JAKARTA, ITN- Didirikan pada tahun 2017 dengan fokus membangun karakter bangsa dan sebarkan semangat perdamaian, Indika Foundation (Yayasan Indika untuk Indonesia) dukung penuh Paragon Pictures dalam berkolaborasi dengan Ideosource Entertainment dan Inibudi.org. Merilis serial kartun berjudul “Ini Budi” sebagai tanda kembali eksistensi dunia perfilman Tanah Air, yang memiliki misi untuk memberikan tontonan tentang kebhinekaan sejak usia dini.

Mengambil judul dari nama yang melegenda di beberapa buku Pelajaran Bahasa Indonesia era tahun 1980-an, serial “Ini Budi” mengisahkan tentang persahabatan 5 orang anak berusia 9 tahun bernama Budi, Iwan, Wati, Beta, dan Ni Luh, yang berbeda suku, budaya, bahasa, sosial, ekonomi, dan agama, serta personaliti masing-masing anak yang berbeda. Keragaman inilah yang membuat menarik di setiap episodenya. Selain itu, ada sosok Ibu Nur, pemilik warung yang selalu dijadikan tempat istirahat oleh Budi dan kawan-kawannya usai bermain di lapangan kecamatan Bumi Damai Indah.

Ayu Kartika Dewi selaku Managing Director Indika Foundation, menjelaskan bahwa Indika Foundation sebagai pendukung utama serial kartun ini melihat ada dua aspek yang membuat pihaknya tertarik untuk terlibat dalam serial kartun ini.

“Pertama, hadirnya sosok anak-anak yang walau datang dari latar belakang yang beragam, namun dapat berteman dengan asyiknya. Berteman baik tanpa memandang latar belakang ini menjadi isu yang belakangan kita rindukan terjadi di Indonesia. Kedua, dalam ceritanya memuat nilai-nilai baik seperti empati, tidak berburuk sangka, hingga toleransi. Nilai-nilai ini sesuai dengan misi yang diusung oleh Indika Foundation. Nilai-nilai tersebut dapat menjadi bekal positif bagi penonton anak-anak saat kelak hidup di tengah masyarakat,” jelas Ayu Kartika Dewi.

Menyambut baik dukungan besar dari Indika Foundation, Robert Ronny selaku CEO Paragon Pictures yang merupakan rumah produksi serial kartun “Ini Budi” mengatakan rasa senangnya dapat bekerjasama dengan Indika Foundation.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Indika Foundation untuk membuat serial kartun ‘Ini Budi’. Bukan saja karena animasi original IP dari Indonesia sangat langka tetapi juga karena semangat Bhinneka Tunggal Ika yg di usung oleh serial animasi ini. Di tengah makin banyak nya konflik karena keberagaman di Indonesia, saya senang jika kita mulai mengajak anak-anak kita sejak dini untuk menerima dan merayakan ke bhineka an Indonesia, “ ujarnya.

Sebagai Produser Paragon Pictures, Ellen Xie mengungkapkan latar belakang pembuatan serial kartun “Ini Budi”. “Alasan utama lahirnya serial kartun ‘Ini Budi’ adalah perlunya pengetahuan tentang keberagaman, toleransi dan kebhinekaan dari sejak usia dini. Tidak hanya tergambar dari sisi cerita, tapi dibalik proses produksi pun, semangat kebhinekaan kami bawa. Kami melibatkan teman-teman dan adik-adik dari berbagai daerah untuk menyelesaikan serial kartun ‘Ini Budi’. Semoga karya yang kami kerjakan dengan sepenuh hati dapat diterima dan dapat memberikan gambaran bahwa keberagaman membuat semuanya menjadi lebih berwarna dan saling melengkapi. Di sini, kami harapkan serial kartun ‘Ini Budi’ dapat menjadi idola baru serta menjadi warisan untuk anak cucu kita,” ungkapnya.

”Karena, film animasi anak di Indonesia masih sangat kurang, apalagi yang bertema tentang kebhinekaan” ujar Inul Daratista yang di daulat menjadi pengisi suara Ibu Nur.

Lebih lanjut ia menambahkan rasa senangnya sebagai sosok pengisi suara Ibu Nur, serta dapat menjadi salah satu bagian dari serial yang memiliki pesan positif.  “Aku senang terlibat, di sini. Karena serial animasi ini bisa mengedukasi anak-anak kita tentang kebhinekaan di Indonesia,” tambahnya.

Najelaa Shihab selaku Praktisi Pendidikan serta founder IniBudi.org, melihat pentingnya film sebagai kekuatan untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan. “Dengan serial kartun ‘Ini Budi’, anak-anak dilatih untuk mengembangkan empati, untuk berjumpa dengan berbagai karakter yang menambah keluasan sudut pandangnya, untuk mengenal Indonesia dengan segala keunikan dan keragamannya.” ujarnya. Inibudi.org secara kebetulan bernama sama dengan judul animasi kartun “Ini Budi” juga menjadi kolaborator dalam membantu menyebarluaskan serial kartun “Ini Budi” ke pelosok daerah yang tidak memiliki internet.

Serial kartun “Ini Budi” dapat disaksikan secara gratis melalui akun instagram @kartuninibudi dan channel youtube “kartun ini budi”, pada tanggal 13 April 2021, bertepatan dengan hari pertama puasa.