JAKARTA, ITN- BANYAK cara agar kita kerap percaya diri dan berpenampilan menarik baik wanita, pria, orang tua, remaja, maupun anak-anak. Tidak perlu repot apalagi pilih cara yang mahal, karena berpenampilan menarik juga dapat diwujudkan dari pakaian rapi, bersih, wangi dan sopan. Untuk itu penting sekali agar merawat pakaian dengan cara yang tepat.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pakaian memang berperan cukup penting terutama dalam menentukan penampilan seseorang. Itu sebabnya, penting sekali agar kita tahu bagaimana cara merawat pakaian dengan cara yang tepat. Seperti apa caranya? Yuk kita cari tahu tips merawat pakaian agar awet dan tahan lama :

  1. Kenali bahannya

Sebaiknya ketahui dahulu jenis bahan dari pakaian Anda, karena tidak semua bahan pakaian menggunakan cara mencuci dan menyetrika yang sama. Seperti sutra misalnya, dibutuhkan penanganan lebih khusus untuk bahan yang satu ini, semisal harus dicuci menggunakan detergen khusus dan sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci, cukup dengan tangan dan menggunakan air hangat.

Agar tidak ragu, Anda juga dapat melihat cara pencucian yang tercantum pada label pakaian.

  1. Perhatikan cara menjemur

Tidak hanya cara mencuci, menjemur pun ada teknik tersendiri. Agar warna tidak cepat pudar, balik pakaian ketika dijemur, yaitu bagian dalamnya menjadi di luar. Dan yang pasti gunakan panas matahari agar hasil maksimal dan pakaian tidak berbau.

  1. Gunakan hanger

Jemurlah menggunakan hanger agar pakaian memiliki bentuk tetap bagus kecuali untuk pakaian jenis kaos karena akan membuatnya mudah melar, terutama di bagian leher.

  1. Jangan terlalu sering dicuci

Terlalu sering mencuci pakaian dengan maksud menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Anda dapat menunda dahulu mencuci pakaian jika tidak terlalu kotor atau berbau, seperti pakaian-pakaian dengan tingkat kekebalan yang tinggi, misalnya jeans dan jaket. Untuk membunuh kuman, jemurlah sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari.

  1. Gunakan sesuai fungsi

Pastikan akan kemana Anda hari ini, dan sesuaikan pakaian dengan kegiatan yang akan Anda lakukan, hal tersebut dilakukan untuk menghindari dari kerusakan. Kenakan pakaian formal dan rapi untuk pesta, bekerja atau pergi dengan teman-teman. Sedangkan saat akan melakukan aktivitas luar ruangan seperti berolahraga, gunakan bahan yang sesuai.

  1. Pilih detergen yang aman

Pilih deterjen yang aman untuk kulit Anda, dalam arti tidak menimbulkan rasa panas, gatal, dan iritasi di tangan. Anda pun perlu memerhatikan efek-efek deterjen pada serat bahan pakaian, karena ph dan surfaktan yang terkandung dalam deterjen terlalu tinggi dapat menyebabkan serat kain mudah lapuk. Pemilihan deterjen yang aman bagi lingkungan juga penting karena sisa pembuangan air cucian akan mengakibatkan pencemaran lingkungan sekitar.

  1. Pilih pewangi pakaian yang tepat

Selain menggunakan detergen, agar pakaian senantiasa rapih dan wangi, gunakan pewangi pakaian agar Anda senantiasa percaya diri seharian. Terutama saat melakukan aktivitas diluar ruangan, seperti saat berolahraga.

DOWNY, merek pewangi pakaian ternama, menghadirkan DOWNY Sports dengan teknologi baru yang dibuatkan khusus untuk menghilangkan bau tak sedap pada pakaian. Menjadi pewangi pakaian pertama dan satu-satunya dengan teknologi perlindungan selama 24 jam, sehingga mereka yang menggunakan Downy, akan selalu percaya diri dan tetap wangi serta tidak khawatir seberapa berkeringatnya mereka.

Louie Morante, Regional Communications Manager, P&G Fabric and Home Care Southeast Asia mengatakan bahwa keunikan perlindungan 24 jam dari DOWNY Sports mampu mengaktifkan kesegaran yang tahan lama melalui gesekan, melepaskan kapsul mikro parfum yang membuat pakaian selalu wangi sepanjang hari. Perlindungan 24 jam ini terhitung berdasarkan jumlah waktu yang digunakan oleh seorang atlet professional dalam 1 hari, tercatat bahwa mereka menggunakan waktu 6-8 jam per hari dan menghasilkan keringat 4L per jam. Berbeda dengan orang normal yang hanya menghasilkan 0,8 – 1,4 L per jam dengan intensitas olahraga ringan.

“Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan para konsumen sebagai pewangi pakaian yang mampu menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian. Terutama bagi keluarga yang mempunyai anak yang senang melakukan banyak aktivitas,” tuturnya dalam acara “Pemecahan Rekor MURI melalui DOWNY Sports Freshtival” yang diadakan di Senayan, belum lama ini.

Adapun acara Pemecahan rekor MURI yang dilakukan oleh Downy ialah berupa pertandingan Futsal 24 Jam dengan 24 tema unik untuk pertama kalinya, diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang tergabung dari kalangan selebriti, influencer dan juga konsumen salah satunya melibatkan selebriti Nana Mirdad dan keluarga. Acara ini sekaligus juga merupakan acara peluncuran varian terbaru DOWNY Sports. (in)