JAKARTA, ITN- Momen Lebaran pastinya menjadi hari yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia yang telah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Hari Lebaran ini dijadikan momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar dan teman-teman terdekat. Hari spesial ini biasanya juga dirayakan dengan menyajikan makanan khas Lebaran hingga tampilan yang serba fashionable dan trendy. 

Berbagai pakaian Lebaran wanita mulai ditawarkan dengan berbagai gaya seperti ruffle, tunik, dan motif-motif unik yang memberikan kesan modern stylish untuk digunakan di acara-acara spesial. Tapi, selain pakaian, yang juga menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan untuk menyempurnakan tampilan Lebaran para wanita adalah hijab. Perkembangan trend busana muslim juga merambah ke tampilan hijab, mulai dari cara memakainya hingga warna-warna yang menjadi tren di kalangan pemakai hijab. 

Untuk itu, memilih model hijab dan cara memakainya pun tidak boleh asal. Berikut lima model hijab yang bisa dijadikan inspirasi untuk melengkapi tampilan Lebaran tahun ini! 

  1. Turkish Style
    foto. dok. Agung Foy, Pexels.com

    Hijab gaya Turki ini terlihat sederhana dan mudah untuk dikenakan. Tanpa memerlukan banyak waktu dan langkah-langkah khusus, hijab gaya Turki ini cocok digunakan untuk dikenakan sehari-hari dan acara spesial karena tampilannya yang minimalis sehingga pantas untuk dikenakan bersama berbagai jenis pakaian seperti blazer, baju terusan, dan dress. 

    Yang perlu dilakukan untuk mendapatkan gaya ini hanya dengan mengambil kerudung segiempat berukuran sedang kemudian lipat menjadi segitiga dan letakan di atas kepala. Pastikan ujung kanan dan kiri kerudung berukuran sama panjang dan ambil kedua ujung kerudung kemudian silangkan ke belakang leher, lalu ikat kedua ujung kerudung.

2. Layer

Foto dari Freepik.com

Jika ingin mencoba gaya hijab yang lebih modis, tampilan hijab layer ini dapat menjadi pilihan. Gaya layer pada hijab fokus untuk memberi volume di atas kepala dengan menambahkan beberapa layer kerudung secara berulang. Tampilan hijab ini cocok sekali dipadukan dengan dress atau gaun pesta untuk menambah penambil lebih mewah. 

Untuk mendapatkan layer yang perlu dilakukan, yakni memakai hijab persegi panjang terbalik, yaitu dengan memakainya di bagian panjang hijab. Lalu ambil sedikit sisi panjang hijab membentuk pola zigzag dan kaitkankan menggunakan jarum pentul di setiap garis miringnya. Lakukan gerakan tersebut tiga sampai lima kali hingga terlihat jelas pola zigzag. Ambil sisa kain lalu lilitkan ke kepala dan kaitkan dengan jarum di sekitar daerah kuping.

3. Western style

Foto. Risz Amin, Pexels.com

Sebagai penggemar atau pengikut fashion barat mungkin gaya hijab yang satu ini sudah tidak asing lagi. Gaya hijab barat ini akan terlihat keren dan stylish jika dipadukan dengan jenis pakaian apapun. Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua bentuk wajah cocok dengan gaya western ini. Gaya hijab ini dapat menambahkan aksesoris seperti anting dan kalung untuk melengkapi penampilan. 

Untuk mendapatkannya hanya perlu melilitkan salah satu sisi ke belakang kepala sampai membentuk konde kain, kemudian kaitkan dengan peniti agar tidak lepas. Biarkan satu sisi menggantung di depan bahu.

  1. Edgy

Foto oleh Mohammad Sadiq Padela dari Pexels.com

Kalau kamu suka merasa tidak nyaman dengan hijab yang rumit dan terlalu erat, gaya kali ini bisa sekali kamu kenakan. Cocok untuk dikenakan saat bepergian, bersantai, atau ke acara semi-formal dengan keluarga dan teman-teman. Gaya ini memberikan kesan edgy, apalagi ditambah dengan pakaian street fashion menjadikan tampilan terlihat modis dan chic. 

Kamu hanya perlu mengambil kedua ujung kerudung dan silangkan ke belakang bahu. Pastikan rambut kamu tetap tersembunyi atau kamu dapat menggunakan ciput atau pakaian dalam hijab lainnya. Untuk menjaga agar hijab tidak merosot kamu dapat menguncinya dengan jarum pentul di atas kepala. 

  1. Syar’i

Foto Aidil Bahaman, Pexels.com

Jika lebih nyaman dengan hijab panjang yang menutupi daerah dada, gaya ini pas sekali untuk. Bentuknya yang simple dan effortless memberikan tampilan sederhana namun, tetap elegan. Cocok untuk dipadukan dengan dress polos sederhana untuk memberikan kesan casual atau dengan dress bermotif untuk kesan formal.

Cara mengenakannya mudah sekali. Pakai hijab persegi panjang dengan satu sisi lebih panjang, kaitkan hijab dengan peniti di bawah kepala kemudian lilitkan sisi yang lebih panjang ke leher dan biarkan menggantung di bahu. Dapat juga menambahkan bros dengan mengaitkannya di bagian atas dada.

Jika masih bingung bagaimana cara mengenakan gaya hijab yang telah disebutkan di atas, dapat cek tutorialnya di Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka, dengan mencari tagar #DIYHijabista untuk menemukan banyak tutorial hijab yang dapat dicoba.

Tidak hanya tutorial, Likee juga mengadakan challenge #DIYHijabista yang dapat kamu ikuti untuk berbagai cara dan gaya kamu dalam mengenakan hijab khususnya untuk hari Lebaran nanti. Ikuti tantangannya dengan melakukan langkah-langkah berikut, bikin video konten tutorial/outfit hijab favorit sesuai contoh, gunakan text/efek/lagu untuk video lebih keren, dan wajib hashtag #DIYHijabista. Challenge yang berlangsung hinnga hari ini, Jumat (15/5/20) untuk pengguna Likee ini akan memilih 10 video terbaik dan mendapatkan hadiah berupa souvenir menarik edisi Ramadan dari Likee. 

Selain itu, Likee juga mengeluarkan fitur Superme terbaru, yaitu Lentera Ramadan dan Ramadan Kareem, untuk menyampaikan perasaan rindu kepada keluarga melalui kreasi video bagi para pengguna yang tidak dapat mengunjungi dan berkumpul bersama keluarga masing-masing, karena situasi pandemi saat ini yang tidak memungkinkan. Serta ada tagar terbaru #CahayaRamadhan untuk menambah kemeriahan suasana Ramadan di bulan suci ini. Jangan lupa untuk coba fitur terbaru dan ikuti keramaiannya!

“Di bulan Ramadan ini kami ingin mengajak para Likers (pengguna Likee) untuk tetap berkarya membuat konten di rumah masing-masing melalui challenge, fitur, dan efek terbaru kami yang dapat membantu mereka menciptakan lebih banyak kreasi dan menambah suasana meriah Ramadan tahun ini,” ujar Erwin, Manager of Creator Operation Likee. (evi)