JAKARTA, ITN -Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan Indonesia per September 2019 tercatat sebesar 9,22%, setara dengan 24,79 juta orang. Jika dikerucutkan lagi, persentase penduduk miskin di daerah perkotaan mencapai angka 6,56% atau 9,86 juta penduduk. Kelompok yang rentan akan kemiskinan ini adalah terutama perempuan yang sebenarnya memiliki kapabilitas untuk menghasilkan pendapatan mandiri. Masalah kemiskinan ini seringkali disebabkan karena pengangguran, dikarenakan ketimpangan keterampilan dan kecakapan.

Perempuan teruji memiliki kemampuan menjalankan berbagai tanggung jawab, bukan sekedar untuk diri sendiri, namun juga bagi keluarga. Selain itu, UKM merupakan dasar pembangunan ekonomi di Indonesia. Pengusaha mikro, kecil dan menengah menjadi mesin inovasi dan perkembangan nasional melalui penciptaan lapangan pekerjaan, penyediaan barang dan layanan jasa nasional, serta memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan memberantas kemiskinan.

Melihat kondisi ini dan menyadari penuh pemberdayaan perempuan adalah vital bagi Indonesia untuk mencapai potensi penuhnya, Chilibeli, aplikasi social commerce cerdas dengan misi untuk mendorong pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan membuka kesempatan menjadi bagian dari era baru berbelanja berbagai produk segar dan kebutuhan rumah tangga dengan nyaman, aman, mudah, dan cepat, hendak merangkul Ibu Rumah Tangga Indonesia untuk mewujudkan aspirasi yang selama ini terpendam dengan turut berkontribusi bagi dompet ekonomi keluarga.

Chilibeli lahir pada Juli 2019, Chilibeli adalah sebuah platform social commerce cerdas yang memperkenalkan era baru berbelanja untuk kebutuhan ibu rumah tangga dengan nyaman, aman, mudah dan cepat.

Chilibeli didirikan oleh Alex Feng, Damon Yue dan Matt Li. Saat ini Chilibeli berhasil mengantongi pendanaan Seri-A dari Sequoia Capital, Golden Gate Ventures, Lightspeed Venture Partners serta pendana terkemuka lainnya.

“Selain itu, karena permintaan transaksi yang melaju tinggi, kami pun pindah dari warehouse pertama yang terletak di Jagakarsa ke Sawangan, Depok menempati ruangan seluas 2.000 meter untuk berbagai fungsi logistik terpadu dan berkesinambungan, seperti titik kumpul semua produk kebutuhan rumah tangga, pusat forwarding produk pesanan Mitra Chilibeli, pengemasan sayur mayur dan buah-buahan setiap hari, serta penyimpanan produk segar dengan walk-in freezer dan walk-in chiller,” ujar CEO, Chilibeli Alex Fang pada acara media gathering peluncuran Chilibeli di Jakarta, Kamis (6/3/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, “Kami berharap Chilibeli dapat menjadi sebuah solusi digital efisien perniagaan terkait bernilai lebih bagi semua pihak dengan kemitraan langsung kami dengan para produsen seperti petani, nelayan, pencipta produk FMCG lokal dan multinasional, guna menghadirkan produk pesanan langsung kepada konsumen sehingga produk tangan pertama tersebut berharga kompetitif dan mampu bersaing karena berada di posisi bawah harga pasar”.

“Bagi IRT yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, cukup mengunduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android, masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih Mitra Chilibeli terdekat. Setelah itu, mereka pun dapat klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli. Terdapat nomor kontak Mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba,” jelas Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications Chilibeli pada saat sesi simulasi aplikasi.

Yumi menambahkan, “Untuk menjadi Mitra Chilibeli, IRT dianjurkan juga untuk mengunduh aplikasi Chilibeli, kemudian mengajukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Aplikasi Chilibeli akan menjadi semacam panduan berbelanja dan pesanan bagi para Mitra Chilibeli dalam memonitor pesanan kebutuhan rumah tangga, data pemesan, tanggal pengantaran, serta data akuntansi sederhana”.

Chilibeli menerapkan Unit Bisnis, yaitu Mitra Chilibeli, sebagai ketua komunitas yang akan membantu para tetangga atau orang terdekat. Mitra Chilibeli Warung, Dalam hal ini, Chilibeli dapat membantu para pemilik warung untuk mendapatkan barang-barang yang lebih banyak dengan harga terjangkau tanpa perlu keluar rumah. B2B merupakan bisnis unit Chilibeli yang menawarkan produk-produk Chilibeli kepada restoran, kafe atau usaha sederhana serupa warteg, baik sistem franchise maupun non-franchise.

Gabriela Davita Amelia, Brand Specialist Chilibeli, menjelaskan, “Kami berdayakan jaringan luas dan kuat komunitas Ibu Rumah Tangga di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, dengan sistem keanggotaan berstruktur dimana setiap IRT dapat berperan sebagai kanal distribusi mandiri jajaran produk segar bermutu ke setiap rumah tangga di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing”.

Chilibeli menyediakan fasilitas dan jaminan berbelanja dalam bersaing dengan supermarket salah satunya, IRT dapat membeli sayur atau buah melalui aplikasi Chilibeli dan situs chilibeli.id tanpa keluar rumah, pembayarannya pun bisa CoD dengan jaminan pesanannya tiba dengan segar, apabila barang pesanan rusah dapat dikembalikan atau pergantian produk 1×24 jam oleh pihak Chilibeli.

“Ini adalah saat yang tepat bagi Chilibeli untuk memperkenalkan visi dan misi aplikasi kami kepada masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2020. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk menyuarakan pentingnya pemberdayaan perempuan Indonesia dengan memberikan peran aktif dan strategis dalam segala aspek perekonomian dan pembangunan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan taraf kesejahteraan keluarga Indonesia,” tutup Davita. (aldi)