JAKARTA, ITN– MALAYSIA Healthcare Travel Council (MHTC) dan Traveloka mengumumkan kemitraannya selama satu tahun. Kemitraan ini menandakan upaya kerja sama antara MHTC dan Traveloka dalam memperluas penawaran layanan wisata kesehatan Malaysia Healthcare serta memperkuat posisi Malaysia sebagai destinasi wisata kesehatan terbaik di dunia, dan merupakan rangkaian dari kegiatan AirAsia Travel Fair diadakan pada 4 hingga 6 Oktober 2019 di Lippo Puri Mall, Jakarta.

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan penawaran layanan Malaysia Healthcare melalui berbagai promosi wisata kesehatan yang menarik bagi wisatawan Indonesia yang mencari perawatan medis di Malaysia. Malaysia Healthcare memanfaatkan kehadiran online Traveloka dalam bidang layanan perjalanan di kawasan Asia Tenggara sebagai platform untuk mengembangkan pengalaman pasiennya yang end-to-end dan bebas akan hambatan (seamless).

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Traveloka. Dengan dukungan Traveloka sebagai salah satu platform layanan perjalanan terbaik di Asia Tenggara, kami berharap dapat meningkatkan konektivitas dan akses bagi pasien, karena kedua hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan industri wisata kesehatan Malaysia,” ujar Chief Commercial Officer of Malaysia Healthcare Travel Council, Nik Yazmin Nik Azman saat jumpa pers di Jakarta, baru-baru ini.

Program pertama yang dijalankan dari kemitraan ini adalah “Traveloka VIP Pass for Malaysia Healthcare”, yang berfokus pada hospitality (pelayanan) dalam layanan kesehatan. Para wisatawan kesehatan dapat mengakses situs web Traveloka melalui microsite Medical Tourism Malaysia (Indonesia) (http://medicaltourismmalaysia.id/) untuk mencari pilihan akomodasi termurah dan terjangkau yang berlokasi di dekat fasilitas kesehatan yang menjadi pilihan mereka. Dengan memesan melalui microsite ini, para wisatawan dapat menerima diskon khusus hingga 25% untuk hotel-hotel tertentu.

Traveloka Country Market Manager for Malaysia, Angelica Chan menyatakan “Kerjasama dengan MHTC ini merupakan bagian dari strategi menyeluruh kami untuk dapat lebih baik lagi dalam merangkul pengunjung yang berasal dari negara-negara yang menjadi fokus utama kami, terutama Indonesia, ketika mereka mengunjungi Malaysia”.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan MHTC untuk mempromosikan Malaysia sebagai destinasi pilihan para pengunjung di Asia Tenggara untuk melakukan perawatan medis melalui rekomendasi kami yang dapat memudahkan para pengunjung untuk menemukan pilihan akomodasi terbaik dan terjangkau yang terletak di fasilitas kesehatan terdekat,” ungkapnya.

Sementara John Safenson, Vice President Market Management, Accommodation Traveloka, mengatakan “Kami bangga dapat berkolaborasi dengan MHTC dalam menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan kesehatan (healthcare travellers). Kerja sama strategis ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna melalui inovasi yang kami berikan”.

Kerja sama ini menurutnya juga akan memperkuat posisi Traveloka di Malaysia, mengingat bahwa Malaysia merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Asia Tenggara, di mana negara ini juga merupakan pangsa pasar utama yang kuat bagi Traveloka. “Kami berharap dapat memberikan manfaat lebih besar kepada para pelanggan kami melalui hadirnya Traveloka VIP Pass dalam program Malaysia Healthcare,” jelasnya.

Lebih lanjut John menambahkan, “Kami percaya melalui kerjasama ini, Traveloka dapat membantu untuk menghubungkan wisatawan kesehatan dari Indonesia dengan fasilitas kesehatan serta akomodasi di sekitarnya. Tujuan utama kami yaitu agar dapat berkontribusi untuk memperkuat posisi Malaysia sebagai tujuan utama wisata kesehatan (healthcare travel)”.

Lebih dari 900.000 pasien dari Indonesia telah menerima perawatan kesehatan di Malaysia. Malaysia telah memberikan pengalaman perjalanan end-to-end bebas hambatan bagi para wisatawan kesehatan di setiap titik perjalanan mereka—baik sebelum maupun sesudah perawatan. Didukung penuh oleh pemerintah dan Kementerian Kesehatan, industri layanan kesehatan Malaysia telah dikelola sebaik mungkin dengan menitikberatkan pada keselamatan pasien.

Selama beberapa tahun terakhir, Malaysia Healthcare terus berupaya untuk meningkatkan posisinya sebagai destinasi perawatan kesehatan terbaik di dunia. Malaysia dinobatkan sebagai “Medical Travel Destination of the Year” oleh IMTJ Medical Travel Awards dari tahun 2015-2017, serta menerima penilaian istimewa pada IMTJ Awards 2018.

MHTC juga diakui sebagai “Medical Travel Cluster of the Year” dari tahun 2017-2018 oleh MHTC. Malaysia juga disebut sebagai “Best Country in the World for Healthcare” dari tahun 20152017 oleh Annual Global Retirement Index dari International Living dan menduduki peringkat pertama sebagai destinasi pensiun di Asia pada indeks tahun 2018. (evi)