- iklan -

JAKARTA, ITN- SEBAGAI brand kebutuhan masak sehari-hari yang digunakan pada satu dari dua keluarga di Indonesia, Kecap ABC mengembang tanggung jawab untuk mendukung kesetaraan gender di dapur. Kecap ABC percaya bahwa Ibu selayaknya mendapatkan apresiasl yang pantas; yang hanya datang dari tindakan yang nyata seperti membantu di dapur.

“Kecap ABC adalah merek bagi para Ibu dan percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab utama untuk mengutamakan para Ibu. Dan kami juga memahami pentingnya para suami di rumah untuk mengutamakan istri dengan memperlakukan mereka dengan setara, termasuk di dapur,” ujar Head of Marketing, SEA, Kraft Heinz, Dhiren Amin pada jumpa pers Kecap ABC “Sekarang Waktu Suami untuk Mau Memasak. Terimakasih untuk Perasan Pertama” di Jakarta, Senin (15/10/18)

Kampanye ini menurutnya langkah pertama mencapai objektif ini yaitu dengan memberitahu para suami untuk membantu di dapur sementra Kecap ABC membantu mereka memasak masakan yang kaya rasa.

Indonesia merupakan salah satu negara dimana lebih dari 75 persen pekerjaan rumah tangga dibagikan antara suami dan istri (studi HILL ASEAN 2018), tolak ukur yang sesungguhnva dalam kesetaraan gender. Tetapi studi yang sama juga mengindikasikan bahwa pekerjaan rumah tangga yang paling rendah dibagikan antara pasangan suami istri adalah memasak; hanya 3 dari 10 suami yang membantu istri di dapur. Dengan kata lain memang keseteraan gender telah berlaku di Indonesia, tetapi tidak di dapur.

Yuk Ikutan Kampanyekan Dukung Kesetaraan Gender Dimulai dari Dapur“Banyak wanita di Indonesia yang merasa kurang diapresiasi oleh para suami. Mereka sudah lelah kerja, lalu di rumah mereka masih harus mengurus anak dan memasak. Kurangnya apresiasi dari suami, menjadi penyebab utama mengapa wanita merasa frustasi. Rasa frustasi ini kemudian. menimbulkan konflik, sehingga rumah tangga tak harmonis,” ungkap Managing Director, Nation Insight, Ardianto Reksodiputro pada kesempatan yang sama.

Landasan kampanye ini adalah aktivasi digital yang merefleksikan realita Indonesia yaitu meningkatnya jumlah perceraian. Studi yang dilakukan oleh Nation Research 2018 mengindikasikan bahwa kurangnya apreasiasi terhadap pasangan dalam pernikahan memiliki dampak yang signifikan, bahkan berujung dengan konsekuensi yang lebih ekstrim seperti perceraian.

Aset digital ini menunjukkan seorang laki-Iaki yang bercerai dan mengakui bahwa seharusnya ia dapat melakukan lebih dalam pernikahannya bahkan termasuk membantu di dapur.

“Dengan suami belajar memasak, suami jadi tahu bagaimana sulitnya wanita selama ini mengurus rumah tangga. Ajang suami memasak ini, bisa menjadi bentuk apresiasi atau penghargaan terbaik yang disukai oleh istri,” tambah Adrianto.

Konsultan pernikahan, Indra Noveldy mengatakan, “Penting adanya ekspresi dari suami mulailah dari mengucapkan terima kasih, memuji masakannya enak, serta menunjukkan bahwa suami bisa membantu di dapur. tetapi hal tersebut harus didukung oleh istri juga agar suami merasa dihargai. Setidaknya komunikasikan saja dengan suami, libatkan dia untuk membantu pekerjaan  rumah, supaya suami juga tahu bahwa istri butuh bantuan dan apresiasi”.

Dengan latar belakang ini, Kecap ABC memperkenalkan “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama” yang mengajak suami-suami Indonesia untuk setara dengan istri dimulai dari dapur. tentunya dengan Kecap ABC yang membuat masakan lebih mudah dan enak.

“Kampanye ini dimulai dengan iklan TV yang bercerita tentang anak kecil yang mengingatkan ayahnya akan semua pekerjaan yang dilakukan ibu dari membersihkan rumah, menjaga anak hingga memasak, “ujar Marketing Manager Kraft Heinz ABC for Soy, Andita.

Semua bentuk komunikasi ini bermaksud untuk mengajak para suami untuk bergabung dengan “Akademi Suami Sejati”; sebuah wadah untuk para suami dapat belajar dari tips dan trik resep Perasan Pertama dalam perjalanan menjadi pasangan yang setara di dapur.

“Laki-laki membantu masak di dapur bukanlah hal yang aneh. Tetapi sikap sadar bahwa pekerjaan rumah bukan hanya tanggung jawab perempuan melainkan laki laki juga.  Yang terpenting istri juga ikut apresiasi, berikan pujian juga ketika suami membantu,” tambah Eko Bambang selaku perwakilan dari Aliansi Laki-laki Baru, Eko Bambang.

lnisiatif kecap ABC mendapat dukungan dari Aliansi Laki-Laki Baru, sebuah aliansi dari beberapa organisasi non-pemerintah yang melibatkan laki-laki untuk kesetaraan gender. Kolaborasi ini akan menghadirkan gerakan yang mengajak para pasangan suami istri dan komunitas suami di tiga kota yaitu Bandung, Semarang dan Malang untuk memberikan tutorial memasak dengan resep perasan pertama yang membantu mereka menjadi suami sejati dan memasak. Jadilah seorang suami sejati yang mau membantu, suami sejati yang mau memasak.Kunjungi www.akademisuamisejati.com. (wina)

- iklan -