JAKARTA, ITN- INDONESIA kaya dengan beragaman suku bangsa, keunikan tradisi, seni dan budaya, serta kekayaan alam yang melimpah, adalah sebuah kekuatan ekonomi kreatif yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan bagi seluruh bangsa.

Sebagai bentuk konsistensi Relief Indonesia, dalam membangun ekonomi masyarakat, terutama para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) diwilayah DKI Jakarta, pengrajin, anak muda bertalenta, serta para designer, dikemas dalam acara, Relief Indonesia Festival 2019 dengan tema “Berkarya Untuk Indonesia”.

Acara ini digelar, dalam rangka menyambut Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) serta bertepatan dengan ulang tahun Relief Indonesia yang ke-11.

Sebanyak 60 UKM dengan berbagai produk kreatif Indonesia ikut berpartisipasi dalam gelaran yang diselenggarakan pada 12 – 18 Agustus, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB di Grand Atrium, Main-Street, dan Plaza Stager, Gandaria City, Jakarta Selatan.

“Relief Indonesia Festival 2019 adalah sebuah acara yang menggabungkan thematic exhibition terbaik kami dalam bidang eksebisi pameran di mall-mall besar di Jakarta,” ujar CEO Relief Indonesia, Nurul Komaril pada press conference di Jakarta, Selasa (13/8/19).

Relief Indonesia Gemilang sejak berdirinya pada 17 agustus 2008, para produsen produk-produk kreatif Indonesia memperoleh tempat dan media yang tepat untuk mempromosikan hasil karya masing-masing.

Kiri ke kanan, Rina Rien, Nurul Komaril, dan Eggie Jasmin pada press conference di Jakarta, Selasa (13/8/19)

Relief Indonesia Gemilang telah ditunjuk sebagai salah satu koordinator bagi para pelaku UKM di wilayah DKI Jakarta di bawah dinas koperasi dan perdagangan UMKM provinsi DKI Jakarta.

Dalam perjalanannya Relief Indonesia Gemilang menurut Nurul juga telah meraih penghargaan sebagai penyelenggara pameran mandiri terbaik tahun 2012.

“Bersama Relief Indonesia Gemilang, mari kita cintai dan lestarikan seni, budaya dan tradisi Indonesia. Mari gunakan produk dan karya-karya anak bangsa sebagai upaya bersama untuk maju dan berkembang menjadi negara yang besar,” tambah Nurul Komaril.

Perjalanan Relief Indonesia
Relief Indonesia telah berkarya di bidang pameran kebudayaan di mall-mall besar di Indonesia, sebuah bentuk nyata dalam rangka membangun rasa cinta terhapat produk dan budaya Indonesia. Hal ini pun diyakini dapat menjadi manfaat bagi penggiat UKM yang kreatif mengolah kekayaan budaya Indonesia.

Gelaran ini akan menyoroti berbagai acara yakni Culture yang akan menampilkan Mahakarya Eggie Jasmin. Eggie yang lebih suka disebut sebagai artetnik dibanding sebagai designer, creative generasi muda yang memiliki talenta dengan karya yang sudah mendunia. Koleksi busananya akan memeriahkan Relief Indonesia Festival 2019.

Di bidang fashion akan hadir Dana Duryatna. Bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Chintami Atmanegara, Dana Duriyatna akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Tak hanya Dana Duryatna, bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Dana Duriyatna, Chintami Atmanegara akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Dalam bidang parenting, akan hadir Thomas Balducci. Penggiat parenting dengan penyampaian yang interaktif dan memberikan pengalaman tersendiri akan mengambil bagian dalam Relief Indonesia Festival 2019.

Sementara RR Boutique by RinaRien yang menjadi sponsor pada kegitan ini menampilkan hasil karyanya desainnya sendiri dan beberapa designer yang bergabung dengan hasil karyanya.

Program Acara
Art Ethnic Fashion Show
By: Eggie Jasmin
Indonesian Ethnic Fashion Show
NAGARA – Chintami Atmanagara
PRIYA – Dana Duryatna
CULTURE EDGE – Sarah & Linda
RUMAH BETAWI – Emma Damayanti
Face of Indonesia Model Hunt
AMODEL – Ma’e Arie Lubis
Ethnic Fashion Photography Competition
Hengky Irawan
Indonesian Percussion Competition
Perkusi PPSB Jakarta Timur
SPECIAL MUSIC PERFORMANCE Closing Party
THE GROOVE

Lokasi Acara
MAIN STREET
Area ini akan di peruntukan untuk UMKM yang juga merupakan mitra Relief selama 11 tahun berkarya, akan banyak presentasi produk baru dengan ragamcorak nusantara dan penawaran istimewa selama event berlangsung.

PIAZZA
Area semi outdoor dengan ambiance muda danmillenial akan di buat meriah dengan kegiatan music performances, Community Activation, Kompetisi dan kegiatan interaktif dengan audience.

PANGGUNG UTAMA
Memasukan muatan budaya dan modern, tampilan event akan memberikan kesan yang berbeda di tiap area.

BOOTH
Memasukan muatan budaya dan modern, tampilan event akan memberikan kesan yang berbeda di tiap area. (evi)