JAKARTA, ITN- Mozilla, organisasi nirlaba pelopor dan pendukung konsep Open Web, secara resmi memperkenalkan versi terbaru Firefox Lite di Indonesia. Firefox Lite versi terbaru ini adalah platform mobile browser lengkap yang menawarkan fitur multifungsi serta memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman berinternet yang lebih mudah, efisien dan aman.

Aplikasi ini menawarkan pengalaman browsing baru dengan fitur perbandingan harga produk yang mudah digunakan, penawaran berbelanja, main game gratis, dan berita populer dalam satu platform.

Indonesia memiliki lebih dari 150 juta pengguna Internet secara nasional, dengan 95% di antaranya adalah pengguna mobile. Indonesia juga menempati urutan ketujuh sebagai pasar Firefox terbesar di dunia dan terbesar di Asia Tenggara, yang akhirnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar paling penting bagi Mozilla. Hal ini juga menjadi alasan kenapa Mozilla memilih Indonesia sebagai negara pertama dimana mobile browser ringan terbarunya diluncurkan.

Fitur terbaru yang ditawarkan Firefox Lite adalah desain baru yang memungkinkan pengguna mengakses konten belanja, games, dan berita yang terintegrasi hanya dengan satu ketukan.
a. Belanja Fitur belanja baru di Firefox Lite memperkenalkan Smart Shopping Search dengan kemampuan membandingkan harga dan spesifikasi produk dengan mudah dari berbagai situs e-commerce. Para pengguna dapat mengetuk untuk mengganti pilihan produknya. Selain itu, Firefox Lite memperkenalkan dirinya sebagai pusat perbelanjaan lengkap dengan berbagai penawaran berbelanja, kupon dan voucher dari berbagai situs.

b. Games Firefox Lite juga memperkenalkan fitur games, dimana lebih dari 100 permainan instan dan gratis tersedia untuk dimainkan di waktu luang. Pengguna dapat membuat shortcuts di layar handphone, sehingga dapat lebih mudah untuk ditemukan dan dimainkan kembali tanpa harus menginstal aplikasi game.

c. Berita Untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi terbaru dan terpercaya, Firefox Lite memperkenalkan fitur berita. Para pengguna dapat membaca berita terkini dari media-media terpercaya di Indonesia hanya dengan satu platform.

“Di Mozilla, kami selalu tertantang untuk menghasilkan berbagai inovasi dan fitur yang relevan bagi pengguna kami. Data internal kami menunjukkan bahwa lebih dari 60% pengguna menginginkan konten di Firefox Lite. Dengan popularitas mobile gaming, online shopping, dan konsumsi berita yang tinggi di Indonesia, kami sangat senang dapat memperkenalkan platform mobile browser kami untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan menjadikan pengalaman berinternet mereka lebih nyaman dan efisien,” ujar VP and General Manager of Emerging Markets, Mozilla, Stan Leong di Jakarta, baru-baru ini.

Mempertahankan fitur terbaik dari versi sebelumnya, Firefox Lite terus memberikan pengalaman browsing Internet yang cepat melalui fitur Turbo Mode, yang semuanya dilakukan tanpa harus menaikan ukuran aplikasi dari 5MB. Fitur Advanced Private Browsing yang dilengkapi perlindungan pelacakan memungkinkan Firefox Lite dapat mencegah pengiklan dan situs-situs untuk melacak pengguna.

Browser Firefox Terbaru
Selain Firefox Lite, Mozilla juga memperkenalkan Firefox Browser terbaru secara global pada bulan lalu. Sejalan dengan misi awal Mozilla yaitu untuk melindungi Internet dan semua orang yang ada di dalamnya, browser ini juga bertujuan untuk mendorong para pengguna untuk melindungi privasi online mereka.

Berdasarkan data dari We Are Social tahun 2019, 63 persen pengguna internet di Indonesia menginstal ad blocker, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Internet terbanyak yang mengadopsi program tersebut di seluruh dunia. Angka ini menunjukkan tingginya permintaan pengalaman berinternet personal dan aman dari para pengguna. Maka dari itu, Enhanced Tracking Protection (ETP) dari Firefox Browser sudah dinyalakan secara otomatis sejak versi sebelumnya. Fitur ini berguna untuk memperkuat keamanan dan privasi seluruh pengguna kami di seluruh dunia, yang juga membedakan Firefox Browser dengan browser lainnya.

Pada versi terbaru ini, pengguna dapat melihat berbagai cara ETP dalam memberikan keamanan, antara lain dengan memberikan laporan Firefox Privacy Protections, yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi aktivitas pelacak dari setiap situs yang mereka kunjungi, dan dasbor perlindungan privasi.

Sejak peluncuran fitur ETP, Firefox telah memblokir total lebih dari 400 miliar pelacak dengan 10 miliar lebih pelacak yang diblokir setiap hari. Rata-rata pengguna Firefox di Indonesia memiliki 197 pelacak terblokir setiap harinya. Fitur ETP disempurnakan dengan laporan Firefox Privacy Protections yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, serta melaporkan hal-hal seperti:
a. Mengetahui jumlah cookies yang diblokir Fitur ETP mencegah cookies pelacak pihak ketiga untuk membuat profil online berdasarkan aktivitas online pengguna. Kini pengguna dapat melihat jumlah pelacak antar situs dan media sosial, finger printers, dan crypto miners yang telah diblokir dengan Firefox Browser.

b. Mengetahui kebocoran data dengan Firefox Monitor Pengguna dapat melihat ringkasan jumlah password tidak aman yang mungkin dapat menyebabkan kebocoran data, sehingga pengguna dapat memperbarui dan mengganti password.

c. Manajemen password dan perangkat terhubung dengan Firefox Lockwise Pengguna dapat melihat jumlah password yang tersimpan di Firefox Lockwise, serta dapat memantau dan mengatur jumlah perangkat terhubung dan telah ter-log in dengan password pengguna.