JAKARTA, ITN- Oppo resmi menghadirkan dua perangkat baru sekaligus di Indonesia. Smartphone bernama Oppo A92 baru saja dirilis secara daring Jumat (8/5/2020). Perangkat lainnya, Oppo A52 sudah memulai pre-order sejak 5 Mei lalu.

“Kedua perangkat memiliki spesifikasi yang hampir mirip, tetapi tetap mempunyai perbedaan untuk menyasar segmen yang tentunya juga berbeda,” ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto pada peluncuran kedua perangkat secara daring, Jumat (9/5/2020).

Lebih lanjut Aryo mengatakan, “sekarang mungkin yang memang benar-benar jadi andalannya oppo adalah dua perangkat ini (Oppo A52 dan A92), dimana masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda untuk target market berbeda”.

Oppo A92 hadir menyasar segmen mid-range. Untuk itu, oppo menyematkan baterai besar berkapasitas 5000mAh dengan dukungan 18W Fast Charging. Perangkat ini menjalankan Color OS 7.1 berbasis Android 10. Dapur pacunya juga dibangun dengan chipset Snapdragon 665 dipadukan oleh RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB.

Sementara Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto menjelaskan, chipset yang dijuluki ‘sejuta umat’ itu menawarkan kemampuan AI yang 2 kali lebih cepat dibandingkan Snapdragon 660 sebelumnya. Ini berpengaruh dengan kinerja Quad Camera 48MP milik Oppo A92.

Keempat kamera berbentuk ‘V’ itu tersusun atas 48MP lensa utama, 8MP lensa Ultra-wide, 2MP Kamera Makro dan 2MP Sensor Kedalaman. Menariknya, A92 kembali mengusung konsep layar NEO Display dengan punch hole diujung kiri tas berbekal 16MP Kamera depan. Panel IPS 6,5 inci ini sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Oppo juga menyematkan Set Finger Print Unlock bersamaan dengan tombol daya. Aryo beralasan desain ini dipilih agar tampilan belakang dari ponsel tetap terlihat cantik tanpa terganggu pemindai sidik jari. Konsep ini pun hadir pada perangkat Oppo lainnya, yaitu A52.

Lebih lanjut, perangkat A52 juga mengadopsi fitur yang sama dengan A52, seperti chipset, Color OS 7.1, kapasitas baterai 5000mAh beserta pengisian daya cepat 18W, Konsep NEO pada panel layar IPS 6,5 inci, proteksi Corning Gorilla Glass 3, hingga kamera selfie 16MP.

Sedangkan spesifikasi lainnya berbeda. A52 tiba dengan Quad Camera yang tersusun atas 12MP kamera utama, disusul dengan 8MP lensa Ultra-wide, 2MP Kamera Makro dan 2MP Sensor Kedalaman. Kapasitas RAM yang ditawarkan adalah 6GB dengan kapasitas penyimpanan internal yang serupa di A92.

Baik Oppo A92 maupun A52 hadir secara terpisah. Khusus A52 hanya tersedia secara online dalam toko resmi Oppo di situs dagang online, seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shoppe dan Tokopedia. Sedangkan, A92 tersedia dalam offline dan Online Store yang serupa dengan A52. Kedua perangkat menawarkan 2 pilihan warna, Twillight Black serta Shining White untuk A92 dan Stream White serta Twillight Black khusus A52.

OPPO A92 memulai pre-order 8 Mei 2020 pada jaringan penjualan daring maupun luring. Perangkat ini dijual dengan harga Rp4.199 juta.

Pada periode pemesanan OPPO memberikan bonus pre-order berupa Oase Gift Box LP01 yang terdiri dari bluethooth stereo headset dan smart bracelet senilai Rp800 ribu. Sedangkan, pada hari ini 9 Mei A92 sudah mulai dijual umum.

Sementara, A52 dibanderol dengan harga Rp2.999 juta, yang sudah mulai dijual pada tanggal 5 Mei 2020 lalu melalui situs e-dagang Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shoppe dan Tokopedia.