JAKARTA, ITN-  PROGRAM workshop Akademi Pelatih Jr NBA Jakarta 2019 yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22-24 Januari 2019 dibuka resmi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Gelanggang Olahraga Ciracas, Selasa (22/1/19).

Akademi Pelatih Jr NBA yang dihadiri sekitar 1.800 pelatih dan guru olahraga di Jakarta ini merupakan bentuk kerjasama National Basketball Association (NBA) dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program ini bertujuan untuk semakin mengembangkan olahraga basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan dan pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket bagi guru-guru olahraga.

Peserta Akademi Pelatih Jr NBA akan menerima pembekalan agar dapat mendorong dan memfasilitasi partisipasi para muridnya, termasuk panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler, akses terhadap sumber online di website Jr NBA, dan peralatan pelatihan dasar.

“Saya menyambut kegiatan Jr NBA Coaches Academy dengan sangat baik. Hadirnya seorang pendidik bagi siswa memiliki empat tahapan, yakni mengajar, mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan. Saya harap guru-guru yang hadir di Akademi Pelatih Jr NBA sampai di tahap yang mampu menggerakkan murid-muridnya agar menjadi lebih baik,” ujar Anies Baswedan dalam sambutannya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (foto.ist)

Ia menambahkan, “Saya juga berharap melalui program ini, para guru dan pelatih tidak hanya menerima materi dari aspek teknis saja, namun juga dari menerima manfaat, bagaimana membangkitkan semangat, serta membangun komunikasi dengan siswa. Dari semangat itu akan tumbuh murid-murid Indonesia yang mampu menjadi pemain basket nasional dan internasional”.

“Kami sangat bersemangat dan berkomitmen untuk mengembangkan olahraga basket di Indonesia. Peran pelatih dan guru-guru olahraga dalam mengasah para pemain basket generasi selanjutnya sangatlah penting,” ujar Associate Vice President, Marketing Partnerships NBA Asia, Jim Wong pada kesempatan yang sama.

Program Akademi Pelatih Jr NBA menurutnya menjadi sarana untuk memperkenalkan olahraga basket kepada ratusan dan ribuan guru olahraga di Indonesia. “Dan kami berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda guna memberikan dampak positif kepada lebih banyak anak-anak laki-laki dan perempuan di Indonesia,” ungkap Jim Wong.

Akademi Pelatihan Jr NBA digelar untuk kedua kalinya di Jakarta dan di lima provinsi lainnya di Indonesia.