- iklan -

JAKARTA, ITN- Indonesia merupakan negri yang Indah akan kekayaan karya dan budaya. Seiring berjalanya waktu, hal penting yang menjadi identitas bangsa yaitu budaya, kini seakan mulai memudar. Memiliki komitmen dalam menjaga lingkungan dan kebudayaan lokal, PT. Toba Tenun Sejahtra mempersembahkan brand baru, bernama BORU.

Brand BORU siap membawakan konsep timeless, ethical dan sustainable dengan mengangkat nilai-nilai budaya Batak dari Sumatra Utara. BORU telah berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin tradisional dan desainer muda dalam memadukan aspek budaya dan fashion. Berkomitmen untuk menjaga lingkungan, kebudayaan lokal dan kesejahteraan pengrajin dalam menciptakan perputaran ekonomi yang terus berkembang, BORU mengambil metode slow fashion pada produksinya.

Jika fast fashion merupakan model bisnis dengan sistem produksi massal berbiaya rendah untuk memproduksi tren fashion terkini, slow fashion justru sebaliknya. Dalam produksi slow fashion menggunakan bahan-bahan produksi yang ramah lingkungan dan bersifat lebih awet serta tahan lama. Mewujudkan komitmenya, BORU pada produksinya menggunakan benang dengan komposisi 100% katun dan pewarna alami yang relatif lebih aman dampaknya terhadap lingkungan hidup.

Persembahan Awal Boru, Siap Angkat Nilai – Nilai Budaya Sumatera UtaraMenjadi Ethical Brand yang mengusung budaya dalam bahasa Batak, ‘Boru’ memiliki arti anak perempuan atau putri. Sesuai dengan artinya, Brand Boru ingin menyampaikan pesan mengenai identitas warisan individu. Terinspirasi dari hal tersebut, brand BORU mengedepankan tema-tema tentang kemandirian mereka dan bagaimana mereka bangga dalam menjadi diri sendiri.

Memulai perjalanan sejak Desember 2020, Brand BORU terlahir sebagai brand pakaian ready-to-wear yang memiliki ciri khas kain-kain tenun bermotif budaya Batak dalam kreasinya. Setiap kreasi BORU memiliki perjalanan yang berakar dari research and development dan menggunakan sumber daya alam yang dipakai dengan bertanggung jawab, bahkan sejak pemilihan benang, kain mix material dan pewarna alaminya. Tak ketinggalan, ketika akhirnya kreasi tersebut dikembangkan bersama pengrajin dan UMKM di beberapa daerah di Sumatra Utara, BORU pun memperhatian kesejahteraan mereka, sehingga tercipta sustainability yang mapan.

Setiap pembelian kreasi BORU dapat mempengaruhi lingkungan hidup dan komunitas dari mana kain tenun itu berasal. Penggunaan kain tenun asal Sumatra Utara ditekankan akan menjadi ciri khas tersendiri untuk BORU. Bahan tenunnya merupakan hasil karya pengrajin tenun tradisional yang dibina oleh BORU, yang memiliki peranan penting dalam memproduksi kain tenun bermotif ulos dengan craftsmanship yang mengikuti cara lama.

Sebagai langkah awal, BORU mengangkat unsur budaya dari etnis Batak Toba, esensi dari motif ulos, yang dipadukan dengan corak baru dan modernisasi visual tanpa menghapus unsur budaya tersebut. Koleksi Perdana, Sindar Koleksi perdana yang resmi diluncurkan oleh Boru adalah koleksi pakaian dan aksesoris bernama Sindar.

Persembahan Awal Boru, Siap Angkat Nilai – Nilai Budaya Sumatera Utara‘Sindar’ memiliki arti ‘sinar’. Kata ini dipilih sebagai koleksi debut BORU karena setiap pemakai koleksi Sindar seakan-akan menjadi cahaya kecil bagi orang-orang di sekitarnya, dan telah menjadi bagian dari siklus ekonomi karya lokal yang membantu para artisan yang menciptakan koleksi ini. Motif-motif yang dipakai dalam koleksi ini melambangkan tiga elemen penting dalam budaya Batak, yaitu ‘sinar’, ‘harapan’, dan ‘rumah’. Tak ketinggalan, pola pada kain tenun yang dipakai terinspirasi dari konsep Mataniari (‘penghidupan’) dan Gorga siTagan (‘saling menolong’). Sindar hadir dalam 3 kategori utama. Ada Sindar Singgah, koleksi indoor; kemudian Sindar Binar, koleksi outdoor; dan Sindar Cita, koleksi khusus untuk perempuan. Memadukan warna cokelat dan biru dalam koleksinya, Sindar menampilkan gaya casual yang down-to-earth. Corak tenunnya netral namun indah, bahkan terkesan modern dan kontemporer.

Koleksi ready-to-wear dengan pilihan untuk wanita dan unisex ini sangat cocok dipakai dalam keseharian kita. Sindar pun hadir sebagai aksesoris. Terdapat koleksi masker dan hand sanitizer yang senantiasa melindungi kesehatan kita, serta pouch, stationery pouch, agenda cover dan gym bag yang praktis. Bahkan koleksi aksesoris dari Sindar dapat mencakup pelengkap rumah seperti pillow cover. Koleksi ini akan tersedia di https://borugoods.com/ mulai 29 April 2021.

- iklan -