- iklan -

JAKARTA, ITN- ANGKA Kematian Ibu (AKI)  dari data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2015 menyebutkan  305 per 100.000 kelahiran hidup masih terbilang tinggi walau telah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 2012, yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Penurunan ini bisa dibilang sangat lambat dan tidak signifikan, sehingga AKI masih sangat membutuhkan perhatian.

Empat penyebab utama AKI adalah pendarahan, eklamsia, infeksi serta komplikasi dari aborsi ataupun persalinan. Eklamsia disebabkan oleh faktor genetik, kegemukan dan diabetes, berupa peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Kalbe Blackmores Nutrition Kampanyekan Bunda PASEklamsia dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan mikronutrien ibu, antara lain dengan antioksidan penting seperti selenium, enzim Q10, fish oil, vitamin C dan vitamin E, untuk kehamilan yang optimal.

Data nasional dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu juga menunjukkan prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2%. KEK adalah status gizi kurang yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun.

“Salah satu indikator status gizi adalah berat badan. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin optimal,” ujar Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara dan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, dr Raissa E Djuanda, MGizi, SpGK saat jumpa pers disela acara seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang diselenggarakan PT Kalbe Blackmores Nutrition di Jakarta, Sabtu (9/12/17).

Jakarta dan Surabaya menjadi target mengedukasi ribuan Bunda hamil dan menyusui mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis Bunda selama 1.000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil.

Kalbe Blackmores Nutrition Kampanyekan Bunda PAS“Sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, kami mengadakan rangkaian edukasi secara menyeluruh melalui kegiatan Bunda PAS ini,” ungkap Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto.

Edukasi tersebut dimulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, cooking demo, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan Si Kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

Faktor penting yang menjadi latar belakang diadakannya Kampanye Bunda PAS adalah kurangnya pemahaman Bunda akan asupan nutrisi yang penting selama masa kehamilan dan menyusui.

Menjawab masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memiliki produk unggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi yang esensial bagi tumbuh kembang Si Kecil selama 1.000 Hari Pertama Kehidupannya.

Kalbe Blackmores Nutrition Kampanyekan Bunda PASBlackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi kalsium, zat besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui.

“Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat menjadi salah satu opsi bagi para Ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat,” jelas Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Dian.

Menurutnya, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, juga memiliki 4 keunggulan, yakni pertama kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat. Kedua, kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau. Ketiga, dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA, dan keempat dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah. (evi)

- iklan -