyak dari mereka yang membuat video pendek dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, untuk mendapatkan penggemar.

Platform seperti Likee ini bisa membantu para content creator musik bersinar dan dikenal banyak orang. Nah, berikut tips yang bisa kamu coba untuk menjadi content creator yang bisa menarik perhatian banyak orang.

  1. Up-to-date dengan Tren Musik Terkini

Hal terpenting untuk menjadi content creator musik yang digemari adalah untuk terus update dengan tren musik terkini yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Peka terhadap jenis musik yang sedang digandrungi masyarakat serta memperbanyak riset mengenai jenis konten musik yang sedang populer adalah kunci keberhasilan kamu dalam membuat konten musik yang menarik dan disukai masyarakat. Kamu juga bisa mencoba berbagai genre musik mulai dari Pop, RnB, Jazz, atau bahkan dangdut agar kontenmu lebih menarik dan bervariatif.

2. Curi Perhatian dengan Duet Bersama Selebriti

Saat ini media sosial juga aktif digunakan oleh para selebriti untuk membuat konten agar tetap dapat berinteraksi dengan para penggemarnya di tengah keterbatasan saat ini. Biasanya mereka akan mengunggah potongan lagunya di media sosial sebagian dari promosi lagunya.

Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk membuat video duet dengan penyanyi ternama tersebut. Likee kerap berkolaborasi dengan artis populer untuk memperkenalkan lagu mereka ke lebih banyak pengguna.

Di satu sisi, ini adalah cara untuk membantu para musisi mempromosikan karya mereka ke khalayak yang lebih luas. Di sisi lain, hal ini  memberikan pengguna Likee lebih banyak pilihan musik untuk membuat konten dan memberikan inspirasi untuk mengasah kreativitas mereka.

Beberapa contoh musisi yang aktif di media sosial adalah Rossa dan DREAMGIRLS. Kamu bisa menunjukkan bakat menyanyi dengan membuat video seolah-olah kamu bergantian menyanyi dengan si penyanyi asli. Kamu juga bisa menunjukkan bakat bermain musik seperti seolah-olah kamu mengiringi si penyanyi dengan gaya atau versi bermain musik kamu.

3. Ajak Followers Kolaborasi

Berinteraksi dengan followers kita di media sosial merupakan suatu hal yang penting apabila kita ingin terus aktif dan dikenal. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan interaksi dengan followers melalui konten musik adalah dengan mengajak followers kita untuk kolaborasi.

Biasanya kolaborasi bisa dilakukan dengan mengajak followers kita untuk ikut menyanyikan lagu yang sedang kita bawakan, bisa dengan melanjutkan lirik ataupun melanjutkan kata per kata atau yang sering disebut sebagai popcorn duet. Dengan membuat konten kolaborasi ini, kesempatanmu untuk dikenal di media sosial akan meningkat seiring meningkatnya interaksi dengan followers.

Cara di atas merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan  untuk memaksimalkan konten musik kamu di media sosial Selain itu, banyak tagar atau komunitas yang bisa dimanfaatkan untuk belajar dan menunjukkan bakat, misalnya #MyDailyMusic pada aplikasi Likee.

Kamu bisa menemukan banyak content creator musik berbakat pada #MyDailyMusic. Kamu juga bisa ikut serta dengan membuat video pendek saat bernyanyi atau memainkan alat musik dan unggah dengan #MyDailyMusic. Hal ini merupakan cara untuk mendapatkan penonton baru karena tagar  #MyDailyMusic telah mendapatkan 9,4 juta views.

Likee memudahkan pengguna membuat video menarik dan merekam saat-saat tak terlupakan. Oleh karena itu, Likee menempati peringkat pertama dalam jajaran “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie pada 2019. Selain itu, Likee juga berada di tempat keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” pada triwulan pertama 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman unik, dengan pengguna dapat menggali kreativitas, mengekspresikan diri, dan mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idola mereka melalui berbagai tantangan. #LetYouShine dengan ide kreatif di Likee!