JAKARTA, ITN- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kompetisi #MelodiKemerdekaan.

Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk tetap semarak merayakan hari kemerdekaan dengan cara yang kreatif dan tetap di rumah guna menekan penyebaran Covid-19.

Dalam kompetisi berhadiah jutaan rupiah ini, masyarakat diajak menyanyikan lagu daerah dengan cara yang kreatif. Kompetisi ini digelar oleh Pesona Indonesia, akun pemasaran resmi milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Rumah Digital Indonesia (RDI).

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataannya, Selasa (10/8/2021), mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dan bersemangat selama masa pandemi Covid-19. Termasuk dalam menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Salah satu caranya adalah dengan bermusik. Terlebih Indonesia memiliki potensi sangat besar dalam hal keragaman kesenian daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya melalui musik tradisional. Karenanya ia mengajak masyarakat untuk ikut ajang #MelodiKemerdekaan.

“Bangsa kita yang begitu kaya akan keberagaman, dengan musik yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, kita menjadi semangat, menjadi bangsa yang besar dan bangga dengan budayanya,” kata Sandiaga Uno.

Ia mengatakan, musik yang merupakan salah satu dari subsektor ekonomi kreatif, merupakan salah satu fokus dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI), Putri Tanjung, menjelaskan, perlombaan dan kompetisi memang menjadi salah satu kekhasan dari perayaan kemerdekaan Indonesia. Dan tradisi itulah yang coba dibawa Rumah Digital Indonesia ke ranah virtual.

“Bagaimana perlombaan yang setiap tahun kita lakukan untuk menyemarakkan kemerdekaan bisa tetap berlangsung secara virtual. Jadi ada nuansa kompetisi, ada nuansa perayaan kemerdekaan, dan semuanya kita lakukan sambil mengenal kebudayaan terutama lagu-lagu daerah kita yang memang sangat kaya, bagus dan indah,” kata Putri.

Untuk mengikuti kompetisi ini, siapa pun bisa membuat video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah yang telah ditentukan. Yakni Bungong Jeumpa (Aceh), Sinanggar Tulo (Sumatra Utara), Manuk Dadali (Jawa Barat), Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Si Patokaan (Sulawesi Utara), Gemu Fa Mi Re (Nusa Tenggara Timur), atau Apuse (Papua).

Jangan lupa untuk membuat video menyanyi sekreatif mungkin, boleh sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesoris khas masing-masing daerah.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Selain itu, video kreatif dan menarik dari para pemenang nantinya akan ditayangkan di media sosial Pesona Indonesia dan Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Untuk mengikuti kompetisi #MelodiKemerdekaan, bisa simak ketentuan selengkapnya di laman https://www.indonesia.travel/id/id/campaign/kompetisi-video-kreasi-melodi-kemerdekaan. Kompetisi ini dibuka hingga 20 Agustus 2021. (*/evi)