JAKARTA, ITN- Bentley Systems, Incorporated Kamis (20/6/19) di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta menggelar diskusi sehari “Going Digital Event 2019: Jakarta” yang diikuti para eksekutif dibidang informasi, BIM, digital & teknologi untuk mempelajari lebih jauh kerangka kemajuan digital. Diskusi meliputi digital twins, yang antara lain meliputi digital twins, AI, machine learning, dan lain sebagainya.

Digital Twin memungkinkan perusahaan (pengguna) untuk memvisualisasikan, dan menganalisis aset infrastruktur digital di seluruh siklus kelangsungannya. Layanan iTwin dari Bentley ini memberikan pandangan menyeluruh tentang aset, mengintegrasikan data dan melacak perubahan dari sistem yang berbeda dan kondisi dunia nyata dari sensor dan drone.

“Kemampuan Digital Twin ini memberikan visualisasi, visibilitas analitik, dan wawasan, yang meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, efisiensi, keselamatan, serta memastikan kepatuhan sistem dan mengurangi risiko,” ungkap Director, Business Development Digital Twin Solutions of Bentley Systems, Amit Shrivastava.

Layanan iTwinTM menyediakan platform terbuka yang dapat dikembangkan secara berkala untuk mendukung infrastruktur digital twins. Kedua layanan cloud tersebut memungkinkan perusahaan untuk membuat, memvisualisasikan, dan menganalisis digital twins dari proyek infrastruktur dan aset-asetnya. Layanan iTwin meliputi iModelHub, reality modelling, dan teknologi visibilitas web dalam connected data environment (CDE) yang terbuka.

Pemilik aset infrastruktur menyadari potensi digital twins dalam banyak kasus penggunaan, termasuk penerapan analitik, kecerdasan buatan (AI), dan pembelajaran mesin (ML) pada simulasi dan bantuan dalam pengambilan keputusan selama proses perancangan, konstruksi, dan operasi.

Menurutnya tantangan terbesar dari sebuah proyek infrastruktur adalah keterlibatan banyak ilmu disiplin yang berkolaborasi dalam tim dengan jumlah besar yang bekerja, mengambil keputusan, serta melakukan perubahaan yang secara tidak sinkron di saat yang bersamaan. Untuk merealisasikan potensi digital twin, solusi praktis untuk menyelaraskan data yang berbeda dan menyinkronkan perubahan ke kondisi aktual di dunia nyata sangat diperlukan.

Memahami Layanan iTwin Layanan iTwin menggabungkan iModelHub, reality modelling, dan teknologi visibilitas web dalam Connected Data Environment (CDE) untuk membuat platform bagi infrastruktur digital twins. Para pengguna dapat terus bekerja menggunakan aplikasi berbeda dan di saat yang sama iModel menjembatani – di dalam lingkup CDE – proses sinkronisasi ke dalam iModelHub.

iModelHub menyediakan penyelarasan otomatis komponen digital menjadi sumber pencatatan data yang tersinkronisasi dan terpercaya. ContextShare menyediakan konteks digital dari reality models, dan visibilitas imersif berbasis web yang menyatukan semuanya bersama data nongrafis dalam CDE, seperti daftar aset, database risiko, spesifikasi dan informasi eksternal dari sensor dan kamera. iTwin berubah seiring dengan aset fisik Anda – memberikan alur kerja dan wawasan baru yang kuat – dari konsep hingga penonaktifan.

“Model Komersial Layanan iTwin tersedia melalui langganan berbasis konsumsi yang selaras dengan kebutuhan Anda. Paket berlangganannya termasuk semua alat dan layanan yang diperlukan untuk mendukung digital twins dan alur kerja Anda — dengan akses pengguna tanpa batas,” ungkapnya.

Tentang Bentley System

Bentley Systems merupakan perusahaan pengembang software yang mendukung kebutuhan profesional bagi mereka yang bertanggung jawab dalam menciptakan dan mengelola infrastruktur dunia, termasuk jalan raya, jembatan, bandara, gedung-gedung, industri, dan pembangkit listrik termasuk jaringan utilitas.

Bentley Systems mempekerjakan lebih dari 3,500 karyawan, menghasilkan pendapatan tahunan sebesar USD700 juta di 170 negara, dan telah menginvestasikan lebih dari USD1 miliar untuk penelitian, pengembangan, dan akuisisi sejak 2014. Sejak pendirian perusahaan di tahun 1984, saham mayoritas perusahaan masih dipegang kelima Bentley bersaudara yang merupakan para pendiri perusahaan. Saham Bentley tercatat di Private Market NASDAQ yang dapat ditransaksikan melalui undangan. (evi)