- iklan -

JAKARTA, ITN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan pariwisata Indonesia yang dikemas dalam brand Wonderful Indonesia dalam ajang Consumer Selling di dua kota besar di China yakni Beijing dan Zhengzhou.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Kemenparekraf menggelar consumer selling di Focus Mall Beijing dan Sheng Yue Cheng, Zhengzhou pada 14-15 Desember sukses besar.

“Masyarakat Tiongkok antusias mengunjungi booth Wonderful Indonesia dalam event hasil kerja sama Kemenparekraf dengan China Bamboo Garden, wholesaler pariwisata terbesar di wilayah Tiongkok Utara,” kata Vinsensius di Jakarta, Kamis (19/12/19)

Pada kegiatan promosi kali ini, menurutnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia termasuk paket-paket wisata menarik seperti paket wisata Bali, Labuan Bajo, dan Batam-Bintan.

Kemenparekraf Promosikan Wonderful Indonesia di Dua Kota Besar di ChinaKegiatan consumer selling ini juga dimeriahkan dengan program-program menarik, seperti pertunjukan kesenian tradisional Indonesia, permainan interaktif berhadiah merchandise, dan pembagian voucher dari China Bamboo Garden. Event ini juga menetapkan empat pemenang doorprize yang berhasil memenangkan perjalanan wisata “Wonderful Trip” ke Bali.

Dua pemenang terpilih dari pengunjung mall perharinya di tiap kota. Salah satu diantaranya, Zhou Xiao Zhou dan Guo Pan yang berhasil memenangkan doorprize liburan ke Bali.

Menurut Vinsensius Jemadu, Tiongkok merupakan pasar penyumbang outbound terbesar di dunia. Pada 2018, angka perjalanan wisatawan Tiongkok mencapai 150 juta wisatawan. Hal ini berdampak pada negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia yang telah mendatangkan wisman Tiongkok sebesar 2 juta wisman dalam dua tahun terakhir ini.

Walaupun angka tersebut cukup besar, namun menurut Vinsensius, angka itu berarti Indonesia hanya mendapat 1,4 persen saja dibandingkan dengan total outbound Tiongkok ke seluruh dunia.

“Hal ini terkendala masalah kurangnya ‘seat capacity’ dari Tiongkok ke Indonesia sehingga program ‘chartered flight’ ataupun ‘blocking seat’ bagi turis Tiongkok akan terus diterapkan terutama di kota-kota di Tiongkok yang tidak memiliki penerbangan langsung ke Indonesia,” ungkap Vinsensius Jemadu.

Ditambahkannya, untuk mendorong kenaikan jumlah wisman khususnya Pasar Tiongkok pada era digital ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengaplikasikan pola perilaku (behavior) turis.

“Jadi pola mereka terekam dalam big data melalui strategi microtargeting dengan memasarkan potensi pariwisata disesuaikan dengan target behavior wisman serta memperkuat nation branding ‘Wonderful Indonesia’ di kancah Internasional,” tegas Nia Niscaya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenparekraf.

Kemenparekraf Promosikan Wonderful Indonesia di Dua Kota Besar di ChinaTahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksikan jumlah wisman Tiongkok tahun 2019 sebesar 2,865 juta wisman. Dengan fokus pada kegiatan hard selling paket-paket wisata 10 Destinasi Prioritas dan 10 Destinasi Branding termasuk Batam-Bintan yang menjadi tujuan wisata tourism hub via Singapura.

Pada kegiatan ini, China Bamboo Garden berhasil menjual paket wisata ke Indonesia sebesar 7037 pax hanya dalam dua hari berturut-turut di dua kota. Hal ini dapat menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah kegiatan promosi yang dikerjasamakan dengan wholesaler seperti China Bamboo Garden untuk mendatangkan wisatawan Tiongkok ke depan.

Nia Niscaya mengatakan Kemenparekraf telah membangun kerja sama dengan wholesaler lainnya dan maskapai baik di dalam negeri maupun maskapai berbendera asing. Tujuannya untuk melakukan joint promotion bersama baik Offline Event, seperti pameran ataupun Online Events di masing-masing website wholesalers/maskapai.

“Melalui consumer selling bersama dengan China Bamboo Garden ini, diharapkan masyarakat Tiongkok dapat mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat,” kata Nia. (*/evi)

- iklan -